BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Noam Chomsky berusia 93 tahun tetapi dia belum cukup umur untuk mengatakan

Dia terus menginspirasi jutaan orang melalui analisis dan komentarnya tentang dunia secara umum dan sifat sebenarnya dari kebijakan luar negeri negara asalnya, Amerika. Noam Chomsky mendorong Anda untuk berpikir kritis. Berusia 93 tahun, namun gagasannya belum kadaluarsa, terbukti dengan dua artikel, wawancara dan kuliah dari tahun 1997 hingga 2014. Salah satunya datang sebagai kejutan bagi pengikut DeWereldMorgen.be.

Saya telah mengikuti Noam Chomsky sejak 1979, dan saya menemukan pamfletnya tentang Timor Lorosa’e di sebuah toko buku progresif di Louvain di mana dia mengungkap standar moral ganda negaranya dan sekutunya. Sementara genosida Kamboja dikutuk dengan benar, Amerika Serikat dan Inggris memberikan senjata kepada Indonesia untuk genosida lain di Timor Timur.

Episode itu terdengar terlalu banyak dari waktu ke waktu ketika Anda melihat kemarahan media atas kejahatan perang Rusia di Ukraina, sementara Arab Saudi melakukan hal yang sama di Yaman dengan senjata AS dan Inggris.

Kritikus yang belum membaca bukunya selama bertahun-tahun menuduhnya menyangkal genosida di Kamboja melalui analisisnya saat itu. Paradoksnya, Bab 6. Buku Kamboja (dan Edward Hermans ‘After Cataclysm’ (1979) adalah ringkasan lengkap dari genosida itu.

Buku itu digandakan pada tahun 1979: Ekonomi Politik Hak Asasi Manusia Volume I – The Washington Link dan Fasisme Dunia Ketiga Dan Jilid II. Setelah bencanaPertama kali diterbitkan pada tahun 1979 dan diterbitkan kembali pada tahun 2015 dengan kata pengantar baru. Mereka adalah buku pertama yang pernah saya tulis. Itu tidak pernah berhenti.

Sangat menarik untuk melihat seberapa akurat analisisnya tentang membaca sejak saat itu. Pada saat itu analisis intrusifnya tentang sifat sebenarnya dari kebijakan luar negeri Amerika Serikat dan sekutu Baratnya akan lebih dapat diterapkan sepenuhnya. Lalu tentang perang melawan Vietnam, dan sekarang tentang Ukraina.

READ  Pemulihan ekonomi bergerak maju - Han Di Zhang berkomentar

Selain banyak buku tentang penelitian akademisnya dalam linguistik, dia telah menyajikan ratusan buku, esai, wawancara, dan kuliah dengan kuliah di seluruh dunia, dua kali di Brussel.

Selama dua puluh tahun terakhir, produksinya sendiri telah dikurangi secara bertahap. Dia tidak lagi menulis buku – namun buku baru dengan Vijay Prasad akan dirilis dalam beberapa minggu. Namun, dia terus memberikan wawancara, dia tidak lagi bepergian karena alasan kesehatan, tetapi melalui internet dia menunjukkan pengetahuan yang mendalam tentang peristiwa terkini.

Dua kali sampul yang sama? Tindakan penerbit tidak baik. Ini pasti buku kedua

Penerbit Amerika PMPress / Kairos baru-baru ini menerbitkan kumpulan dua artikel, wawancara dan ceramah yang dia berikan antara tahun 1997 dan 2014. Judul pertama adalah judul yang agak kabur. Penindasan Rascal Multidote (“Penindasan Geng Nakal”).

Dia berbicara tentang efek neoliberalisme, sifat sebenarnya dari demokrasi pasar, negara-negara jahat (kita dan mereka), Balkan, Kolombia, media arus utama, Irak, Haiti, Perang Dingin Baru, kudeta di Amerika Latin dan sayap kiri pemerintah. Penentangnya, Obama, Meksiko, Israel, Palestina … kebanyakan dari mereka pernah muncul sebagai artikel di majalah ZMagazine.

