BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mantan Jenderal Berpeluang Menjadi 'Kakek Tercinta' Indonesia |  berita RTL

Mantan Jenderal Berpeluang Menjadi 'Kakek Tercinta' Indonesia | berita RTL

Selama bertahun-tahun dia dikenal sebagai jenderal yang ditakuti. Namun berkat perubahan besar-besaran di media sosial, masyarakat Indonesia tiba-tiba jatuh cinta pada 'kakek tampan' Prabowo Subianto. Dia bahkan mungkin mendapatkan ketenaran itu besok sebagai presiden Indonesia. Kemudian pemilihan presiden negara demokrasi terbesar ketiga di dunia akan digelar.

Prabowo tampil memukau mengikuti irama OK Gas akhir pekan lalu. Ini adalah rapat partai terakhir sebelum pemilu. Saat Prabowo joget, ratusan ribu fans jadi heboh. “Dia cantik sekali,” sorak serempak sekelompok temannya di Stadion Nasional Jakarta.

Dan lakh penggemar telah berkumpul di luar. Mereka tidak bisa duduk di dalam stadion dan menonton pidato Prabowo di layar luar. Koalisi saya akan berjuang untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia, kata Prabowo. Sementara itu, para penggemar yang tak kuasa menahan panas dan penonton naik ke atas panggung. Ada politisi di atas panggung, tapi sepertinya idola pop.

Lawan-lawan Prabowo, Anis Bhasvedan dan Kanchar Pranovo, kurang dipublikasikan.

Gambar © Getty Images / Berita RTL

Popularitasnya yang luar biasa adalah hasil dari kampanye media sosial yang dipikirkan dengan matang. Fokusnya adalah pada Generasi Z dan kelompok milenial, yang merupakan lebih dari setengah dari 205 juta pemilih di Indonesia.

Tepat sasaran

Tarian khas kandidat berusia 72 tahun itu sukses besar. Video joget Prabowo mendapat ratusan ribu like dan diikuti oleh penggemar muda. Setiap detail telah dipikirkan. Misalnya, Prabowo digambarkan sebagai lelaki tua yang lemah lembut dan manis dengan sosok kartun berwarna biru muda di televisi dan baliho.

Citra tersebut menampilkan pemilih muda yang tidak tahu apa-apa tentang sejarah Prabowo. Menantu mantan diktator Suharto dan seorang jenderal yang pernah ditakuti karena dicurigai melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

READ  Ares University of Applied Sciences berbagi ilmu di Yogyakarta

Penculikan dan penghilangan

Masa lalu yang meragukan ini terjadi pada akhir tahun 1990an ketika terjadi protes sengit terhadap penindasan Suharto. Saat itu, Kopasus Prabowo sedang memimpin divisi militer. Dalam upaya meredam protes, kelompok tersebut menculik lebih dari dua lusin demonstran. Tiga belas demonstran tidak pernah terdengar kabarnya lagi.

kata Prabowo kepada saluran berita tersebut beberapa tahun lalu Al Jazeera Dia mengaku melakukan penculikan itu. Dia mengatakan tindakan itu “sah” dan dia tidak melakukan kesalahan apa pun. Penculikan tersebut membuatnya dikeluarkan dari militer, namun Prabowo tidak pernah dituntut.

Daripada ikut pemilu, dia harus diadili, kata Dimas Bagus Arya Saputra kepada RTL News di Jakarta. Dimas memperjuangkan hak asasi manusia di Indonesia bersama organisasinya Contras.

Dimas Bagus Arya Saputra memperjuangkan hak asasi manusia bersama Contras di Indonesia.Gambar © Berita RTL
Dimas Bagus Arya Saputra memperjuangkan hak asasi manusia bersama Contras di Indonesia.

Misalnya, ia masih melakukan unjuk rasa setiap hari Kamis bersama keluarga para pengunjuk rasa yang hilang untuk menuntut keadilan. “Fakta bahwa Prabowo tidak dimintai pertanggungjawaban menunjukkan bahwa negara kita memiliki toleransi yang tinggi terhadap pelanggaran hak asasi manusia. Pada saat yang sama, pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi seluruh warga negara.”

