BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Monitor gaming 4k QD OLED: ASUS, MSI, Dell

  • Alienware AW3225QF
  • ASUS ROG Swift OLED PG32UCDM
  • MSI MPG321URX QD OLED

Secara singkat

Alienware AW3225QF adalah layar OLED 4K QD 240Hz yang harganya lebih murah dibandingkan layar pesaing. Ini juga satu-satunya yang memiliki panel melengkung. Monitor ini memiliki serangkaian fitur yang cukup mendasar, tanpa port USB-C multifungsi untuk laptop Anda. Pilihan menunya juga terbatas, dan sayangnya tidak ada mode Display P3 yang bagus, maupun mode AdobeRGB. Tampilan konten sRGB 'normal' bagus, bahkan lebih baik daripada beberapa monitor pengeditan foto, dan AW3225QF juga menawarkan reproduksi warna HDR yang sangat baik, meskipun dengan kecerahan terbatas. Terkadang mode dengan kecerahan puncak maksimum menghasilkan gambar yang lebih gelap. Seperti layar QD OLED lainnya, AW3225QF memiliki waktu respons yang sangat cepat, sudut pandang yang sangat baik, dan tentu saja kontras yang sempurna, namun juga dilengkapi permukaan layar cermin dan tepi berwarna di sekitar cetakan kecil.

Secara singkat

ASUS ROG Swift OLED PG32UCDM merupakan monitor OLED 240Hz 4K QD terbaik saat ini, namun juga termahal. ASUS telah membangun segala macam fitur tambahan. Ini adalah salah satu dari sedikit layar OLED dengan penyertaan bingkai hitam 120Hz, yang membantu mencegah gerakan kabur pada kecepatan refresh yang lebih rendah, namun tidak terlihat lebih tajam dibandingkan gambar dengan kecepatan refresh 240Hz. Port USB-C multifungsi menawarkan penyaluran daya 65 atau 90W, tergantung kecerahan layar yang dipilih. Sayangnya, fungsi kvm ternyata tidak praktis. Penyesuaian warna untuk sRGB dan HDR sangat bagus, dengan warna layar P3 yang direproduksi dengan cukup baik juga. Mirip dengan opsi QD OLED lainnya, layar ini menawarkan waktu respons yang sangat cepat, sudut pandang yang sangat baik, dan tentu saja kontras yang sempurna, tetapi juga dilengkapi permukaan layar cermin dan pinggiran warna di sekitar cetakan kecil. Kecerahan maksimum terbatas, khususnya untuk gambar HDR, karena mode dengan kecerahan maksimum terkadang membuat gambar menjadi lebih gelap.

Pecandu berkata: Ini sudah berakhir

Secara singkat

Dengan panel 240Hz dan 4K QD OLED, MSI MPG321URX QD-OLED adalah salah satu monitor gaming terbaik saat ini. Layarnya menawarkan waktu respons yang sangat cepat, sudut pandang luar biasa, dan tentu saja kontras sempurna, namun juga dilengkapi permukaan layar cermin dan pinggiran warna di sekitar cetakan kecil. Layarnya tidak memiliki kecerahan maksimum yang tinggi, terutama untuk gambar HDR, karena mode kecerahan maksimum terkadang membuat gambar menjadi lebih gelap. Dibandingkan dengan monitor pesaing yang menggunakan panel ini, MSI memiliki desain yang relatif tidak mencolok dan rangkaian fitur yang luas, dengan penyaluran daya USB-C 90W dan sakelar KVM. Port USB2.0 sebenarnya tidak mutakhir. Akurasi warna tampilan sRGB dan HDR tidak buruk, tetapi pesaing memberikan kinerja yang lebih baik. MSI MPG321URX memiliki mode Tampilan P3 dan opsi AdobeRGB yang bagus. Masih ada merek lain yang gagal menerapkan mode seperti itu di layar mereka.

Para pecinta layar harus menunggu lama, namun di awal tahun 2024 mereka akhirnya hadir: layar OLED 32 inci dengan resolusi 4K dan kecepatan refresh tinggi. Bagi mereka yang mencari monitor gaming kelas atas yang tidak terlalu besar atau terlalu lebar, ini sepertinya bisa menjadi perpaduan terakhir. Berdasarkan layar OLED sebelumnya yang kami uji, Anda dapat mengharapkan kontras sempurna dan layar HDR yang indah, gamut warna yang lebar, waktu respons yang cepat, dan sudut pandang yang luar biasa. Dan seperti disebutkan di atas, monoteisme.

