BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Hongaria harus memulai dari awal jika Rusia memutus saluran listrik.”

“Hongaria harus memulai dari awal jika Rusia memutus saluran listrik.”

internasional5 Mei 24 pukul 17:42pengarang: Lulus ini

Menjelang akhir Perang Dingin, Viktor Orbán muncul sebagai politisi ambisius dari sudut liberal. Pria berusia enam puluh tahun yang kini “agak gemuk” ini telah menjadi kepala “negara tawanan” selama empat belas tahun – sebuah negara sandera dengan tontonan media yang tersandera, kata koresponden NOS Eropa, Tegen Sadi, dan lainnya. “Citra yang saya miliki, biar saya katakan secara netral, adalah seorang politisi yang sangat terampil.”

“Hongaria harus memulai dari awal jika Rusia memutus saluran listrik.”

Tidak peduli seberapa besar tekanan yang diberikan para pemimpin Eropa kepadanya, Orban mampu mempertahankan statusnya sebagai orang luar di Uni Eropa. Dia melakukan ini, antara lain, dengan sikap yang sangat pragmatis terhadap Rusia pimpinan Vladimir Putin. Secara ideologis, hubungan ini terbatas pada kekaguman Orban terhadap pemimpin yang kuat, namun hubungan perdagangan dengan Rusia berkaitan dengan ketergantungan energi yang besar, kata Sadi. “Dia harus berlayar, dan ketika Brussels berbicara kepadanya dengan tegas tentang hal itu, dia pada dasarnya menertawakannya.”

“Rata-rata warga Hongaria memahami situasi saat ini dan memahami bagaimana Orbán menghadapinya.”

Tegen Sadie, reporter

Baca juga | Rusia sedang mempersiapkan perang skala penuh dengan NATO

Karena merupakan sebuah ilusi, terutama bagi Hongaria, untuk berdiri tegak saat ini dalam hal pasokan energi. Negara ini belum melakukan investasi apa pun dalam diversifikasi energi sejak runtuhnya tembok pada tahun 1989. Bahkan untuk satu-satunya pembangkit listrik tenaga nuklirnya, negara ini sepenuhnya bergantung pada Moskow. Sadie menegaskan, hal ini tentu bukan salah Orban saja. “Bahkan pada tahun-tahun sebelumnya, Partai Sosial Demokrat dan Liberal tidak melakukan investasi apa pun dalam bauran energi.”

Hubungan energi dengan Rusia

Faktanya, hubungan “hangat” dengan Rusia tidak pernah menjadi bahan diskusi internal. Brussel bisa melompat tinggi dan rendah, dan Hongaria pasti bisa dari nol Ini harus dimulai jika saluran listrik dengan Rusia diputus sekarang. “Rata-rata warga Hongaria memahami situasi saat ini dan memahami bagaimana Orbán menghadapinya.” Oposisinya kecil dan terlalu lemah untuk menyerang presiden. “Beginilah cara Orban memenangkan pemilu setiap saat.”

Baca juga | Perlawanan baru dari Orban adalah pesan kepada para pendukung dan teman Putin

Terakhir kali Orban memenangkan pemilu, ia berhasil memenangkan beberapa suara tambahan dengan menjanjikan harga energi yang rendah kepada rakyat Hongaria tak lama setelah invasi Rusia ke Ukraina. Itu sangat melegakan. Dan kemudian rata-rata orang Hongaria dengan cepat melupakan bagaimana hal itu terjadi. Hal ini juga menunjukkan betapa mudahnya Perdana Menteri melepaskan sikap ambivalennya terhadap Putin. Dia menjanjikan strategi perdamaian kepada Hongaria. Sebab menurutnya, strategi perang Barat tidak mengarah pada apa pun.

READ  Rencana untuk menyerang negara anggota NATO 'hanya omong kosong'