BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Nikmati makanan Indonesia di Warna Baru di Barat: ‘Tidak ada piring microwave atau meja nasi’

Nikmati makanan Indonesia di Warna Baru di Barat: ‘Tidak ada piring microwave atau meja nasi’

Toko-toko, restoran, dan kafe baru dibuka di kota setiap hari. Baca tentang itu di bagian Buka Saja kami. Hari ini: Di ​​Warna Baru, fokusnya adalah pada cita rasa murni Indonesia. ‘Pengetahuan tentang masakan Indonesia di Belanda terbatas.’

Susan Havergard

Di tengah kedai kopi terkenal, toko vintage, dan butik menawan Jan Peter Heijstraat, baru saja dibuka restoran Indonesia baru: Warna Baru. Di sini mereka tidak hanya menyajikan makanan Indonesia tetapi juga mengajari tamunya tentang sejarah Indonesia. “Ada banyak sekali pengetahuan tentang masakan Indonesia di Belanda, dan saya ingin mengubahnya,” kata pemilik Felix Ang (51).

Ini bukan pertama kalinya Ang membuka restoran Indonesia di Amsterdam. Sedikit lebih jauh, di Kingerstraat, terdapat restorannya, Amoy. Dia juga memiliki Nooch di Negen Straatjes dan Poornama di Indische Buurt. Dengan latar belakang keturunan Tionghoa-Indonesia, Felix berharap dapat berbagi interpretasinya terhadap masakan Indonesia. “Saya tidak sabar untuk memberi tahu tamu kami lebih banyak tentang sejarah di balik makanan ini.”

Warna Baru, yang berarti ‘warna baru’ dalam bahasa Indonesia, sesuai dengan namanya. Sofa berwarna merah dengan motif bunga, dinding biru-kuning, dan jendela dengan tanaman menciptakan suasana hangat. Di dapur belakang bar, chef Reza Bermadi (50) menyiapkan masakan dengan caranya sendiri. “Tidak ada toko, piring microwave, atau meja nasi, tapi masakan Indonesia dengan saus kami sendiri.”

Meski setiap pulau di nusantara memiliki ciri khasnya masing-masing, Warna Baru berupaya sedekat mungkin dengan kuliner Indonesia. Selain hidangan klasik seperti gado-gado (€9) atau rendang yang mempesona (€12), para tamu juga dapat mencoba pilihan vegetarian dan vegan, seperti rendang nonga dengan nangka rebus dalam saus kelapa pedas (€12).

READ  Rasa Hormat dan Hati Nurani - NRC

Lihat ikhtisar kami tentang semua toko, restoran, dan kafe baru. Kiat? [email protected].

Varna Baru

Jan Pieter Heijestraat 137, Barat.

daftar

Akhir bulan ini, setelah resmi dibuka, Varna Baru akan memiliki menu yang lebih banyak.

Kuis

Di halaman Instagram mereka secara rutin memposting fakta, kebenaran, dan kuis untuk mengedukasi tamu mereka lebih banyak tentang masakan Indonesia.

Spesial

Semua hidangan daging di Warna Baru Halal.