BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Orang Afrika Selatan lelah dengan krisis energi yang sedang berlangsung: mereka kelelahan

Agen Pers Prancis

Berita NOS

  • Ellen Van Gelder

    Wartawan Afrika

  • Ellen Van Gelder

    Wartawan Afrika

Orang Afrika Selatan lelah karena tidak memiliki energi setiap hari. Ribuan demonstran turun ke jalan di Johannesburg dan Cape Town hari ini untuk memprotes krisis yang sedang berlangsung di perusahaan energi negara Eskom dan pemerintah ANC.

Protes, yang disebut #PowerToThePeopleMarch, diselenggarakan oleh partai oposisi DA, yang menginginkan Kongres Nasional Afrika yang berkuasa untuk bertanggung jawab atas krisis energi.

Afrika Selatan telah mengalami kekurangan listrik selama bertahun-tahun, tetapi tidak pernah separah sekarang. Media Afrika Selatan menggambarkan tahun 2022 sebagai tahun teror, dengan pemadaman listrik selama dua ratus hari. Tahun ini listrik tidak dinyalakan seharian.

Pelanggan pergi berbondong-bondong.

Masalah yang terus berlanjut menjadi malapetaka bagi pengusaha kecil seperti Suvi Mongo dari Ziyahlanjwa Laundry, yang menjalankan dua binatu di kotapraja Cape Town. “Semua orang ingin kembali keesokan harinya, tetapi sekarang tidak mungkin. Pelanggan berbondong-bondong pergi. Pemadaman listrik ini menghancurkan perusahaan kami. Kami tidak akan selamat dari ini.”

NOS / Elles van Gelder

Sophie Mongo di binatunya di Cape Town

Melalui sebuah aplikasi, warga Afrika Selatan dapat mengetahui kapan giliran mereka tanpa listrik. Ini bergerak dari satu area ke area lain, dalam blok waktu. Listrik padam kadang tiga sampai empat kali sehari, kadang sampai sepuluh jam sehari.

Mongo mencuci siang malam agar tidak mengecewakan pelanggannya. “Saya tinggal di sebelah perusahaan saya, dan saya tetap membuka telinga di malam hari. Saat listrik menyala kembali, mesin pengering berbunyi dan saya bangun dari tempat tidur untuk mengisi mesin. Sudah seperti ini selama berbulan-bulan. Melelahkan .”

Korupsi dan utang

Selama beberapa dekade, investasi yang tidak memadai telah dilakukan dalam pemeliharaan dan kapasitas generasi baru. Umur rata-rata tanaman lebih dari empat puluh tahun. Sebagian karena korupsi yang meluas dan salah urus, perusahaan ini terlilit hutang.

Krisis energi menjungkirbalikkan seluruh Afrika Selatan. Direktur pemakaman mengeluhkan jenazah yang membusuk karena tidak bisa menjaganya tetap dingin. Klinik dan rumah sakit mengkhawatirkan nyawa manusia karena peralatan rusak. Peternak sapi perah tidak dapat menggunakan mesin pemerah susu mereka dan lebih sedikit ayam yang disembelih, yang meningkatkan harga ayam.

Pemerintah berjanji untuk meningkatkan, misalnya dengan berinvestasi di energi matahari dan angin. Tapi ini adalah proyek besar yang tidak segera menghasilkan daya yang cukup. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak orang Afrika Selatan mengambil tindakan sendiri.

Panel surya

Panel surya sedang dipasang di atap rumah pribadi di pinggiran Cape Town yang makmur. “Ponselnya panas sekali,” kata Trent. Gunther berasal dari KTT Solar, salah satu dari sekian banyak perusahaan tenaga surya di kota itu. Ada papan di atap yang berbeda di jalan yang penuh dengan vila.

“Jadi saya mengambil keuntungan dari krisis, tapi ada baiknya kita beralih ke lebih banyak energi hijau,” katanya. Pada saat yang sama, dia merasa sedih karena ini hanya mungkin terjadi di sebagian kecil Afrika Selatan.

“Harga panel surya turun, tetapi baterai itu semakin mahal. Jika Anda ingin cucian Anda tetap berjalan, Anda akan segera berbicara tentang sistem yang harganya puluhan ribu euro. Tidak ada subsidi dari pemerintah. ”

NOS / Elles van Gelder

Karyawan salah satu dari beberapa perusahaan energi surya memasang panel di atap di Cape Town

Dia harus menunggu pemerintah. Dan minggu ini, diumumkan bahwa warga dapat menjual energi dan kekuatan mereka sendiri ke Eskom. Juga akan ada lebih sedikit aturan untuk memulai ladang surya atau angin. Misalnya, Eskom berharap bisa membeli lebih banyak listrik untuk jaringan listrik nasional.

Sementara itu, perseroan juga mengusulkan kenaikan tarif listrik sebesar 18 persen mulai 1 April. Jika ini terus berlanjut, akan ada lebih banyak protes.