BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

NASA menemukan bahwa lubang hitam melahirkan bintang

Lubang hitam itu melahirkan bintang-bintang di galaksi kerdil terdekat.

Studi menunjukkan bahwa lubang hitam tidak selalu merupakan hal yang kejam dan merusak seperti yang biasa mereka ketahui. Sebaliknya, mereka tampaknya dapat membentuk bintang, tidak hanya memakannya.

Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah mendeteksi lubang hitam di galaksi yang dikenal sebagai Henize 2-10, yang berjarak 30 juta tahun cahaya.

Selain menunjukkan bahwa lubang hitam bisa lebih produktif daripada yang kita sadari, penelitian baru ini juga dapat membantu kita memahami dari mana asal lubang hitam supermasif.

Amy Raines, peneliti yang menerbitkan bukti pertama lubang hitam di galaksi pada tahun 2011, juga merupakan peneliti utama di makalah baru tersebut..

“Sejak awal saya tahu bahwa sesuatu yang tidak biasa dan istimewa sedang terjadi di Henize 2-10, dan sekarang Hubble telah memberikan gambaran yang sangat jelas tentang hubungan antara lubang hitam dan wilayah pembentuk bintang tetangga yang terletak 230 tahun cahaya dari hitam. lubang,” katanya.

Sebuah makalah yang menjelaskan hasil, “Pembentukan Bintang Disebabkan oleh Lubang Hitam di Galaksi Kerdil Henize 2-10,” diterbitkan hari ini di sifat pemarah.

Di galaksi besar, material yang jatuh ke lubang hitam terkoyak oleh medan magnet, menghasilkan ledakan plasma yang bergerak mendekati kecepatan cahaya. Setiap awan gas yang ditangkap di pesawat itu akan sangat panas hingga membentuk bintang sama sekali.

Lubang hitam di galaksi kerdil Henize 2-10 lebih kecil, tetapi materi yang mengalir darinya mengalir lebih lembut. Ini berarti bahwa gas telah dikompresi dengan cara yang tepat untuk membantu membentuk bintang, bukan mencegahnya.

“Hanya 30 juta tahun cahaya jauhnya, Henize 2-10 cukup dekat sehingga Hubble dapat menangkap gambar dan bukti spektral aliran keluar lubang hitam dengan sangat jelas. Kejutan tambahan adalah bahwa alih-alih menekan pembentukan bintang, aliran keluar itu menyebabkan kelahiran dari bintang-bintang baru.

READ  Peluncuran roket Wallops NASA dapat dilihat dari New Jersey, negara bagian timur lainnya

Studi baru tentang lubang hitam oleh Hubble juga dapat membantu memberikan detail yang lebih baik tentang bagaimana lubang hitam supermasif ini terbentuk. Karena mereka tetap kecil, itu dapat memberikan gambaran seperti apa lubang hitam lainnya – sekarang lebih besar – tampak seperti ketika mereka masih muda, dan bagaimana mereka dapat terbentuk dan tumbuh.

“Era lubang hitam pertama bukanlah sesuatu yang bisa kita lihat, jadi itu benar-benar menjadi pertanyaan besar: dari mana asalnya? Galaksi kerdil mungkin menyimpan beberapa memori tentang skenario implantasi lubang hitam yang seharusnya tidak terjadi. telah hilang dalam ruang dan waktu,” kata Rains dalam sebuah pernyataan.