BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pasangan pengantin yang brilian, Bob dan Rhea de Gruyter

Pasangan pengantin yang brilian, Bob dan Rhea de Gruyter

Lahir di Jawa, Indonesia, Bob de Gruyter (89) harus mengungsi ke Belanda setelah perang. Ayah Riya (kini 86 tahun) juga berakhir sebagai tentara di pangkalan Airshot. “Ayah saya berada di pekan raya tersebut namun tidak dapat kembali ke barak dengan berjalan kaki tepat pada waktunya. Lalu dia meminjam sepeda ibuku. Ketika dia membawanya kembali, ada percikan api,” kata putrinya, Sandra Van Baxtel.

Pasangan itu tinggal beberapa lama di kawasan Wireshot yang dikenal sebagai ‘Pabrik Daton’ tempat Rhea bekerja. Pada awal tahun 1960-an mereka pindah ke Boskand, dimana mereka masih hidup mandiri. “Ayah adalah orang berkulit gelap, dan ibu saya berasal dari Amsterdam, tempat yang istimewa pada saat itu,” kata Sandra. Namun orang tuanya langsung merasa betah berada di desa. “Keduanya sangat aktif di Boscond. Ibu saya menjadi sukarelawan di sekolah dasar, ayah saya bermain sepak bola, bola voli, aktif di klub senapan angin dan sudah lama menjadi presiden klub memancing.

Pasangan itu memiliki lima anak; Kini memiliki sembilan cucu dan empat cicit. Rhea banyak membaca dan senang mengerjakan teka-teki dan kerajinan tangan; Bob suka memancing, berkebun, dan dia masih memasak setiap hari! “Kami merasa sangat beruntung karena kedua orang tua kami dalam keadaan sehat di usia ini,” pungkas Sandra.

READ  18 orang tewas dalam kebakaran pabrik peleburan nikel di Indonesia