BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Nikel menyusul Indonesia dalam produksi kendaraan listrik

Nikel menyusul Indonesia dalam produksi kendaraan listrik

Pabrik nikel PT Vale Indonesia di Suroaco, Indonesia.Gambar LightRocket melalui Getty Images

Pemerintah Indonesia akan mendirikan lebih banyak pabrik baru untuk mobil listrik dan baterainya. Negosiasi dengan pabrikan China BYD dan pembuat mobil AS Tesla, peringkat satu dan dua di dunia, telah memasuki tahap akhir, menurut Indonesia. Ambisi Presiden Joko Widodo untuk menjadi pemain dominan di pasar kendaraan listrik global di tahun-tahun mendatang akan semakin dekat.

Daftar kontrak yang ditandatangani sekarang mengesankan: perusahaan kimia Jerman Basf dan perusahaan pertambangan Prancis Eramet Saya baru-baru ini berjanji Investasi €2,4 miliar dalam kemitraan dengan perusahaan milik negara Indonesia untuk memproses nikel, komponen penting dari baterai lithium-ion yang penting. Hyundai Korea adalah yang pertama membuka pabrik modern di luar ibukota Indonesia, Jakarta, tahun lalu untuk model listrik barunya, Ioniq 5, dengan investasi 1,44 miliar euro.

Tidak lama setelah itu, pabrikan baterai China CATL menandatangani perjanjian senilai €5,6 miliar untuk membangun fasilitas tambang hingga perakitan di Maluku utara. Mitsubishi Jepang berjanji ekspansi di Indonesia, dan Toyota membuka pabrik baru di Sulawesi. Tesla sebelumnya menandatangani kontrak senilai €4,7 miliar dalam bentuk nikel.

Seperempat pasokan nikel dunia

rahasia Lambang WidodoNegaranya memiliki hampir seperempat pasokan nikel dunia, bersama dengan sejumlah besar tembaga, bauksit, dan timah. Lithium seharusnya hanya datang dari Australia. Sejak Presiden melarang ekspor bijih nikel pada 2019, yang kemudian diikuti dengan larangan ekspor logam lain, produsen tidak punya pilihan selain mencari kerja sama dengan perusahaan milik negara Indonesia. Uni Eropa langsung mengajukan komplain ke WTO dan terbukti benar.

Tetapi bagi Widodo, larangan itu penting untuk strateginya: Dia ingin negaranya mendapatkan lebih banyak bahan mentah. Antara lain dengan memaksa perusahaan asing menambah nilai bahan baku Indonesia. Banding terhadap keputusan WHO masih tertunda. “Kami ingin menjadi negara maju, kami ingin menciptakan lapangan kerja,” kata Widodo pada bulan Desember terhadap investor. “Jika kita takut diseret di depan hakim, mundurlah, kita tidak akan pernah menjadi negara maju.” Sebagai imbalan atas pabrik besar di Indonesia, Widodo menjanjikan CEO Tesla Elon Musk waralaba nikelnya.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga berusaha meyakinkan penduduknya yang merupakan pasar besar dengan 275 juta konsumen untuk beralih ke listrik. Bagian strategi ini kurang aktif. Mobil listrik yang tak pernah lepas dari kemacetan Jakarta yang tiada henti; Mobil elektronik lucu dari pabrikan Cina Wuling menarik banyak perhatian di banyak pusat perbelanjaan. Pembelian impulsif, bagi mereka yang sudah memiliki segalanya.

kualitas udara

Menurut Asosiasi Industri Otomotif Nasional, jaicendoHanya 15.000 dari 152 juta mobil negara itu yang bertenaga listrik. Hal yang sama berlaku untuk skuter. Fakta bahwa mobil listrik lebih sedikit mencemari bukanlah argumen bagi banyak orang Indonesia. Benar bahwa kualitas udara Jakarta menyaingi New Daily sebagai yang terburuk di dunia, tetapi konsumen Indonesia terutama melihat harga dan jarak mengemudi.

Pemerintah bertujuan untuk menempatkan 2 juta mobil listrik dan 13 juta skuter listrik di jalanan pada tahun 2030. Antara lain, dengan mewajibkan semua badan usaha milik negara dan layanan pemerintah untuk melistriki sebelum tahun 2025. Untuk meyakinkan konsumen, para ahli berpendapat bahwa penghapusan baru-baru ini pajak nilai tambah dan pajak barang mewah pada mobil listrik tidak cukup.

Harga Ioniq 5 di Indonesia 46 ribu euro, sedangkan Toyota Avanza mewah bermesin bensin hanya 18 ribu euro. Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menyediakan subsidi sebesar 4.900 dan 432 euro tahun ini untuk pembelian mobil listrik atau skuter. Ini membuat skuter listrik semahal skuter bensin. Keputusan tentang dukungan ini akan dibuat akhir bulan ini.

READ  Slim idee: in deze disco waar normaal gesproken 700 mensen dansen, komt nu een sportschool NL Home