BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tuduhan pelecehan pendeta tertinggi di AS sejauh ini | luar negeri

Pendeta senior itu adalah pemimpin Katolik yang dihormati sampai tuduhan perilakunya diumumkan pada 2018. Vatikan menyatakan dia bersalah. Dia kehilangan gelar Kardinal dan disingkirkan dari imamat. Justice memutuskan untuk mengadilinya karena melakukan pelecehan seksual terhadap seorang anak laki-laki berusia 16 tahun di sebuah pernikahan di Massachusetts pada tahun 1974.

‘menyakitkan’

Paus Fransiskus berbicara pada akhir tahun lalu tentang kasus McCarrick, yang mampu mendapatkan karir di dalam Gereja meskipun ada indikasi pelecehan seksual. Fransiskus menggambarkan kasus itu sebagai “menyakitkan” dan menyatakan solidaritasnya dengan para korban. Puncak gereja tampaknya telah mengetahui tentang rumor tentang McCarrick selama bertahun-tahun, tetapi tidak campur tangan.

Paus Benediktus dikatakan telah menghentikan penyelidikan pada tahun 2008. Kardinal kemudian menerima peringatan lisan dan saran untuk tetap diam. Vatikan telah mengakui bahwa Pendeta Paus Yohanes Paulus II tidak ragu untuk mempromosikan McCarrick, meskipun ada peringatan tentang transaksinya.

serangkaian skandal

Kasus McCarrick bukanlah kasus yang terisolasi. Gereja Katolik Roma menghadapi serangkaian skandal yang melibatkan pelecehan anak di bawah umur. Di Amerika Serikat saja, 18.500 pengaduan diajukan terhadap 6.700 ulama antara tahun 1950 dan 2016.

READ  Koin Euro dengan Tesla di belakang? Serbia marah pada 'pengambilalihan' Kroasia | luar negeri