BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mengapa film horor mendominasi box office Indonesia?

Mengapa film horor mendominasi box office Indonesia?

Gambar dari Canva.

Tahun 2022 menjadi tahun yang hebat di box office Indonesia. Dengan adanya pandemi di kaca spion, penonton bioskop telah kembali ke bioskop secara besar-besaran Penjualan tiket berbayar film domestik mencapai angka tertinggi sepanjang masa sebesar 54 juta.

Sebagian besar dari hal ini adalah Dipukuli KKN di desa binari (Kerja lapangan di kampung penari) Film horor tentang sekelompok pelajar di desa terpencil yang dibuat gila oleh makhluk halus. Pada perilisan awalnya, film ini menjual 9,2 juta tiket, memecahkan rekor sebelumnya dengan hampir 3 juta tiket. Film horor kembali menduduki puncak box office pada tahun 2023 dengan SEO Dino (Seribu hari), dari produk yang sama KKNBentukan kira-kira 5 juta tiket terjual.

KKN di desa binari Dia memanfaatkan keadaan unik. Hal itu didasarkan pada A Kisah viral di Twitter yang telah beredar di Indonesia selama beberapa tahun, sehingga sudah ada pemasaran pra-rilis dan promosi dari mulut ke mulut yang signifikan. Pelonggaran pembatasan pandemi juga melepaskan banyak permintaan yang terpendam begitu film tersebut diputar di bioskop.

Tapi penjelasan paling sederhana untuk itu KKNKesuksesan film horor membuat film horor sangat populer di Indonesia dan disukai penontonnya. itu Film Indonesia terlaris kedua 2022 adalah film horor Punjabdi Sitan 2: Perusahaan (Hamba Setan 2: Komuni), sekuel dari Seitan Punjabiyang merupakan pengundian box office produksi lokal pertama pada tahun 2017.

Salah satu alasan mengapa genre horor masih bertahan di Indonesia adalah karena genre ini umumnya menceritakan kisah-kisah yang familiar bagi penonton lokal. Kepercayaan terhadap hal-hal halus dan gaib tersebar luas di Indonesia, dan film-film horor ini menciptakan pengalaman yang kaya akan mitologi dan pengetahuan lokal yang tidak mudah ditemukan di luar wilayah tersebut. Penonton film di Indonesia kemungkinan besar menyukai film-film semacam itu karena film-film tersebut disesuaikan dengan selera dan cerita lokal yang tumbuh bersama masyarakat di sini.

READ  IDLIX-LK21 Gratis Tapi Bahaya, Cek 21 Situs Streaming Legal

2017 Seitan Punjabisebuah remake brilian dari film klasik tahun 80-an yang disutradarai oleh Joko Anwar, berkisah com.pocong, sejenis hantu Jawa berdasarkan praktik penguburan Islam yang mungkin asing bagi sebagian besar pembaca Barat. kedua Film lokal terlaris Untuk tahun 2018, Susanna: Barnabas Dallam Cooper (Bernafas dari kubur), film ini berkisah tentang seorang scream queen Indonesia yang berubah menjadi… Sandal bolonghantu lain yang spesifik secara regional.

Meskipun horor lokal sangat populer di kalangan penonton, mengadaptasi genre lain untuk pasar Indonesia terbukti sulit. Perusahaan buku komik Indonesia Bumilangit baru-baru ini bermitra dengan Screenplay Films untuk meluncurkan waralaba pahlawan super lokal yang meniru dunia sinematik DC dan Marvel. Gundaladisutradarai oleh Joko Anwar, mulai berkembang pada tahun 2019. Joko Anwar adalah salah satu sutradara film paling berbakat di Indonesia, dan Gundala Itu adalah entri debut yang bagus ke dalam dunia sinematik yang direncanakan.

Namun tanggapan penonton kurang memuaskan, dengan film tersebut terjual 1,7 juta tiket. Mengingat biaya produksi proyek yang besar, pihak studio mungkin mengharapkan sambutan yang lebih antusias. Film kedua dalam waralaba, Sri Asihdirilis pada tahun 2022 dan Terjual kurang dari 600.000 tiket. Meskipun film Bummelangit didasarkan pada tokoh-tokoh komik Indonesia, dan Bummelangit sudah ada sejak lama, film-film tersebut tidak memiliki resonansi budaya atau daya tarik komersial seperti film horor kisah hidup yang klise. Sandal bolong atau com.pocong.

Biaya juga merupakan faktornya. berdasarkan Laporan media, KKN di desa binari ini berharga Setengahnya Untuk membuat abu Gundala, tapi lima kali lipat jumlah tiket yang terjual. Jika produser mengetahui bahwa mereka dapat membuat film horor berbiaya rendah dan penonton akan hadir, insentif mereka untuk bereksperimen dengan gaya dan genre yang lebih berani dan inovatif akan berkurang.

READ  Film TV baru Herman membunuh orang yang dapat Anda lihat di NPO 3 pada hari Senin

Analis Industri 2020 Kantor tiket Pykara Menerbitkan wawancara dengan Upi, Direktur Sri Asih Siapa yang mengatakan hal berikut tentang dominasi film horor di box office: “Saya berharap lebih banyak film bergenre dibuat di Indonesia, dan dengan tingkat keberagaman yang lebih besar. Saat ini yang lebih banyak adalah horor, yang pada dasarnya berarti menceritakan kisah yang sama berulang-ulang. Saya menantikan thriller psikologis Kejahatan, thriller investigasi, dll. Saya harap produser terbuka terhadap genre dan ide cerita seperti itu.

Ini adalah kritik yang masuk akal. Ada ruang untuk ide-ide inovatif dan dirancang dengan baik dalam genre ini, misalnya Seitan Punjabi. Namun intinya film horor sangat digemari, hal ini penting mengingat meningkatnya daya beli mendorong semakin banyak masyarakat Indonesia yang menonton film setiap tahunnya. Salah satu jaringan bioskop terbesar di negara ini, CGV, mengalami peningkatan pendapatan 271% pada tahun 2022 Ketika penonton bioskop mulai kembali ke bioskop dengan sungguh-sungguh. Pemimpin industri Bioskop 21 Merencanakan IPO Tahun ini, diperkirakan akan mengumpulkan $1 miliar.

Ketika orang-orang menonton film di Indonesia, mereka biasanya dihadapkan pada pilihan antara produksi lokal atau film impor asing, seperti film aksi blockbuster atau film superhero. Sinema semakin menjadi bisnis besar di Indonesia dan saat ini menayangkan cerita-cerita horor kuntilanak, com.pocong, tuyul, com.wewe Gumbel Dan segala jenis hantu, hantu, dan monster lokal memiliki peluang nyata untuk mengungguli film asing setiap minggunya.

Artinya, baik atau buruk, produser dan bioskop akan terus menayangkan film horor di masa mendatang.