BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para ilmuwan mengungkap asal usul sebenarnya naga Welsh – bukti fosil baru mengubah sejarah

Para ilmuwan mengungkap asal usul sebenarnya naga Welsh – bukti fosil baru mengubah sejarah

Penemuan fosil besar-besaran di Wales mengungkapkan bahwa dinosaurus purba hidup di dataran rendah tropis dekat laut lebih dari 200 juta tahun yang lalu. Studi ini mengidentifikasi fosil laut dan darat yang langka, merekonstruksi ekosistem yang kompleks, dan memberikan wawasan baru mengenai evolusi dinosaurus. Penggambaran artistik kepulauan Inggris pada masa Trias. Kredit: Gabriel Oguito, CC-BY 4.0

Temuan fosil baru-baru ini di Wales telah mengungkap habitat tropis dinosaurus purba dan memberikan wawasan mengenai ekosistem prasejarah yang kompleks, mewakili kemajuan besar dalam memahami sejarah paleontologis di wilayah tersebut.

Penemuan fosil penting telah menjelaskan sejarah dinosaurus di Wales. Sampai saat ini, Dragon Land tidak memiliki satu pun dinosaurus. Namun, dalam sepuluh tahun terakhir, banyak dinosaurus yang dilaporkan, namun kondisi kehidupannya belum diketahui dengan baik. Dalam sebuah studi baru yang dilakukan oleh tim Universitas Bristol Dan diterbitkan di Prosiding Persatuan Ahli Geologidetail penting terungkap untuk pertama kalinya.

Mereka menemukan bahwa dinosaurus awal Welsh lebih dari 200 juta tahun yang lalu hidup di dataran rendah tropis di tepi laut. Jejak dinosaurus diketahui dari Barrie dan situs terdekat lainnya, menunjukkan bahwa dinosaurus berjalan melintasi dataran rendah yang hangat.

Penemuan fosil di Lavernock Point

Penemuan ini terjadi di Lavernock Point, dekat Cardiff dan Penarth, tempat serpih berwarna gelap dan tebing batu kapur mendokumentasikan laut dangkal kuno. Pada beberapa tingkatan terdapat penumpukan tulang, termasuk sisa-sisa ikan, hiu, reptil laut, dan terkadang dinosaurus.

Penelitian ini dipimpin oleh mantan mahasiswa Magister Paleobiologi Bristol, Owen Evans. Dia menjelaskan: “Lapisan tulang memberikan gambaran kepulauan tropis, yang sering mengalami badai, dan material dari seluruh wilayah sekitarnya, baik di darat maupun di laut, tersapu ke zona intertidal. Artinya, hanya dari satu cakrawala fosil, kita dapat merekonstruksi ekosistem yang kompleks, dengan beragam reptil laut seperti ichthyosaurus, plesiosaurus, dan placodont di air, serta dinosaurus di darat.

Sidik jarinya ditemukan pada batuan Trias

Jejak itu ditemukan di bebatuan Trias dari South Wales. Kredit: Cindy Howells di Museum Nasional Wales

“Saya telah mengunjungi pantai di Penarth sepanjang hidup saya, dan dibesarkan di Cardiff, tapi saya tidak pernah memperhatikan fosilnya. Lalu, semakin banyak saya membaca, semakin menarik jadinya. Ahli geologi lokal telah mengumpulkan tulang-tulang tersebut sejak tahun 1870-an. , dan sebagian besar berada di Museum Nasional Wales di Cardiff.

READ  Kawanan gempa bumi yang memecahkan rekor menghantam Antartika saat gunung berapi yang tertidur terbangun

Cindy Howells, kurator paleontologi di National Museum Wales, menambahkan: “Koleksi di Lavernock berasal dari abad ke-19.kamu Abad ke-20, dengan banyak bagian tulang yang dikumpulkan selama bertahun-tahun. Kehadiran fosil dinosaurus di situs tersebut memastikan bahwa situs tersebut tetap menjadi salah satu situs paleontologi terpenting di Wales.

Dua temuan yang diperoleh tim saat melakukan kerja lapangan di Lavernock adalah sisa-sisa fosil osteoderm dari ikan placodont, dan satu tulang periang dari coelacanth. Supervisor Dr Chris Duffin berkata: “Sisa-sisa Coelacanth dan placodon relatif langka di Inggris, yang membuat penemuan ini semakin luar biasa.” Kedua fosil ini saja membantu membangun gambaran yang lebih luas tentang seperti apa rupa Raetian di Inggris.

Profesor Michael Benton dari Bristol School of Geosciences, pengawas proyek lainnya, menambahkan: “Skala sisa-sisa dinosaurus yang ditemukan di Lavernock sangat menarik dan merupakan peluang untuk mempelajari periode yang kompleks dan seringkali misterius dalam sejarah evolusinya sisa-sisa yang besar. Perairan Seperti binatang, beserta banyak tulang yang kemungkinan besar milik theropoda predator.

Sebagian besar makalah ini dikhususkan untuk mikrofosil melimpah yang ditemukan di situs tersebut, termasuk gigi ikan, sisik, dan fragmen tulang. Dengan memeriksa ribuan sampel, tim mampu mengidentifikasi kuncinya Menggolongkan Di laut dangkal dan mengetahui kepentingan relatif masing-masing.

Asal usul naga Welsh akhirnya ditentukan.

Referensi: “Mikrovertebrata dari dasar tulang raytian basal (Akhir Trias) di Lavernock, South Wales” oleh Owen Evans, Christopher J. Duffin, Claudia Hildebrandt, dan Michael J. Benton, 23 Mei 2024, Prosiding Persatuan Ahli Geologi.
doi: 10.1016/j.pgeola.2024.05.001