Kutipan dari artikel terbaru berjudul The Most Dangerous Belief Reconstructed dari wawancara Januari 2013: “Ambil salah satu bentuk kepercayaan agama yang paling berbahaya, yang bisa dibilang kepercayaan paling berbahaya, kepercayaan sekuler tentang kesucian dan kekuatan negara … Kami menyebut pengecualian Amerika, gagasan bahwa kami unik dalam sejarah; Pemimpin kita pada dasarnya baik, mereka bisa membuat kesalahan, tetapi mereka selalu melakukannya dengan niat baik. Ini adalah salah satu kepercayaan yang paling berbahaya. Ini adalah keyakinan agama dan benar-benar tidak memiliki dasar.

READ  Raskatlioglu juga memenangkan Super Bowl di Argentina setelah pertarungan sengit dengan Reding.

Rilis kedua, PMPress, memiliki judul yang lebih positif Dunia baru di hati kita (Dunia baru di hati kita). Pada bulan Februari 2010, Chomsky berbicara dengan penerbit Michael Albert di lima sesi tentang tanggung jawab intelektual, sains, agama dan sifat manusia, pendidikan dan ekonomi, sistem politik (Amerika Serikat), dan kebijakan luar negeri. Bagian kedua dari buku ini adalah transkrip rekaman 1993 di ZMagazine.

Foto: L.V.

Apa yang dikatakan Chomsky adalah present tense. Pada tahun 1993, Perang Dingin berakhir. Dia masih meramalkan bahwa perang tidak akan benar-benar berubah. Pencarian Amerika untuk mendominasi dunia adalah kekuatan pendorong sesungguhnya di balik Perang Dingin, dan tetap demikian sampai hari ini. Keadaan telah berubah, dan Amerika Serikat sekarang berjuang untuk menahan dunia yang beraneka ragam, tetapi esensi dan motivasinya tetap sama.

“Sebelum melawan tatanan dunia saat ini, Anda harus terlebih dahulu memahami apa tatanan itu sebenarnya. Kecerdasan adalah awal dari segalanya.”

Wawasan yang Anda peroleh dari Chomsky memperkuat Anda dalam motivasi dan komitmen Anda untuk tidak pernah menyerah berjuang untuk dunia yang berbeda dan lebih baik. Chomsky telah berulang kali mengatakan dalam kuliahnya: “Sebelum melawan tatanan dunia saat ini, Anda harus terlebih dahulu memahami apa tatanan itu sebenarnya. Kecerdasan adalah awal dari segalanya.”

Dari sampul belakang: “Mempelajari Chomsky adalah tentang memahami bagaimana masyarakat berfungsi, bagaimana orang berinteraksi dengan komunitas itu dan tren sosial, dan bagaimana menghadapi peristiwa, hubungan, peristiwa, dan bentuk dengan cara yang mengungkapkan makna batin dan implikasinya. Ini adalah bacaan terbaik yang tersedia pada topik demi topik. Kami menemukan dalam dirinya seorang seniman dalam disiplin yang kita semua perlu ketahui: memahaminya untuk mengubah dunia.

READ  Formula E diluncurkan lagi akhir pekan ini: Apa yang bisa Anda harapkan? | Spesial GPFans

Koda: Ada alternatif bagi mereka yang membaca buku bahasa Inggris satu langkah lebih banyak atau bagi mereka yang tidak punya waktu untuk membaca buku besar di sela-sela perlombaan tikus setiap hari. Pada tahun 2012, Noam Chomsky mengizinkan beberapa artikel dalam dua buku ini untuk diterjemahkan ke dalam pamflet secara gratis. Sesi Chomsky – Wawancara dengan Michael Albert Noam Chomsky …Kami memiliki beberapa salinan lagi. Anda dapat memesan salinan seharga 15 euro (termasuk surat) di [email protected] di alamat editorial kami. Anda mendukung situs web ini dengan membaca informasi yang menyenangkan selama beberapa jam.

Noam Chomsky. Mengendalikan Rascal Multittitudes – Artikel, Wawancara dan Ceramah 1997-2014PMPress, Oakland, 2022, 440 hal. ISBN 978 1629 6387 82

Noam Chomsky. Dunia baru di hati kitaPMPress, Oakland, 2022, 147 hal. ISBN 9781629 638683

Noam Chomsky. Sesi Chomsky – Michael Albert Noam Diwawancarai Chomsky …DeWereldMorgen.be, Brussel, 2012, 130 hlm. Tersedia di ISBN 978 9081 2863 36 ([email protected]