BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pelajar Sam (23) dari Saxon berkeliling dunia sebagai juru bicara BMX dan sepeda gunung: “Saya menyukai olahraga ekstrem,…

Pelajar Sam (23) dari Saxon berkeliling dunia sebagai juru bicara BMX dan sepeda gunung: “Saya menyukai olahraga ekstrem,…

Sam mengendarai sepeda dari usia dua belas hingga tujuh belas tahun dan bahkan menjadi Juara BMX Drenthe. Dia berhenti di puncaknya. “Saya pikir olahraga ekstrem itu bagus, tapi pemberitaannya bisa lebih baik.”

Pada tahun 2021, ia menerima baptisan api sebagai pembicara. Dia diminta untuk mengambil alih pekerjaan dari rekannya: Kejuaraan BMX Eropa di Graz, Austria. Itu berjalan dengan sangat baik sehingga sejak itu suaranya menjadi bagian tak terpisahkan dari kompetisi sepeda gunung dan BMX besar di kota.

Piala Dunia kedua di Indonesia

Sam melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk menyiarkan pertandingan ini secara langsung. Sebelumnya beliau pernah berbicara di beberapa negara Eropa, namun juga pernah mengunjungi tempat-tempat seperti India, Abu Dhabi dan india. Kurang dari dua minggu yang lalu, ia berbicara, seperti tahun lalu, di Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung di kota Palangkaraya, Indonesia. Ia terbang naik turun “sebentar” untuk acara global pada Minggu, 12 November. Biasakan terbang, kata Sam. “Sedikit jet lag di sana-sini, tapi Anda harus menjadikannya milik Anda.”

Kebakaran hutan

Dia merencanakan perjalanan bisnis di sela-sela studinya, tetapi hal ini tidak selalu berjalan baik. Dia menambahkan: “Piala Dunia sebenarnya seharusnya diadakan empat minggu lalu, tapi itu tidak terjadi. Kabut asap di udara menyebabkan kebakaran hutan di daerah itu. Tanggal baru untuk Kejuaraan Dunia ditetapkan pada minggu ujian.” Anda hanya perlu menyesuaikan jadwal Anda saja. Dimana ada kemauan disitu ada jalan.”

Baca selengkapnya di bawah gambar.

Sam di Indonesia

Foto: Sam Dobbin

Sepeda gunung kota

Sam tidak mau ketinggalan Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung. “Alamat ini adalah kerja keras. Pemenangnya mendapatkan medali emas dan kaos pelangi. Mereka adalah profesional sejati: pengendara sepeda gunung terbaik di dunia yang berasal dari 57 negara. Kejuaraan Dunia di Palangkaraya bukanlah event standar bersepeda gunung. Sebuah stadion balap sepeda didirikan di pusat kota. “Mereka mengendarai sepeda di aspal, melewati tanjakan dan rintangan, serta melewati tikungan Red Bull.”

READ  Informatie over Matthias Kass, Simone Biles en dwergkatten: een overzicht van de vierde dag van de Olympische Spelen - andere sporten

Laporan langsung

Sebagai pembicara, Sam harus menjaga gambaran lomba eliminasi dan melapor secara langsung. Hal ini diyakini masih sangat sulit dilakukan dengan bersepeda gunung di kota. “Saya mulai melaporkan tentang kompetisi BMX, dan jalurnya sangat jelas. Namun tidak demikian halnya dengan balapan sepeda gunung jenis ini. Anda akan kehilangan pengendara ketika mereka melewati tikungan,” jelasnya. “Jika layarnya sedikit detik di belakang “Sulit untuk melaporkan secara langsung.”

Suasana yang menyenangkan

Namun, Sam pandai dalam apa yang dia lakukan. Berbicara hampir menjadi kebiasaannya. “Saya beruntung karena suara saya tidak pernah mengecewakan saya, dan saya dapat dengan mudah melanjutkannya selama beberapa hari. Saya adalah orang yang banyak bicara, dan itu bagus. Meski terkadang pekerjaannya cukup intens.

Namun meski begitu, hal itu memberi Sam banyak energi. “Aku peka terhadap suasana penonton. Aku pikir banyak MC lainnya (pembawa acara) kami menyadari hal itu. “Kalau suasananya bagus dan penonton merespon dengan antusias, itu membuat saya senang.”

Baca selengkapnya di bawah gambar.

20231124_Sam Doppen di Indonesia dengan pembicara lokal

Sam Dobbin bersama rekannya: “Pembicara Lokal”

Foto: Sam Dobbin

Mimpi masa depan

Yang juga membuat Sam bahagia adalah fantasinya tentang mimpinya suatu hari nanti menjadi pembicara di Olimpiade. Ini akan diadakan di Paris tahun depan, tetapi saat ini belum ada rencana untuk siswa tersebut. “Jika itu yang kuinginkan, aku tidak perlu berpikir panjang untuk mendapatkan jawabannya. Entah aku masih bersekolah atau tidak, aku akan mengambil cuti satu tahun untuk itu.” “Dunia ini terlalu besar dan terlalu indah untuk Anda tinggal sendirian di Belanda,” katanya tanpa ragu-ragu.

Olahraga berkuda

Namun, ada rencana lain untuk masa depan. Pemain berusia 23 tahun ini akan bertaruh pada banyak kuda, hampir secara harfiah. Dari kuda baja berubah menjadi daging dan darah. Acara pertamanya sebagai pembicara pada acara berkuda di Mechelen akan diadakan pada tanggal 30 Desember, sebuah kompetisi lompat tinggi. “Saya suka mengorientasikan diri saya secara lebih luas: Saya terbuka terhadap segala hal dan saya ingin memanfaatkannya semaksimal mungkin.”

READ  Permintaan maaf atas kekejaman di Indonesia 'terlalu sedikit, terlalu terlambat'
Video dari pembicara Sam Doppen BMX

Baca juga

Pembicara BMX ini baru berusia 21 tahun, namun ia sudah berada di level teratas