BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Negara-negara di mana Cina memiliki pengaruh lebih besar daripada Amerika Serikat

Informasi: Dewan Atlantik; Kartu: Andrew Witherspoon / Axios

Sejak 1980, Cina telah menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di negara itu: Albania. China sekarang menjadi kekuatan utama di Afrika sub-Sahara dan sebagian besar Asia Tenggara, melampaui Amerika Serikat di belahan buminya sendiri.

Apa yang kita baca: Ini Menurut laporan baru new Dari Universitas Denver dan Dewan Atlantik, masing-masing berusaha untuk mengukur pengaruh negara-negara, menggambar gambaran dramatis kebangkitan China.

Dapatkan berita pasar yang bermanfaat dengan Axios Markets. Pendaftaran gratis.

  • Para penulis melihat aspek terukur dari perdagangan, keamanan dan hubungan diplomatik (nilai barang yang diperdagangkan, bantuan yang diberikan, penyelundupan senjata, dll.) antara kedua negara, dan kemudian melihat keseimbangan antara bagaimana satu negara bergantung pada yang lain. Aku s.

  • Mereka menunjukkan bahwa beberapa aspek pengaruh – pembiayaan proxy dari angkatan bersenjata, misalnya, atau kekuatan pengaruh budaya – tidak tercakup dalam data ini.

  • Apa yang mereka lakukan adalah tren yang jelas Selama tiga dekade terakhir, pengaruh global Amerika Serikat telah mengalami stagnasi, pengaruh Eropa telah berkurang, dan Cina telah berkembang pesat.

Bagilah: Bahkan pada tahun 2000, China sangat berpengaruh di beberapa negara terisolasi seperti Iran, Myanmar dan Sudan. Namun di awal 2000-an, pengaruh China meningkat seiring pertumbuhan ekonomi.

  • “Cara untuk memberikan pengaruh di arena internasional tidak terutama ditujukan pada pengaruh militer, itu bahkan lebih penting,” Jonathan Muir, salah satu penulis laporan tersebut, mengatakan kepada Axios.

  • Peran China di World Trade Center membuat sebagian besar pengaruhnya.

Arah: Muir mengatakan pengaruh China telah melambat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi ada ruang untuk peningkatan keamanan, terutama melalui penjualan senjata.

  • Rekan penulis lainnya, Matthew Burroughs, mengatakan pergeseran AS ke proteksionisme menyebabkan berkurangnya persaingan dengan China. “Amerika Serikat telah menjauh dari perjanjian perdagangan regional utama, terutama ke China.”

READ  Buruh Tekstil Hadapi Akibat Krisis Corona - 2021 - Berita - Milik Kami

Status pemutaran: Amerika Serikat adalah yang paling berpengaruh dari hampir 50 negara, membandingkan China dengan 34 negara, hampir semua negara Amerika Latin, dan kelas berat ekonomi seperti India, Jepang, Arab Saudi, dan Australia.

  • Namun berdasarkan jalur saat ini, peta akan sangat berbeda pada tahun 2040.

  • Apa yang ingin kamu lihat: Karena laporan tersebut menemukan bahwa pengaruh AS-China berada dalam keseimbangan yang dekat di beberapa negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, pemerintahan Biden melakukan upaya awal untuk berhubungan dengan Asia Tenggara.

Tidak ada yang berharga Untuk menyederhanakan peta kami, kami menghijaukan negara-negara di mana Prancis, Jerman, atau Inggris adalah kekuatan paling berpengaruh.

  • Jerman adalah negara paling berpengaruh di hampir seluruh Eropa Barat dan Tengah, sedangkan Prancis adalah yang paling berpengaruh di banyak negara Afrika. Inggris saat ini adalah negara paling berpengaruh di Irlandia.

Dari Axios More: Ikuti terus tren pasar terbaru dengan Axios Markets. Berlangganan gratis