BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

MORGENBOD ASIA – Risiko gagal bayar di Korea dan Indonesia mengaburkan hasil suku bunga.

MORGENBOD ASIA – Risiko gagal bayar di Korea dan Indonesia mengaburkan hasil suku bunga.

A Look at the Future in Asian Markets karya Jamie McGeever

Bank sentral Korea Selatan dan Indonesia akan mengumumkan keputusan suku bunga pada hari Kamis, di tengah kecemasan di pasar global bahwa AS dapat mengalami default yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menimbulkan bencana.

Baik Bank of Korea dan Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan suku bunga utamanya masing-masing sebesar 3,50% dan 5,75%, dan perlu mempertahankan suku bunga ini pada kuartal ketiga sebelum menyimpang.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan BOK akan memangkas suku bunga pada kuartal keempat dan BI akan melonggarkan kebijakan awal tahun depan. Efek pada pasar, khususnya pasar valuta asing, dapat menjadi hasil dari pernyataan kebijakan.

Kemenangan naik sedikit minggu ini, mencapai level tertinggi satu bulan mendekati $1.300 per dolar pada hari Selasa. Rupee telah ke arah lain akhir-akhir ini, jatuh ke 15.000 per dolar pada awal bulan.

Dolar Selandia Baru akan mencoba pulih dari penurunannya pada hari Rabu. Pada satu titik, Reserve Bank of New Zealand menuju hari terburuknya dalam lebih dari tiga tahun dengan penurunan 2,5% setelah menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam 14 tahun, tetapi tidak mau memperketat lagi.

Yuan China terus terdepresiasi, turun di bawah 7,00 terhadap dolar ke level terlemahnya sejak November, di tengah memburuknya hubungan China-AS, terutama seputar perdagangan dan keamanan dunia maya.

Apa pun pendorong harga dan sentimen pasar regional pada hari Kamis, gambaran besarnya akan mendominasi hari lain tanpa kesepakatan di Washington untuk menaikkan pagu utang federal sebesar $31,4 triliun.

Wall Street ditutup di zona merah, MSCI World Index turun sekitar 1% untuk hari kedua berturut-turut, dan indeks acuan Nikkei 225 Jepang akhirnya mencapai level tertinggi baru dalam 33 tahun dan membukukan penurunan tertajam dalam tujuh minggu.

READ  Tom Sykes akan kembali ke balap WorldSPK dengan Kawasaki Buscetti pada tahun 2023

Pembicaraan antara Partai Republik terkemuka dan Demokrat berlanjut, tetapi semakin lama mereka pergi tanpa kesepakatan, investor menjadi semakin gugup. Imbal hasil beberapa tagihan Treasury yang jatuh tempo pada awal Juni naik di atas 7% karena pemerintah AS tinggal beberapa hari lagi dari kebangkrutan.

Pasar suku bunga terus meningkatkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga Fed bulan depan karena kekhawatiran plafon utang mendorong suku bunga ultra-pendek. Ini adalah tarian yang aneh — The Fed pasti tidak akan menaikkan suku bunga jika AS gagal bayar.

Berikut adalah tiga perkembangan utama yang dapat memberikan arahan tambahan ke pasar pada hari Kamis:

– Keputusan suku bunga Korea Selatan

– Keputusan suku bunga Indonesia

– PDB Singapura (Q1)