BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para peneliti membuat penemuan mengejutkan di bulan yang jauh

Para peneliti membuat penemuan mengejutkan di bulan yang jauh

Sebuah blok bangunan penting untuk kehidupan telah ditemukan di salah satu tempat yang paling tidak mungkin di galaksi.

berdasarkan Penelitian baru-baru ini Diterbitkan 14 Juni di jurnal Nature, Enceladus – bulan sedingin es yang mengorbit Saturnus – mungkin memiliki samudra yang penuh dengan fosfor, unsur yang tidak terdeteksi di planet lain sebelumnya. Tim peneliti internasional yang memimpin kertas Gunakan Cassini Cosmic Dust Analyzer, atau CDA, untuk mempelajari partikel es Enceladus yang melayang ke Saturnus “Cincin E” bercahaya.

Awalnya, pemodelan geokimia tim menunjukkan bahwa fosfat mungkin langka, tetapi studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa konsentrasi fosfat bisa “setidaknya 100 kali lipat lebih tinggi di perairan laut yang membentuk kutub bulan daripada di lautan Bumi.” Menurut NASA, fosfor sangat penting untuk DNA kita dan sering ditemukan di tulang, membran sel, dan plankton. Kehadiran elemen ini juga menunjukkan bahwa Enceladus mungkin bukan satu-satunya dunia es yang menyimpan kemampuan untuk menciptakan kehidupan.

“Konsentrasi fosfat yang tinggi adalah hasil dari interaksi antara air cair kaya karbonat dan mineral berbatu di dasar laut di Enceladus, dan mungkin juga terjadi di sejumlah dunia laut lainnya,” kata ilmuwan planet dan ahli geokimia Christopher Glenn dari Southwest Research. Lembaga. NASA. “Bahan utama ini mungkin cukup melimpah untuk mendukung kehidupan di sekitar Enceladus; ini adalah penemuan luar biasa untuk astrobiologi.”

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan dibuat bingung oleh bulan ini. pada tahun 2015peneliti CDA menemukan bahwa Enceladus menghasilkan segumpal air dan batu yang kaya silika, menunjukkan bahwa itu berasal dari wilayah “aktivitas hidrotermal”.

Terlepas dari itu, para ilmuwan masih berusaha memahami dengan tepat apa arti penemuan baru ini.

READ  "Cacing penis" yang ganas adalah kelomang di laut purba

“Kehadiran bahan-bahan itu diperlukan, tetapi mungkin tidak cukup bagi lingkungan ekstraterestrial untuk menampung kehidupan,” lanjut Glenn. Apakah kehidupan berasal dari sekitar Enceladus masih menjadi pertanyaan terbuka.