BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Nick Kuipers (eks ADO Den Haag) setelah kembali beraksi di Liga Indonesia

Mantan pemain ADO Den Haag Nick Kuipers (foto) mendapat kabar baik akhir pekan ini. Setelah sempat vakum selama dua bulan akibat drama Kanjuruhan, sepak bola Indonesia akan kembali bergulir pekan depan.

Teks: Peter Pettit

Pertandingan di Stadion Kanjuruhan di Malang, Pulau Jawa adalah salah satu bencana stadion terbesar yang pernah ada. Sedikitnya 135 orang tewas dalam bentrokan antara suporter klub asal Surabaya dan klub asal Malang, dan polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa. Akibat bencana stadion ini, turnamen di Indonesia sempat terhenti selama hampir dua bulan.

‘gelembung’

Akhir pekan lalu diumumkan bahwa perebutan gelar akan dilanjutkan di Indonesia dan mantan pemain ADO Den Haag Nick Kuypers (30) dapat kembali beraksi. Liga Indonesia, Liga 1, pertandingan dimainkan oleh delapan belas klub dalam satu gelembung, dalam sistem terpusat, di berbagai stadion di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

izin

Dua bulan setelah bencana stadion, Persatuan Sepak Bola Indonesia akhirnya mendapat izin dari kepolisian untuk melanjutkan pertandingan di divisi teratas. Untuk Nick Kuipers, pertandingan pertama setelah dua bulan tanpa tugas kompetitif dijadwalkan pada Rabu, 7 Desember. Persip Bandung, klub yang dibela Kuypers sejak hengkang dari Den Haag pada 2019 dan saat ini duduk di peringkat delapan klasemen, terpaut tujuh poin dari pemuncak klasemen Kalimantan, selanjutnya akan menghadapi Persik Khediri di tempat netral di Solo.

READ  Alex Marquez berencana kembali ke Indonesia