BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Memoria mencerminkan komunikasi dan empati tanpa menyimpang dari

memori

Seolah-olah bola beton jatuh ke lubang logam yang dikelilingi oleh air laut. Beginilah cara ahli botani Jessica menggambarkan pukulan keras dan dalam yang tampaknya tidak didengar orang lain. Atau lebih ringkasnya: suara dari pusat Bumi. Dia bangun seperti di adegan pembuka memori Cahaya pagi bersinar melalui tirai. Anda mendengar ledakan di jalan pada malam hari. Beberapa kali berturut-turut saat makan malam di sebuah restoran. Apakah terus menerus? Apakah ada lagi?

memoriItu memenangkan hadiah juri di Festival Film Cannes tahun lalu, dan film barunya adalah oleh Apichatpong Weerasethakul, jadi kita bisa berasumsi yang terakhir pasti. Sutradara Thailand dan Sufi yang bekerja dengan film seperti penyakit tropis (2004), Paman Boonmi yang bisa mengingat kehidupan masa lalunya (2010) dan Pemakaman yang indah (2015) selalu melukis dunia yang sukar dipahami dan misterius, tidak mengejutkan dalam konteks karyanya. Di Weerasethakul, mimpi merayap ke dunia nyata dan percakapan hidup dengan orang mati. Terkadang seseorang berubah menjadi binatang – atau sebaliknya.

baru masuk memori Ini adalah lokasinya: Weerasethakul tidak lagi merasa bebas di bawah kuk junta Thailand dan telah pindah ke Kolombia, salah satu pelabuhan realisme magis yang paling penting dan dengan demikian dapat dipahami sebagai rumah baru. Dan untuk pertama kalinya, protagonisnya adalah aktris terkenal di dunia. Tilda Swinton sekali lagi memilih sutradara dengan visi yang sangat khusus, setelah sukses berkolaborasi dengan Jim Jarmusch, Lynne Ramsay, Luca Guadagnino, dan lainnya.

Weerasethakul dengan sangat halus mengubah Jessica Swinton menjadi orang yang paling rasional. Di atas segalanya, dia mencoba memahami dan mengetuk pintu sound engineer untuk merekonstruksi gelombang suara dari ketukannya seakurat mungkin. Penampilan Swinton sangat cocok dengan alam semesta ini: lihat saja jalannya yang sangat dipertanyakan dan tidak aman.

READ  Istana Kepresidenan Indonesia pinjamkan tujuh lukisan ke Rijksmuseum

Sementara itu, Weerasethakul menggambarkan penggalan-penggalan peristiwa yang tampaknya terisolasi dengan penuh minat. Ini menantang Anda untuk mencari tahu koneksi dasar apa pun. Seorang arkeolog memeriksa kerangka berusia 6000 tahun yang baru ditemukan dengan lubang di tengkoraknya, dan memberi tahu Jessica tentang ritual yang membebaskan orang dari roh jahat. Seseorang mengatakan bagaimana master surealisme Salvador Dali memahami keindahan dunia ini.

memori Dia berlari menuju saat, sekitar setengah jalan film, ketika Jessica meninggalkan usahanya untuk membenarkan kenyataan dan pindah dari ibu kota, Bogota, ke Amazon. Lapisan mistis yang Weerasethakul bungkus dengan sangat hati-hati pada kenyataan sehari-hari sampai kemudian terbayar sepenuhnya di sini. Sesuatu yang bisa disebut sebagai refleksi dari koneksi dan empati muncul, tetapi film ini tetap jauh dari konotasi halus yang biasanya menjadi ciri daya tarik untuk koneksi.

Film meditasi. Yang menggabungkan langkah lambat dan logika berjalan dalam tidur memoriMelihat tidak kurang dari sihir.

memori

drama

★★★★

Disutradarai oleh Apichatpong Weerasethakul

Dengan Tilda Swinton, Juan Pablo Origo, Elkin Diaz, Daniel Jimenez Cacho, Jane Ballbar, Agnes Brique

136 menit, ditampilkan di 33 aula