BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

NASA telah merilis gambar baru Uranus, menawarkan gambaran sekilas tentang fitur yang jarang terlihat

NASA telah merilis gambar baru Uranus, menawarkan gambaran sekilas tentang fitur yang jarang terlihat

Berita

NASA pada hari Senin merilis gambar baru yang menakjubkan yang merinci gambar baru Uranus, mengungkapkan tampilan menakjubkan pada cincinnya yang bersinar dan fitur yang jarang terlihat.

Gambar-gambar tersebut, yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA, menangkap planet es dengan banyak cincin dalam dan luarnya, sembilan dari 27 bulannya yang diketahui, dan tutupan kutub musiman.

Gambar-gambar baru menawarkan gambaran langka tentang cincin Zeta yang “sulit dipahami”, cincin samar dan sangat menyebar yang paling dekat dengan planet – tampak berwarna coklat kemerahan.

Beberapa cincin lainnya ditangkap dengan warna biru bersinar.

Teleskop Webb berkekuatan tinggi juga menangkap cuplikan peristiwa atmosfer di planet beku tersebut, termasuk tutupan awan musiman di kutub utara Uranus dan beberapa badai di dekatnya.

Gambar Uranus diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. NASA
Gambar-gambar tersebut memberikan gambaran sekilas tentang cincin Zeta bagian dalam Uranus yang samar-samar, dan juga menangkap beberapa bulan tumbuhan tersebut. NASA

Tutup kutub menjadi lebih terlihat saat kutub Uranus berbelok ke arah Matahari saat mendekati titik balik matahari dan menerima lebih banyak sinar matahari. Revolusi planet berikutnya akan terjadi pada tahun 2028.

Uranus memiliki musim paling ekstrem di tata surya karena ia berputar miring dengan kemiringan sekitar 98 derajat, menurut NASA. Saat matahari terbit di salah satu kutub, kutub lainnya mengalami musim dingin yang gelap yang berlangsung selama 21 tahun.

“Berkat resolusi dan sensitivitas inframerah Webb yang tak tertandingi, para astronom kini melihat Uranus dan sifat uniknya dengan kejelasan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata NASA. “Rincian ini, terutama yang berkaitan dengan cincin Zeta di dekatnya, akan sangat berharga dalam merencanakan misi masa depan ke Uranus.”

Uranus memiliki musim paling ekstrim di tata surya. NASA

NASA juga mengatakan bahwa planet dan gambar-gambar barunya akan membantu para ilmuwannya mempelajari hampir 2.000 exoplanet berukuran serupa yang telah ditemukan selama beberapa dekade terakhir.

READ  Rencana Wi-Fi NASA Diuji di Bulan untuk Menyeberangi Kesenjangan Digital Cleveland

“’Planet ekstrasurya di halaman belakang rumah kita’ ini dapat membantu para astronom memahami bagaimana planet sebesar ini berfungsi, seperti apa meteorologinya, dan bagaimana mereka terbentuk,” kata badan pemerintah tersebut. “Hal ini pada gilirannya dapat membantu kita memahami tata surya kita secara keseluruhan dengan menempatkannya dalam konteks yang lebih luas.”

Muat lebih banyak…




https://nypost.com/2023/12/18/news/nasa-releases-new-images-of-uranus-offering-glimpse-of-one-rarely-seen-feature/?utm_source=url_sitebuttons&utm_medium=site%20buttons&utm_campaign =lokasi%20tombol

Salin URL berbagi