BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Panel surya baru ini adalah yang paling efisien di dunia

Panel surya baru ini adalah yang paling efisien di dunia

Para ilmuwan di Oxford PV, anak perusahaan dari universitas Inggris, telah mengembangkan panel surya paling efisien di Bumi. Dapat menghasilkan gaya 421 pada area seluas 1,68 meter persegi.

Ini berarti efisiensi 25 persen. Ini adalah jumlah energi matahari yang dapat diubah menjadi listrik setelah mencapai panel surya. Efisiensi panel surya yang tersedia saat ini berkisar antara 15 dan 22 persen.

Para ilmuwan mampu mencapai efisiensi tinggi dengan menggunakan perovskit, bahan yang dapat ditemukan di mana pun di bumi sehingga harganya murah. Perovskit mampu mengubah energi matahari menjadi bentuk energi lain dengan lebih efisien dibandingkan silikon yang digunakan di sebagian besar panel surya.

Ruang untuk perbaikan

Menurut para ilmuwan, masih ada ruang untuk perbaikan. di dalam jumpa pers Mereka mengatakan sel surya berbasis perovskit secara teoritis dapat mencapai efisiensi hingga 43 persen. Maksimum teoritis untuk sel silikon kurang dari 30 persen. Dalam siaran persnya, para peneliti mengklaim memiliki “peta jalan yang jelas” untuk mengembangkan sel dengan efisiensi 30 persen.

kontra

Seperti biasa, ketika ada berita tentang teknologi energi yang menjanjikan, Anda sebaiknya tidak menanggapinya. Masalah yang umum terjadi pada sel surya perovskit adalah efisiensinya relatif cepat berkurang. Bahan-bahan tersebut juga seringkali mengandung timbal dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga sulit untuk didaur ulang.

Meskipun para ilmuwan sibuk mengerjakan… Larutan Anda harus menunggu beberapa saat sebelum memiliki panel surya dengan efisiensi 30 persen di atap Anda.

READ  RIVM hati-hati positif, tapi 'tunggu dan lihat apakah turun lebih jauh'

Baca lebih lanjut tentang energi dan dapatkan informasi terkini melalui buletin kami.