ASUS ROG Swift OLED PG32UCDM

Layar OLED sebelumnya hanya tersedia dalam format yang lebih kecil (27 inci) atau lebih besar (34 inci atau 49 inci), dengan pengecualian layar 32 inci yang langka dan sangat mahal berdasarkan panel JoLED yang dicetak. Kecepatan refreshnya hanya 60Hz dan karenanya tidak cocok untuk bermain game. Di CES awal tahun ini, lebih dari sepuluh layar OLED 4K dengan kecepatan refresh 240 Hz diumumkan, dilengkapi dengan dua jenis panel berbeda: QD OLED dari Samsung dan WoLED dari LG. Seperti yang diperkirakan sebelumnya, layar QD OLED akan diutamakan. Pada artikel ini kita melihat tiga jenis monitor pertama yang tersedia di Belanda: Alienware AW3225QF, ASUS ROG Swift OLED PG32UCDM, dan MSI MPG321URX QD-OLED. Mengingat minat ini, tidak mengherankan jika ketersediaannya masih terbatas. AW3225QF hanya dapat dipesan langsung dari berbagai toko web Pricewatch kami; Untuk layar lainnya, Anda harus bersabar untuk saat ini.

Selain semua janji lain yang ditawarkan teknologi OLED, kecepatan refresh maksimum 240 Hz juga istimewa, karena sebagian besar monitor gaming LCD 4K sebelumnya memiliki diagonal 27 inci. Satu-satunya monitor 240Hz 4K lainnya adalah Samsung Odyssey Neo G8 (S32BG85) Beberapa tahun yang lalu, belum ada merek lain yang melampaui 160Hz, kecuali Odyssey, sebagian besar monitor gaming LCD lainnya belum menawarkan tampilan HDR yang sangat bagus. Neo G8 Dilengkapi dengan lampu latar LED mikro dengan lebih dari dua ribu zona untuk menghindari batasan layar LCD ini, yang umumnya tidak dipilih oleh produsen monitor gaming LCD 4K lainnya.

1150 hingga (lebih) 1500 euro

Alienware AW3225QF menonjol dari tiga lainnya dengan panel melengkung, sementara semua layar OLED 32 inci (QD) lainnya yang diumumkan saat ini berbentuk datar. Harganya juga sedikit lebih kompetitif, meskipun layar ini juga membuat Anda lebih ringan €1.150. MSI MPG321URX berharga €1.400 dan menawarkan serangkaian fitur yang lebih lengkap, dengan port USB-C untuk laptop Anda, dan ASUS PG32UCDM juga menawarkan desain yang lebih ekspresif dengan pencahayaan RGB yang lebih banyak. Menariknya ada pencahayaan 120 Hz.Sisipan bingkai hitamFitur untuk mengurangi kekaburan gerakan. ASUS juga melengkapi layar Oledultrawide PG34WCDM dengan ini, namun sebagian besar layar OLED lainnya tidak memilikinya. Semua tambahan mungkin memerlukan biaya yang sedikit, karena PG32UCDM adalah yang paling mahal dengan harga eceran yang direkomendasikan sebesar €1.500 dan harga terakhir yang diketahui di Pricewatch kami bahkan lebih tinggi.

Kami tertarik dengan kinerja panel QD OLED baru dan pabrikan mana yang telah menciptakan produk terbaik di dalamnya. Bisa jadi pemenang kita saat ini akan segera tersalip lagi karena masih ada beberapa model menarik yang akan muncul. Misalnya, Gigabyte Aorus FO32U2P menjanjikan konektivitas DisplayPort 2.1 yang lebih cepat serta DisplayPort ke tampilan berurutan melalui kabel. Samsung Odyssey OLED G8 (G80SD) dilengkapi fungsi cerdas bawaan dan hasil akhir matte, bukan panel mengkilap seperti tampilan yang disebutkan dalam artikel ini. Layar 4K Woled yang diumumkan, dengan opsi kecepatan refresh 480Hz saat menampilkan 1080p, bisa menjadi alternatif yang menarik di akhir tahun ini.

READ  Tongkat peretas USB Rubber Ducky kembali dengan fitur yang lebih konyol