BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Miliaran dolar sebagai kompensasi untuk masyarakat adat Kanada

Pemerintah Kanada telah mencapai kesepakatan miliaran dolar sebagai kompensasi untuk anak-anak pribumi yang diambil dari orang tua mereka selama beberapa dekade untuk memaksa mereka beradaptasi dengan budaya kulit putih yang berlaku. Secara total, 40 miliar dolar Kanada (28 miliar euro) akan dikeluarkan.

Sebagian dari jumlah tersebut diberikan kepada anak-anak dan keluarga yang terkena dampak. Bagian lain dari dana tersebut digunakan untuk memperbaiki sistem; Menurut Pengadilan Hak Asasi Manusia Kanada, beberapa organisasi pemerintah masih mendiskriminasi keluarga Aborigin.

Ketua kelompok anak Pribumi belum mau bicara soal kemenangan. “Saya melihatnya sebagai kata-kata di atas kertas. Saya akan berbicara tentang kemenangan jika saya masuk ke sebuah komunitas dan seorang anak berkata kepada saya, ‘Hidup saya lebih baik dari kemarin.'”

Penyalahgunaan di sekolah

Pemerintah Kanada telah menempatkan anak-anak Aborigin di sekolah asrama selama lebih dari seratus tahun, di mana mereka sering mengalami pelecehan dan pelecehan seksual. Tahun lalu, ratusan mayat anak-anak ditemukan di kuburan massal di dekat bekas sekolah.

Pesantren itu adalah hasil dari hukum india Sejak 1867, sebuah undang-undang ditujukan untuk mengadaptasi penduduk asli ke mayoritas kulit putih Eropa. Sedikitnya 150.000 anak tinggal di panti. Sekolah terakhir ditutup pada tahun 1996.

“Ini adalah cerita yang sangat menyedihkan,” kata Cerf Weimers, pakar minoritas Kanada, yang sebelumnya muncul di NPO Radio 1. Berita & Co.. “Ada semacam supremasi. Orang Eropa berpikir: ‘Tanah ini milik kita, dan sayang sekali bagi penduduk asli untuk berkeliaran.'”

Di sekolah, anak-anak dilarang berbicara bahasa mereka sendiri atau memakai pakaian asli mereka. Mereka juga menerima pendidikan Kristen. “Mereka dipaksa untuk melupakan budaya mereka,” kata Wimmers.

READ  Jumlah gas rumah kaca pada tahun 2020 mencapai tingkat rekor meskipun epidemi Corona

Pemerintah Kanada meminta maaf kepada sistem sekolah pada tahun 2008, setelah itu komisi penyelidikan dibentuk. Dia menggambarkan kebijakan itu sebagai bentuk “genosida budaya”.