BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pada bulan September

Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pada bulan September

Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Quomas Kehadiran yang diumumkan dipersilakan.

“Paus Fransiskus akan dapat merasakan langsung tumbuhnya keberagaman dan persaudaraan antaragama di masyarakat Indonesia selama kunjungannya.”

Vatikan belum mengkonfirmasi kunjungan tersebut.

Paus Fransiskus mengunjungi Indonesia setelah perjalanannya ke Asia Tenggara. Dia berencana berkunjung pada bulan Agustus Timor Timur Dan Papua Nugini. Paus juga akan berkunjung akhir tahun ini Belgium. Jika kesehatannya memungkinkan.

Kebebasan beragama di bawah tekanan

Indonesia mempunyai populasi Muslim terbesar di dunia. 87% dari 245 juta penduduknya adalah Muslim, sebagian besar Sunni. Selain itu, terdapat 10% umat Kristen, 3% di antaranya beragama Katolik dan minoritas Budha dan Hindu.

Di Indonesia, keyakinan agama seseorang dicantumkan pada KTP, meskipun kolom ini bisa saja dikosongkan selama bertahun-tahun. Kebebasan beragama dijamin secara konstitusional, namun terdapat diskriminasi terhadap banyak agama asli dan ateis. Diskriminasi yang meluas terhadap umat Kristen dan agama minoritas lainnya terjadi di provinsi Aceh, yang secara resmi menerapkan hukum Syariah.

Dalam beberapa tahun terakhir, politik Indonesia, khususnya di tingkat lokal, semakin mendapat tekanan dari kelompok Islam konservatif. Hal ini memicu kebencian terhadap orang lain, terhadap umat Kristen, namun juga terhadap Muslim non-Sunni, perempuan, agama asli dan kelompok LGBT. Terkadang hal ini berujung pada kekerasan, namun penolakan dan tekanan lebih sering terjadi. Open Doors menilai tingkat penganiayaan terhadap umat Kristen di Indonesia 'sangat tinggi'.

bukti: Katolik (Jerman) – Buka pintu (Bahasa inggris)

READ  Bank sentral Indonesia membiarkan suku bunga tidak berubah