BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Nazir Razak ditunjuk untuk memimpin Dewan Bisnis Malaysia-Indonesia yang diluncurkan kembali

Nazir Razak ditunjuk untuk memimpin Dewan Bisnis Malaysia-Indonesia yang diluncurkan kembali

KUALA LUMPUR, 13 Juli — Mantan ketua CIMB Group Tan Sri Nazir Razak kini menjadi ketua Dewan Bisnis Malaysia Indonesia (MIBC) yang diluncurkan kembali kemarin.

Dalam catatan singkat di platform media sosial Instagram, Nazir menulis: “Terima kasih kepada pemerintah yang telah menunjuk saya sebagai Ketuanya. Terima kasih kepada PNB, Maybank, CIMB, KLK, Air Asia, Lorry.com dan NCCIM karena menjadi perusahaan pertama mereka. ” Anggota dewan (kami akan mengundang lebih banyak lagi).”

Periklanan

Periklanan

Ia menambahkan, MIBC pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 dan dipimpin oleh mantan Sekretaris Utama Pemerintah Tun Ahmad Sarji Ahmad Hamid hingga tahun 2021.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari ini oleh Sekretariat MIBC, Nazir mengatakan pada pertemuan pengukuhan dewan kemarin bahwa dia ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas peran barunya, dan menambahkan: “Memiliki banyak pengalaman berbisnis di dan dengan Indonesia, saya Saya senang kami sekarang memiliki platform untuk membantu masyarakat Malaysia dan pihak lain dalam bidang investasi dan perdagangan serta kemitraan dengan Indonesia.”

MIBC, yang didirikan pada tahun 2022 berdasarkan nota kesepahaman antara Malaysia dan Indonesia, menyatakan bahwa ini adalah platform bagi sektor swasta Malaysia untuk mengatasi dan menyelesaikan tantangan terkait kerja sama ekonomi kedua negara.

MIBC juga menyatakan komitmennya untuk mendorong iklim bisnis positif yang mendukung bisnis yang sudah ada sekaligus menarik peluang ekonomi baru antara Malaysia dan Indonesia.

Peluncuran kembali MIBC kemarin disaksikan oleh Menteri Investasi, Perdagangan dan Perindustrian Tengku Datuk Seri Zafrul Tengku Abdul Aziz dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono.

Menurut MIBC, dewan baru tersebut beranggotakan perwakilan Permodalan Nasional Berhad (PNB), Maybank, CIMB, Kuala Lumpur Kepong, AirAsia dan TheLorry.com, serta anggota individu, sedangkan sekretariat dewan akan menjadi Kamar Dagang dan Industri Nasional. . Malaysia (NCCIM).

READ  Rob Gettin memperkirakan kerusakan iklim saja

Memimpin peluncuran kembali kemarin, Tengku Zafrul dikutip dalam pernyataan MIBC yang mengatakan: “Aktivasi kembali MIBC menunjukkan komitmen kami untuk memperkuat hubungan perdagangan bilateral dengan Indonesia.”

Ia juga mengatakan bahwa kementeriannya mengharapkan kerja sama MIBC dengan mitranya di Indonesia (Dewan Bisnis Indonesia-Malaysia (IMBC)) untuk mendukung “upaya politik kedua negara dalam menciptakan lingkungan yang memelihara dan meningkatkan arus perdagangan dan investasi” guna membuka jalan bagi Malaysia. dan “pertumbuhan dan kesejahteraan sosial dan ekonomi yang berbasis luas dan berkelanjutan di Indonesia.”

IMBC dipimpin oleh Eko Putru Sandjojo, mantan Menteri Urusan Pedesaan, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Migrasi.

“MIBC dan IMBC diharapkan berperan aktif dalam berkontribusi terhadap kebijakan yang berkelanjutan dan inklusif, memperkuat kemitraan, dan memaksimalkan potensi hubungan perdagangan bilateral kedua negara,” kata MIBC.