BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pakar medis: BA.2 strain omicron dijelaskan dan cara tetap aman

Strain baru varian omicron berada di bawah mikroskop para ilmuwan dan ahli medis, di sini di Minnesota dan di seluruh dunia.

Ini disebut BA.2.

Para peneliti mengatakan itu adalah spin-off dari varian omicron asli yang dikenal sebagai BA.1.

“Inilah yang dilakukan virus,” kata Dr. Beth Thielen, seorang profesor pediatri di University of Minnesota Medical School. “Mereka seperti berlomba senjata terus-menerus dengan manusia, mencoba untuk menyamakan kita – dan sistem kekebalan kita mengejar, jadi saya pikir ini adalah sifat virus.”

BA.2 muncul bahkan ketika AS terus melawan lonjakan omicron asli.

Pusat Pengendalian Penyakit mengatakan strain BA.1 menyumbang 99% dari infeksi covid secara nasional.

Dan Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan AS mendekati akhir fase “darurat” pandemi.

“Virusnya tidak akan hilang. Kita mungkin melihat lonjakan di masa depan, tetapi saya pikir pembatasan, mandat, banyak hal akan mulai berkurang,” jelas Dr. Ashish Jha, Dekan di Brown University School of Public Health. “Artinya adalah ketika kita melihat lonjakan di masa depan, kita harus menggunakan alat yang kita miliki, vaksin, tes, dll., untuk melewatinya.”

Para ahli mengatakan BA.2 memiliki jumlah yang tinggi di tempat-tempat seperti Denmark dan Inggris

Pihak berwenang mengatakan setelah pertama kali diidentifikasi awal Desember lalu, BA.2 telah menyebar ke 49 negara, termasuk AS

Pejabat kesehatan mengatakan di dalam negeri, itu telah terdeteksi di 24 negara bagian – tetapi hanya ada sekitar 127 kasus yang diketahui.

Kami bertanya kepada Dr. Hannah Lichtsinn, seorang internis dan dokter anak di Hennepin Healthcare Minneapolis tentang munculnya BA.2.

“Benar-benar kita belum tahu,” katanya. “Sama seperti setiap variasi virus ini, masih terlalu dini untuk mengatakan dengan tepat seperti apa dampaknya.”

Lichtsinn mengatakan BA.2 menyebar lebih cepat daripada versi aslinya, tetapi itu tidak selalu lebih parah.

“Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa itu akan menyebabkan penyakit yang lebih parah bagi orang-orang daripada yang dimiliki omicron saat ini atau yang asli,” catatnya. “Jadi, bahkan jika itu menyebar lebih cepat, tampaknya – setidaknya pada tahap ini – tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah.”

Tapi mengapa BA.2 begitu menular?

Lichtsinn dan ahli lainnya mengatakan itu ada hubungannya dengan mutasi genetik pada protein lonjakannya, yang menyerang sel-sel sehat.

“Mutasi yang mereka catat ada pada protein lonjakan, yang merupakan cara virus menginfeksi melalui protein itu,” katanya. “Ini juga cara kerja vaksin, dengan mendeteksi protein lonjakan, sehingga menempel lebih kuat dan itulah yang membuatnya lebih menular.”

Lichtsinn mengatakan sepertinya Minnesota telah mencapai puncak gelombang omicron awal ini.

Tetapi dia memperingatkan bahwa orang tidak boleh lengah — dan dia mengatakan mendapatkan vaksinasi dan dorongan adalah senjata terbaik melawan COVID-19.

Lichtsinn mengatakan terkadang hampir tidak mungkin untuk mengetahui apakah Anda sedang pilek, flu, atau terjangkit covid.

Dia mengatakan cara terbaik untuk mengetahui dengan pasti adalah untuk diuji.

Berita bagus?

Pakar medis percaya bahwa vaksin COVID efektif — bahkan dengan varian baru ini — dalam mencegah penyakit serius, rawat inap, dan kematian.

Thielen menyarankan pasiennya untuk bersiap menghadapi lebih banyak varian yang mungkin muncul.

“Di tempat-tempat di mana kami telah melihat tingkat vaksinasi yang sangat tinggi, varian baru ini muncul dan menyebabkan penyakit, tetapi kami belum melihat rawat inap yang benar-benar mencolok,” katanya. “Saya pikir di sini di Minnesota, kita berada pada titik persimpangan di mana kita masih melihat cukup banyak rawat inap yang berasal dari omicron, tetapi ini sebagian besar pada orang yang belum divaksinasi.”

READ  Finalis Pilihan Turis Bulan Pertama SpaceX yang Mungkin Menerbangkan Kapal Luar Angkasa