BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemerintah Jerman mengambil tindakan terhadap Jill Letzte Kelompok iklim macam apa ini?

Pemerintah Jerman mengambil tindakan terhadap Jill Letzte Kelompok iklim macam apa ini?

Berita NOS

  • Joey Francuizen

    kantor Berlin

  • Joey Francuizen

    kantor Berlin

Ketika aktivis iklim di Belanda secara sporadis memblokir jalan, ini adalah kejadian sehari-hari di Jerman. Kelompok kerja Letzte Generation bertanggung jawab untuk ini. Aktivis iklim telah meningkatkan jumlah barikade dalam sebulan terakhir.

Selama berbulan-bulan, perdebatan telah berlangsung tentang apakah kelompok aksi harus diklasifikasikan sebagai organisasi kriminal. Generasi Letzte melihat demokrasi parlementer tidak cocok untuk mengatasi krisis iklim dan menjunjung tinggi pembangkangan sipil.

Pagi ini, polisi menggerebek lima belas rumah aktivis iklim. Tidak ada penangkapan yang dilakukan. Polisi sedang mencari orang-orang berusia antara 22 dan 38 tahun yang diduga mengumpulkan uang untuk mendanai kejahatan. Dia juga diduga melakukan sabotase pipa minyak pada April tahun lalu. Situs web kelompok kerja telah diturunkan oleh polisi.

Max Wallstein, petugas pers Generasi Letzte, mengatakan semua anggota sangat terkejut dengan penggerebekan polisi. Wallstein: “Kami melakukan semua pekerjaan kami secara transparan dan damai. Kami adalah penjahat sekarang, tetapi bahaya sebenarnya ada pada orang-orang yang masih belum berbuat cukup untuk melawan perubahan iklim.”

Menanggapi penggerebekan tersebut, Gil Letzte mengumumkan beberapa pawai protes. Di saluran Twitter mereka, para aktivis iklim bertanya kapan pemerintah akan menyita uang fosil.

Hentikan lalu lintas di Berlin

Penggerebekan terjadi sebulan setelah Generasi Letzte mengumumkan akan secara dramatis meningkatkan jumlah aksi di Berlin. Mereka secara teratur menutup lebih dari sepuluh cara sehari. Slogan: Kami ingin menghentikan lalu lintas di Berlin untuk memindahkan pemerintah.

Tidak diketahui secara pasti berapa jumlah anggota generasi Letzte. Kelompok yang sama mengatakan sekitar 1.200 aktivis terlibat aktif dalam aksi tersebut.

Generasi Letzte tidak jarang

Sebuah survei menunjukkan bahwa generasi Letzte tidak populer. Tiga perempat orang Jerman tidak mendukung tindakan mereka. Hanya lima persen yang sepenuhnya mendukung tindakan mereka.

Menurut sosiolog Dieter Rucht, yang mempelajari gerakan sosial dan protes politik, hal ini disebabkan oleh cara kerja gerakan tersebut. Rucht: “Sebagian besar orang Jerman mendukung kebijakan iklim yang lebih keras, tetapi dengan sengaja melanggar hukum tidak diterima dengan baik. Selain itu, orang Jerman khawatir tindakan ini akan mengalihkan perhatian dari masalah perlindungan iklim.”

Tidak ada bedanya bagi mereka, kata Raphael Thelin, aktivis iklim penuh waktu di Letzte Generation. “Konstitusi mengatakan pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi iklim. Kami ingin memaksa pemerintah untuk mematuhi. Orang bisa tidak setuju dengan langkah-langkah, tapi mayoritas tidak diperlukan.” Sebelum Thelen mengabdikan dirinya sepenuhnya pada aktivisme iklim, dia adalah seorang jurnalis iklim untuk berbagai majalah, termasuk der Spiegel dan die Zeit.

Pergerakan cuaca yang bagus

Menurut Rocht, bukanlah suatu kebetulan jika gerakan ini khususnya berasal dari Jerman. Rucht: “Salah satu alasannya adalah karena gerakan iklim di Jerman begitu besar sejak lama. Banyak gerakan iklim mendahului Generasi Letzte. Gerakan anti-nuklir memainkan peran penting dalam menghapus tenaga nuklir secara bertahap dan juga dengan sengaja melanggar hukum untuk mencapai Alasan lainnya adalah industri Jerman mengeluarkan banyak zat berbahaya.

Sosiolog Rucht merasa sulit untuk mengatakan apakah tindakan Generasi Letzte benar-benar dapat membawa perubahan. “Banyak orang di Jerman mendukung perlindungan iklim, dan ada juga banyak gerakan iklim selain generasi Lietzte,” kata Rocht. “Selain itu, ada partai politik besar di pemerintahan yang menginginkan kebijakan iklim yang lebih keras. Perubahan tidak hanya datang dari kelompok kecil seperti generasi Letzte, tetapi dari berbagai faktor.”

READ  Kapal Belanda yang tenggelam di Afrika Selatan pada tahun 1970 hampir pasti akan ditemukan