BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Opini |  Ketidakpercayaan terhadap Putin memang beralasan, namun kita harus berhati-hati agar tidak menimbulkan kekhawatiran yang tidak semestinya.

Opini | Ketidakpercayaan terhadap Putin memang beralasan, namun kita harus berhati-hati agar tidak menimbulkan kekhawatiran yang tidak semestinya.

Ada momok yang menghantui negara kita: momok kepanikan. Ketua Komite Militer NATO, Laksamana Belanda Rob Bauer Panggilan Sebuah “transformasi masa perang” bagi koalisi dan masyarakat sipil. Menteri Pertahanan Jerman memperingatkan serangan Rusia di masa depan dan mendesak kita untuk bersiap. Di Swedia, pemerintah dan Pemimpin Tertinggi juga menggunakan kata-kata yang keras: Kita berada dalam situasi politik-keamanan yang paling berbahaya sejak Perang Dunia II.

Para perwira senior militer dan politisi yang terlibat menekankan bahwa mereka tidak perlu dikhawatirkan – namun bagaimana kita harus menafsirkan pernyataan mereka? Tentu saja, ketidakpercayaan yang sehat terhadap rezim Putin bisa dibenarkan. Namun gelombang ketidaknyamanan yang kini melanda negara-negara NATO khususnya sangatlah mencolok. Alasan pergeseran ini sebagian karena terhentinya serangan Ukraina. Meskipun setahun yang lalu banyak orang berharap bahwa Ukraina akan mampu mengalahkan Rusia secara teknis dengan senjata kami, namun kini pesimisme muncul. Hal ini disebabkan oleh kebuntuan di garis depan, peningkatan pesat dalam produksi senjata di Rusia, dan tindakan Putin yang terus menerus menyia-nyiakan nyawa manusia secara tidak masuk akal.

Peluang marinir Rusia untuk berani mendarat di pantai dekat Stockholm agak terbatas di tahun-tahun mendatang

Namun apakah hal ini membenarkan “pergeseran radikal dalam peperangan”? Pada akhirnya, perubahan ini mempunyai konsekuensi yang luas dan menghancurkan. Hal ini akan menjadikan perekonomian kita berorientasi pada perang. Masyarakat harus berurusan dengan penerapan kembali (bentuk) wajib militer. Hal ini setidaknya akan melipatgandakan biaya angkatan bersenjata. Jadi, bukan 2% dari pendapatan nasional kita yang menjadi target NATO saat ini, tapi 4% atau lebih.

READ  Rusia bekerja sama lagi dalam kesepakatan biji-bijian setelah jaminan dari Ukraina | Ekonomi

Buang-buang nyawa

Namun, sangat dipertanyakan apakah Rusia akan tetap menjadi ancaman militer strategis bagi NATO. Putin sadar sepenuhnya bahwa ia tidak bisa sembarangan melanjutkan produksi militer yang mahal, karena warga Rusia menginginkan barang konsumsi dalam jumlah yang cukup. Kami berharap hilangnya nyawa di garis depan akan dibesar-besarkan bahkan bagi para pemimpin militer Rusia. Kualitas militer Angkatan Bersenjata Rusia masih terbatas. Bahkan dengan setengah juta orang, angkatan bersenjata hanya mampu menduduki kurang dari 20% wilayah Ukraina, lawan yang jauh lebih lemah di atas kertas. Peluang marinir Rusia untuk berani mendarat di pantai dekat Stockholm agak terbatas di tahun-tahun mendatang.

Kami memilih jalur strategis yang realistis dan lebih tepat sasaran ke depan. Dalam jangka pendek, ada dua pilihan yang jelas. Pertama, dukungan berkelanjutan untuk Ukraina (termasuk peningkatan target produksi senjata dan sistem amunisi tertentu). Kedua, secara permanen membatalkan pemotongan anggaran pertahanan yang berlebihan di Belanda dan negara-negara NATO lainnya.

Baca juga
90 ribu tentara, 50 kapal, dan 166 tank: latihan NATO terbesar sejak Perang Dingin, sinyal bagi Moskow

اختتام مناورة سابقة لحلف شمال الأطلسي Tiga tahun lalu di Rumania. Edisi 2024 akan berlangsung selama empat bulan dan akan memiliki 90.000 tentara, yang terbesar sejak Perang Dingin.” class=”dmt-article-suggestion__image” src=”https://images.nrc.nl/PP6M-EuD_zx391louN5ujfkuo9Y=/160×96 /pintar/filter :no_upscale()/s3/static.nrc.nl/bvhw/files/2024/01/data110711211-d4b802.jpg”/>

Namun ketiga, intinya terletak pada penggunaan sumber daya yang sudah tersedia secara efektif dan yang juga dimiliki oleh negara-negara NATO Eropa: jutaan tentara (siap dan dapat dimobilisasi), lebih dari seribu kapal angkatan laut, dan hampir sepuluh ribu tank. Menggabungkan kekuatan militer Eropa sangat diinginkan mengingat pemilu AS. Misalnya, integrasi pertahanan udara kelompok regional NATO yang menentukan.

READ  Pria Texas yang membunuh lima tetangganya telah dideportasi empat kali | di luar

Jika kesenjangan yang disebabkan oleh pemotongan yang tidak direncanakan dapat diatasi, maka tidak akan ada kekurangan tenaga kerja, peralatan dan dukungan di antara anggota NATO di Eropa. Yang penting adalah kita memastikan bahwa angkatan bersenjata kita cukup kuat dan ulet dalam pertempuran. Dengan kata lain: ketenangan politik-militer selalu menjadi panduan yang lebih baik daripada gangguan yang bersuara keras.