BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mengapa hanya sedikit film yang dibuat tentang Hindia Belanda?

Mengapa hanya sedikit film yang dibuat tentang Hindia Belanda?

Film layar lebar apa saja yang pernah diproduksi tentang sejarah kolonial di Indonesia?

Frank Van Vriee: Bahkan tidak sedikit pun. Pada tahun 2020 dia datang Timur Di luar, durasinya lebih lama Auerwig (1993) dan Max Havelaar (1976). Anda juga punya beberapa serial TV. Timur Ini menunjukkan Perang Kemerdekaan Indonesia dengan segala kekerasannya. Itu baru. Film-film sebelumnya menunjukkan gambaran masa lalu kolonial yang agak cerah. di dalam Max Havelaar Pelanggaran-pelanggaran tersebut masih dibahas, namun film ini pada akhirnya berkisah tentang sang pahlawan: “orang Belanda yang baik.” Itu berarti banyak…”

Mengapa film-film masa lalu begitu ringan?

“Karena kekerasan bertentangan dengan citra diri Belanda: bahwa kita bukanlah bangsa yang tertindas dan berperang.” Sedangkan Perang Jawa dan Perang Aceh pada abad kesembilan belas mengakibatkan ratusan ribu korban jiwa. Dan mari kita perjelas: ada juga penindasan struktural dan rasisme di luar perang tersebut. Inilah inti dari kolonialisme. “Penduduk asli” tidak memiliki hak-hak sipil yang normal. Namun, masa lalu kolonial telah lama dipandang sebagai masa lalu yang indah. '

Apakah pandangan Belanda terhadap masa lalu kolonial berubah?

“Ini berjalan lambat.” Jajak pendapat YouGov pada tahun 2019 menunjukkan bahwa separuh masyarakat Belanda bangga dengan masa lalu kolonial mereka. Di kalangan warga Inggris, persentase ini hanya sepertiga, dan jauh lebih rendah di kalangan warga Belgia dan Jerman. Pada saat yang sama, era kolonial semakin panjang, yang berarti generasi baru memandang kolonialisme dan perbudakan secara berbeda. Dalam sepuluh tahun terakhir, minat terhadap halaman-halaman sejarah kelam di Belanda juga semakin meningkat.

Apakah Anda mengharapkan lebih banyak film tentang kolonialisme Belanda dalam waktu dekat?

'Itu mungkin saja terjadi. Apapun pendapat Anda, mengakui masa lalu kolonial mempunyai fungsi yang jelas. Kita hidup di dunia di mana kita bergantung satu sama lain lebih dari sebelumnya. Jadi kita harus berani bercermin pada masa lalu. Selain itu, terdapat antara 1,5 hingga 2 juta orang Belanda asal Indonesia. Dan khususnya di kalangan tersebut Anda melihat adanya kebutuhan yang jelas untuk melihat kembali sejarah ini.

READ  Zuyderland akan mengerahkan perawat Filipina dan Indonesia

Kapan kamu bangun hari ini?

Pandangan dunia kritis modern sering disebut dengan istilah ini saya bangun. Ini adalah sebuah kata yang memiliki banyak makna di baliknya, kata profesor studi gender Rosemary Boekema dari Universitas Utrecht. “’Bangun’ mengacu pada terjaga dengan mata terbuka terhadap kesenjangan sosial dan perbedaan kekuasaan,” katanya. “Idenya adalah ketika Anda bangun, Anda mencoba melihat masyarakat dari sudut pandang satu sama lain.” Istilah terbangun telah banyak digunakan di sekitar demonstrasi Black Lives Matter sejak tahun 2014, yang dimaksudkan untuk membantu orang lain memahami posisi orang kulit hitam.

Vladimir Vladimirov//Gambar Getty

Bangun sekarang pada dasarnya adalah sebuah sumpah serapah. Kata ini digunakan untuk melawan orang-orang yang “terlalu banyak mengeluh” mengenai kesenjangan. Bokema: Ada kelompok besar yang menganggap dirinya toleran terhadap kelompok minoritas, namun pada saat yang sama ingin sesedikit mungkin berdiskusi mengenai kesenjangan. Dengan cara ini mereka mencoba mengendalikan apa yang penting dan apa yang tidak penting. Jika kewaspadaan berarti memperhatikan orang lain, saya tidak tahu apa yang bisa dikatakan untuk menentangnya.