BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Panelguards tidak mencegah eskalasi yang tergelincir”

“Panelguards tidak mencegah eskalasi yang tergelincir”

Di Kongres Rakyat Nasional, China memperingatkan AS untuk “menghentikan jika ingin menghindari konflik.”. “

Mengapa ini penting?

Kongres Rakyat Nasional (NPC) bertemu setiap tahun di Beijing. Dalam sesi yang sangat besar ini, 2.980 perwakilan membuat pilihan kebijakan yang sangat menentukan arah masa depan negara adidaya Asia tersebut. Mengingat meningkatnya daya saing antara Amerika Serikat dan China, dunia mengamati pertemuan itu dengan cermat.

intinya: Awal pekan ini, Kongres Rakyat Nasional China memutuskan untuk meningkatkan anggaran pertahanan selama delapan tahun berturut-turut sebesar 7,2% menjadi $224 miliar. Target pertumbuhan ekonomi juga telah direvisi ke bawah.

  • Padahal, banyak kebijakan dan undang-undang baru yang sudah digodok terlebih dahulu di Kongres Nasional BPK Oktober tahun lalu. Undang-undang ini sekarang akan diabadikan oleh Kongres Rakyat Nasional, badan legislatif resmi.
  • Misalnya, mantan duta besar untuk Amerika Serikat, Chen Gang, terpilih sebagai menteri luar negeri yang baru. Dalam pidato pertamanya, dia langsung mengkritik Amerika Serikat dan mengatakan bahwa hubungan kedua negara telah menyimpang dari jalur rasional. Situs berita itu melaporkan CNBC.
  • Pada KTT G-20 di Indonesia tahun lalu, Presiden AS Biden mengusulkan penetapan aturan dasar dalam hubungan China-AS yang akan mengurangi ketegangan. Tapi China curiga. Jika Amerika Serikat tidak menginjak rem dan terus mempercepat jalan yang salah ini, tidak akan ada cukup firewall untuk mencegah eskalasi tergelincir. “Pasti akan ada perjuangan,” kata Qin Gang kemudian dengan tegas.
    • China tampaknya memandang seruan AS untuk apa yang disebut penghalang keamanan terutama sebagai upaya untuk menciptakan situasi yang tidak menguntungkan bagi Beijing.
READ  Bagaimana dan bagaimana jika Anda ingin pergi ke Bali?

kompetitor atau lawan

Dan juga: Menteri baru juga membuat kayu bakar untuk strategi Amerika di kawasan Indo-Pasifik.

  • Inilah yang dimaksud dengan strategi Kemakmuran, keamanan dan stabilitas kawasan, tetapi menurut China, ini adalah upaya dasar untuk membentuk blok eksklusif untuk mengelilingi negara.
  • Amerika Serikat mengklaim bahwa ia tidak melihat China sebagai musuh, melainkan sebagai salah satu yang ingin diatasi tanpa menimbulkan konflik. “Akibatnya, daya saing ini bermuara pada mengekang, menahan, dan menekan China karena kedua negara jatuh ke dalam permainan zero-sum,” kata menteri.
    • Ini diikuti oleh ejekan lain terhadap negara-negara Barat yang menggunakan mentalitas “Perang Dingin” ketika mereka mengeluh tentang hubungan Tiongkok-Rusia dan selalu menganggap mereka sebagai ancaman.
  • Pemimpin negara China Xi Jinping sendiri juga sangat kritis terhadap Amerika Serikat. Itu luar biasa, karena Xi biasanya tidak jelas dan menyebut Washington sebagai “negara Barat” atau “negara maju”.
    • Presiden China meminta perusahaan swasta untuk mendukung Partai Komunis untuk menghadapi semua tantangan. Dia merujuk secara khusus pada semua tarif AS dan pembatasan ekspor yang ditujukan untuk memukul ekonomi China dan dengan demikian menghambat pembangunan.

(fjc)

READ  Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melambat pada tahun 2023