Dimas, seperti organisasi hak asasi manusia lainnya, khawatir Prabowo tidak akan menganggap serius hak asasi manusia seperti yang dilakukan presiden. Ada satu akhir pekan lalu Pertemuan Berfokus pada kebebasan pers.

Dua calon presiden lainnya, Anis dan Kanjar, menandatangani pernyataan membela kebebasan pers dan demokrasi, sedangkan Prabowo tidak hadir.

Sebuah putaran bisa dimenangkan

Para pemilih tidak terlalu peduli dengan masa lalunya yang kontroversial. Dia cukup memimpin jajak pendapat untuk memenangkan pemilihan presiden dengan satu putaran. Hal ini antara lain berkat dukungan dari Presiden Joko Widodo saat ini, kata Edward Gani Suryahudaya. Dia adalah seorang peneliti CSISPusat Studi Strategis dan Internasional.

READ  Gempa berkekuatan sedang dengan kekuatan 4.3 23 km barat laut Jayapura, Indonesia / letusan gunung berapi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan di bawah kepemimpinan Joko Widodo. Ini sangat populer di Indonesia. Misalnya, 70 persen masyarakat menyatakan mendukung kebijakan presiden. “Jokowi ingin mempertahankan kekuasaannya bahkan setelah dia menjadi presiden,” kata Suryahudaya.

Kronisme

Hal ini dilakukannya melalui putranya Gibran Rakabuming Raqqa. Dia kini menjadi calon wakil presiden Prabowo. Mengejutkan karena di usia 36 tahun, Gibran masih terlalu muda untuk menjadi wakil presiden. Untuk mewujudkan hal tersebut, Mahkamah Konstitusi memutuskan Pengecualian Untuk mempersiapkan, persiapan.

Profil Utama: Ketua Pengadilan adalah saudara ipar Joko Widodo. Kritikus menyebutnya kronisme. Widodo menjanjikan akhir ketika dia menjabat. Tapi dia lolos. Karena popularitasnya, kata Suryahudaya. “Politik Indonesia sering kali didorong oleh kepribadian, bukan visi atau ideologi.”

Salah satu dari ratusan ribu penggemar di rapat umum partai terakhir Prabowo sebelum pemilu.Gambar © Berita RTL
Salah satu dari ratusan ribu penggemar di rapat umum partai terakhir Prabowo sebelum pemilu.

Namun Indonesia menghadapi tantangan yang signifikan: mulai dari inflasi yang tinggi dan dampak perubahan iklim hingga penggunaan bahan baku yang lebih baik. Misalnya, negara ini mempunyai cadangan nikel yang sangat besar, yang merupakan bahan mentah yang diperlukan untuk baterai yang dapat diisi ulang dan penting dalam konversi energi. Menurut Dimas, topik-topik itu tidak lagi memegang peranan penting saat ini.

“Sayangnya, pengetahuan politik sebagian besar masyarakat Indonesia masih minim,” keluh Dimas. Akibatnya, masyarakat beranggapan bahwa seorang calon terkenal karena senyum dan tariannya. Pada saat yang sama, kita juga harus melihat apa yang dilakukannya di bidang korupsi, kejahatan lingkungan hidup, dan lain-lain. hak asasi Manusia.”

Mereka membuat janji

Namun pertemuan partai terbaru Prabowo adalah tentang betapa dermawannya dia. Jadi dia membuat janji-janji besar seperti jutaan lapangan kerja baru di platform tersebut. Di luar, pekerja kampanyenya membagikan chaat, mie, telur, dan air dalam jerigen gratis.

READ  Awan umum tumbuh lebih dari 40 persen

“Aku akan membawa pulang air suci ini,” seru seorang penggemar lanjut usia. Seorang pendukung yang sedikit lebih muda mengatakan bahwa dia semakin mencintai Prabowo. “Berkat dia, kami tidak kekurangan apa pun,” katanya sambil berjalan pergi dengan jeriken di lehernya.