BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pasar saham Asia sebagian besar lebih rendah karena masalah suku bunga – Wel.nl

Pasar saham Asia sebagian besar lebih rendah karena masalah suku bunga – Wel.nl

TOKYO (AP) – Sebagian besar pasar saham Asia jatuh pada hari Kamis. Investor tetap berhati-hati setelah bank sentral Amerika Serikat, zona euro dan Inggris mengumumkan pada pertemuan di Sintra, Portugal, bahwa mereka belum selesai melawan inflasi yang tinggi. Jerome Powell, Ketua Federal Reserve AS, mengisyaratkan kenaikan suku bunga dua kali berturut-turut untuk mengekang kenaikan harga di ekonomi terbesar dunia itu.

Perusahaan teknologi China, yang sensitif terhadap kenaikan suku bunga, mendapat tekanan khusus. Alibaba Group dan JD.com untuk toko teknologi dan elektronik turun 2,7 dan 3,8 persen. Perusahaan pengiriman makanan Meituan kehilangan 2,8 persen, dan perusahaan internet dan game Tencent turun 0,7 persen. Akibatnya, Indeks Hang Seng di Hong Kong turun 1,6 persen, dan bursa saham di Shanghai turun 0,2 persen.

Indeks Nikkei Tokyo mempertahankan posisinya di atas air dan naik 0,3 persen sesaat sebelum pasar tutup. Penurunan yen Jepang memberikan beberapa dukungan untuk perdagangan saham. Mata uang Jepang berada di bawah tekanan karena Bank of Japan, tidak seperti bank sentral utama lainnya di dunia, belum menaikkan suku bunga. Ini karena inflasi di negara ini relatif rendah dibandingkan dengan ekonomi utama lainnya.

Pembuat chip Jepang Tokyo Electron dan grup elektronik Panasonic termasuk di antara yang memperoleh keuntungan terkuat, dengan kenaikan 2,9 dan 1,4 persen. Fast Retailing, pemilik rantai pakaian Uniqlo, naik 0,1 persen, sebagian karena kenaikan penjualan department store Jepang yang lebih kuat dari perkiraan pada Mei.

Indeks Kospi di Seoul turun 0,2 persen. Di sisi lain, pembuat chip Korea Selatan SK Hynix naik lebih dari 2 persen setelah angka kuartalan yang lebih baik dari perkiraan dan ekspektasi dari saingan industri AS Micron Technology. The All Ordinaries Sydney baru saja menjatuhkan sebagian kecil. Investor sedang libur di Singapura, Indonesia dan Malaysia.

READ  “Perusahaan kopi yang permisif mengancam produksi kopi, petani, dan hutan”