BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mantan tentara Kolombia didakwa membunuh presiden Haiti

Amerika Serikat telah mendakwa salah satu tersangka utama dalam pembunuhan Presiden Haiti Moise. Hal ini diumumkan oleh Departemen Kehakiman AS. Diduga mantan tentara Kolombia Mario Palacios adalah bagian dari sekitar 20 orang yang membunuh presiden di rumahnya di Port-au-Prince Juli lalu.

Palacios ditangkap di Jamaika Oktober lalu dan dijadwalkan kembali ke Kolombia pada Senin. Namun, selama singgah di Panama, dia diberitahu oleh Interpol bahwa dia akan diekstradisi ke Amerika Serikat. Pada malam yang sama, dia berada di Miami, di mana dia muncul di pengadilan.

Tuduhan yang dikeluarkan setelah ekstradisinya menunjukkan bahwa Palacios telah berbicara dengan pihak berwenang AS pada Oktober. Dia kemudian dikatakan telah diberitahu bahwa dia telah disewa untuk menangkap Moyes, karena surat perintah penangkapan telah dikeluarkan untuknya. Sehari sebelum pembunuhan presiden, dia diberitahu bahwa itu sebenarnya pembunuhan.

waktu hidup

Kantor Perdana Menteri Haiti Henri, yang mencoba percobaan pembunuhan pada Hari Tahun Baru selamatDia merespons dengan menyetujui berita penangkapan itu. “Perdana Menteri Ariel Henry menginginkan keadilan atas pembunuhan brutal Jovenel Moyes,” kata seorang juru bicara menteri.

Mantan Perdana Menteri Joseph menganggap penangkapan Palacios sebagai “langkah ke arah yang benar”. Dia berharap agar orang Kolombia itu akhirnya diekstradisi ke Haiti sehingga dia bisa dihukum di sana.

Lebih dari 40 orang telah ditangkap karena dicurigai terlibat sejak pembunuhan itu. Palacios menghadapi hukuman maksimum penjara seumur hidup di Amerika Serikat.

READ  Biden dan Putin berbicara tentang ketegangan di Ukraina | Luar negeri