BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

PC World membuat AMD Radeon RX 6700 XT bekerja di PC RISC-V – Komputer – Berita

Ilmuwan komputer René Rebe telah memperoleh kartu video AMD Radeon RX 6700 XT yang berjalan pada PC HiFive Unmatched-RISC-V HiFive. Sebelum itu, dia mengatakan dia menghabiskan sepuluh jam untuk men-debug kernel Linux.

Dengan tambalan ini, Rebe dapat menambahkan dukungan untuk kartu video desktop AMD dan driver Mesa Gallium 21.1.5 ke kernel Linux, seperti yang dijelaskan di video Youtube. Dengan ini, ia dapat menjalankan AMD Radeon RX 6700 XT melalui slot PCIe 3.0 di papan pengembangan HiFive Unmatched, yang memiliki delapan jalur PCIe 3.0 yang dapat digunakan.

René Rebe tidak hanya menggunakan AMD Radeon RX 6700 XT untuk mulai menginstal Linux dengan antarmuka grafis. Ilmuwan komputer juga menggunakan GPU untuk merender gambar 3D yang dipercepat perangkat keras dan mendekode video. Ini akan menjadi pertama kalinya GPU desktop terintegrasi dengan sistem RISC-V. Rebe tidak bisa menggunakan GPU untuk bermain game.

Papan pengembangan SiFive HiFive Unmatched, menurut penciptanya, adalah “komputer RISC-V pertama”. Sistem ini mencakup motherboard Mini-ITX dengan soc Freedom U740, yang menampilkan empat inti SiFive U74 dan satu inti SiFive S7. Sistem ini juga memiliki memori DDR4 16GB, konektor PCIe 3.0, dan dua koneksi M.2, yang masing-masing digunakan untuk modul SSD dan modul WiFi. Selanjutnya, papan pengembangan berisi empat koneksi USB 3.2 Gen 1, konektor Ethernet RJ45 Gigabit, dan pembaca kartu microSD.

Sistem ini mendukung distribusi Linux seperti Debian, Fedora, dan Yocto dan memiliki harga eceran yang disarankan sebesar $665. SiFive memperkenalkan papan pengembangan HiFive yang tak tertandingi Pada bulan Oktober tahun lalu dan dikirim akhir Juni Sistem pertama untuk pengguna. Sistem ini dirilis sebagai platform yang ditingkatkan. Dengan demikian, produk ini tidak ditujukan untuk penggunaan desktop konsumen biasa.

READ  Tidak ada yang akan merilis earbud nirkabel Ear 1 pada bulan Juni - gambar dan suara - berita