BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Monyet langka di Kalimantan terancam oleh pembangunan ibu kota baru Indonesia – Dogplot Suriname

Monyet langka di Kalimantan terancam oleh pembangunan ibu kota baru Indonesia – Dogplot Suriname

Bekantan langka yang hidup di hutan bakau Kalimantan terancam dengan pembangunan ibu kota baru Indonesia.

Nusantara saat ini terdiri dari jalur kereta api, pondasi beton, dan bangunan sementara, namun kota metropolitan yang berkembang pesat ini bersiap untuk menampung 6.000 penduduk pertamanya pada bulan Oktober tahun ini.

Ibukota saat ini, Jakarta, adalah kota yang tenggelam paling cepat di dunia, saat ini 40% di bawah permukaan laut. Sekitar 10,6 juta orang di pusat kota dan 30 juta orang di wilayah yang lebih luas menghadapi kemungkinan pengungsian.

75% kota akan dibangun di ruang hijau. Pengembang juga ingin kawasan tersebut hanya menggunakan energi ramah lingkungan; Pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 50 MW akan memastikan bahwa kota ini memiliki cukup listrik untuk rumah dan bisnisnya.

Namun bukan hanya bekantan saja yang perlu mengkhawatirkan pertumbuhannya. Suku-suku tersebut telah menyatakan keprihatinan mereka mengenai proyek ini, karena khawatir mereka akan tercabut dari tanah yang mereka tinggali selama beberapa generasi.

READ  Seni jarahan kolonial Belanda membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikembalikan | Politik