BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mengawasi pembongkaran Friesland Campina di kerincingan Laut Wadden

Mengawasi pembongkaran Friesland Campina di kerincingan Laut Wadden

Setiap tahun, FrieslandCampina membuang jutaan liter air limbah hangat ke cagar alam yang rentan melalui pipa yang disebut HoWa dari Hoogkerk ke Laut Wadden. Air limbah ini mengandung berton-ton fosfat dan nitrogen. Penunjuk pergi untuk melihat mulut tabung pembuangan, sekitar satu setengah kilometer dari tanggul utara Den Andel. Air jernih keluar dari tabung dengan uap, kadang-kadang serpihan putih mengapung di dalamnya.

Elaine Kuipers dari Waddenvereniging menemani Pointer dan bereaksi sedih: “Saya benar-benar kesal. Ini masih ada. Pengeringan di cagar alam yang berisiko seperti Laut Wadden, Situs Warisan Dunia… Itu tidak mungkin lagi. Anda bisa ‘t menekankan bahwa ini bukan Itu tidak berpengaruh di sini di Bumi.

Di area penerima tabung, zat berwarna hijau lumut mengapung di bagian bawah. Di mulut tabung mungkin kanker mati.

Lisensi saat ini untuk FrieslandCampina berasal dari tahun 2009. Sudah usang, kata profesor lingkungan Annemarie van Wezel (UvA). Misalnya, 20 miligram nitrogen per liter diperbolehkan. Tetapi ada teknologi pemurnian air yang lebih baik sebelumnya selama bertahun-tahun. Ini disusun oleh Komisi Eropa pada tahun 2019 dalam apa yang disebut Teknologi Terbaik yang Tersedia (BAT) yang harus dimasukkan dalam izin. “Di negara ramai seperti Belanda, BBT saja tidak selalu cukup. Terkadang Anda bisa sedikit lebih ketat.Dan Dan Saya pikir itu yang terjadi di sini.”

FrieslandCampina mengambil pandangan yang berbeda:Izin lingkungan Bedum berasal dari tahun 2009, yang jelas tidak berlaku di tanah berlisensi Serius ketinggalan jaman Itu dapat digambarkan seperti yang Anda tunjukkan. Namun, selalu ada baiknya untuk memeriksa dari waktu ke waktu apakah standar internal dan eksternal yang kita terapkan masih sesuai dengan harapan sosial perusahaan seperti FrieslandCampina. Jadi kami akan terus melakukannya dan mengambil tindakan jika perlu.

READ  Menjelajahi Peluang di Indonesia Tanpa Entitas - Indonesia Guide

Sementara Dinas Lingkungan sedang menunggu inisiatif FrieslandCampina, ternyata saat kami tanya.

pernyataan lama

Izin tersebut dikeluarkan oleh Rijkswaterstaat pada tahun 2009, tetapi tidak lama kemudian tanggung jawab pengawasan dipindahkan ke Dinas Lingkungan Kabupaten Groningen. “Kami berasumsi kabupaten akan melakukannya dengan baik,” kata juru bicara Rijkswaterstaat. Dinas tersebut, direktur Cagar Alam Laut Wadden, mengakui bahwa mereka tidak pernah mempertimbangkan dampak drainase pada dataran lumpur dalam praktiknya.

Menanggapi pertanyaan kami, Dinas Lingkungan Hidup mengirim email: “Ada status izin yang sangat tidak jelas karena banyaknya izin yang telah diberikan. Pemeriksaan dan pemeriksaan file tidak dapat ditemukan. ”

Inspeksi yang dilakukan berulang kali telah mengungkapkan ekses dalam beberapa tahun terakhir, terutama yang berkaitan dengan “komponen yang tidak larut” dalam air limbah. Bukankah sudah waktunya untuk memperbarui izin? “Status izin sangat tidak jelas sehingga proses peninjauan setelah 15 tahun dapat dibenarkan.” Tetapi: “Meskipun perusahaan sebelumnya telah mengindikasikan bahwa mereka bermaksud untuk memulai perombakan, sejauh ini tidak ada aplikasi yang diajukan, Menurut Departemen Lingkungan.

Singkatnya: Rijkswaterstaat, yang bertanggung jawab atas kualitas air di Laut Wadden, mengacu pada county. Mereka sedang menunggu di county untuk transfer FrieslandCampina.

Spaghetti administrasi

Sementara itu, pemain lain muncul di tempat kejadian: pemilik pipa minyak. Ini adalah papan air Noorderzijlvest. Di mata Rijkswaterstaat, papan air ini kini “tak berujung”. Jadi dia harus mendapatkan izin keluar. Saat ini belum ada. Secara resmi, ini adalah pembuangan ilegal.

Juru bicara Water Board Henry Frieswick menegaskan, “Anda dapat mengatakan itu, tetapi kami sedang mengerjakan legalisasi. Kami tidak peduli dengan pembuatan air limbah. Itulah FrieslandCampina dan pengelolaannya adalah tanggung jawab departemen lingkungan distrik.”

READ  Pengadilan: CoronaCheck tidak ilegal dan diskriminatif

Prof. Van Wesel: “Ini kedengarannya seperti pasta administrasi. Tapi ini adalah ilustrasi yang bagus tentang betapa tersebarnya kekuatan-kekuatan itu. Pada akhirnya, hasilnya adalah air kita sangat kotor.”

Menanggapi temuan Pointer, Waddenvereniging meminta Rijkswaterstaat dan direktur alam Laut Wadden. Apa hubungan antara misi Rijkswaterstaat untuk memastikan kebersihan Laut Wadden? Ke tabung pelumas tua? ‘ tanya Kuipers. ‘Dan apa rencana dengan tabung ini? Karena ini benar-benar bukan waktu itu lagi.”