BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemilu Hongaria: Semua partai lain berkolusi melawan Perdana Menteri Orban

Sesuatu yang lebih baik dari Urban. Partai oposisi Hongaria memulai strategi ini setelah kekalahan keempat berturut-turut melawan Fidesz, yang dipimpin oleh Viktor Orban. Fidesz telah berkuasa terus menerus sejak 2010. Paling tidak karena partai tersebut membuat beberapa perubahan konstitusional setelah kemenangan pertamanya. Jumlah kursi yang dialokasikan menjadi lebih kecil, dan kemenangan menjadi sedikit lebih luas.

Dengan konstitusi ini, misalnya, mencegah media kritis mencapai Parlemen dan mempersulit kampanye pemilu, karena media harus “objektif”. Undang-undang baru juga diberlakukan, setelah itu segera ditetapkan bahwa, jika undang-undang ini ingin diubah, pertama-tama harus ada dua pertiga mayoritas yang mendukung mereka. Yang terakhir dengan demikian hanya mungkin jika Urban menyetujuinya.

1 blok melawan Urban

Karena kerugian besar yang terus berlanjut dari partai-partai oposisi, mereka membuat rencana pertempuran yang unik tahun lalu. Bukannya bersaing memperebutkan beberapa kursi, enam partai oposisi bersatu untuk pertama kalinya dalam sejarah. Karena hanya dengan cara ini Perdana Menteri Orban dapat dikalahkan.

Tapi itu berarti bahwa sayap kiri Hijau harus bekerja sama dengan mantan Jobbik sayap kanan (hanya sayap kanan sekarang). Sebuah rencana yang sepertinya ditakdirkan untuk gagal, jika menyangkut pendapat. Tetapi satu-satunya poin penting adalah kepergian Urban yang diperlukan, kata mereka.

Orang yang harus melakukan ini untuk oposisi adalah Peter Markie G. Ini sama mengejutkannya dengan seluruh rencana pertempuran oposisi. Sebagai walikota sebuah kota provinsi, tidak ada yang benar-benar mengenalnya. Hanya di kota kecil itu, Hódmezovásárhely, dia terkenal sebagai ekonom Katolik konservatif dengan tujuh anak. “Ini mungkin mengapa begitu banyak orang Hungaria memilih dia di pemilihan pendahuluan,” kata pakar Hungaria, Hope Bellmakers.

READ  Seniman bunga Belanda kepada Paus: Bunga adalah milikmu

Pemimpin oposisi tidak dikenal

“Dia tetap sangat pintar tidak memihak pada isu-isu kiri-liberal. Dia memiliki pandangannya sendiri tentang mereka, tetapi dia merasa bahwa negara tidak boleh terlalu banyak ikut campur dalam masalah seperti itu.” Márki-Zay menerima dukungan dari mantan partai Jobbik anti-Semit sayap kanan, yang masih memiliki banyak pengikut di Hungaria. “Banyak orang juga memilih secara taktis. Banyak politisi sayap kiri yang telah ada untuk sementara waktu tidak dipercaya oleh banyak orang Hongaria. Marky Z solid, ada beberapa hal buruk tentang dia dan dia sebenarnya sangat konservatif, seperti Orbán .”

Rencana oposisi dan kepemimpinan Markie Zee telah memimpin partai-partai oposisi yang sebelumnya bermusuhan untuk membentuk blok yang stabil selama beberapa bulan sekarang. “Slogan kampanye itu sebenarnya: Kita harus menyingkirkan Urban. Itu satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Itu sebabnya mereka memutuskan untuk tidak membicarakan perbedaan mereka,” kata Bilmakers.

Kampanye yang tidak mungkin

Marky Z juga tidak mendapat kesempatan untuk membicarakan posisi partai. Hampir tidak mungkin untuk berkampanye di Hongaria. Urban hampir tidak memberi Marky Z. waktu tayang di televisi negaranya. “Partai Fidesz menguasai hampir seluruh media Hongaria. Televisi pemerintah, tetapi juga surat kabar regional kecil. Bahkan surat kabar olahraga lokal.” Artinya Markie Z. jarang berbicara. “Mereka juga tidak bisa membeli iklan. Jadi oposisi diperintahkan untuk berkampanye di media sosial dan menyebarkan selebaran di jalan.”

Di media Hongaria yang didominasi oleh Fides, partai politik tidak pernah berdebat – hanya ada pidato. Pidato-pidato ini diberikan hampir secara eksklusif oleh Orbán, atau kadang-kadang oleh anggota terkemuka Fidesz lainnya. Terakhir kali Orban berpartisipasi dalam debat adalah pada 2006, sebelum kalah dalam pemilihan tahun itu.

READ  Kemenangan besar untuk SPD di Saarland, melawan konservatif Jerman | Luar negeri

5 menit waktu bicara

Dua minggu lalu, dua minggu sebelum pemilihan, Mark Zay akhirnya diizinkan berbicara di televisi pemerintah. “Terima kasih banyak atas kesempatan ini kepada oposisi untuk berbicara selama lima menit dalam empat tahun,” dia memulai dengan ejekan. Kemudian dia mencoba meyakinkan pemilih bahwa pemerintah Orbán korup, bahwa pemerintah telah salah menangani krisis Corona dan menerapkan kebijakan anti-Eropa. Marky Z. juga mencoba mengungkap kebohongan pemerintah Orban sebanyak mungkin.

Karena di tempat di mana Márki-Zay tidak memiliki peluang untuk membuat kampanye visual yang besar, Fidesz melakukannya. Di televisi pemerintah, klip diulang sebagai hiburan komedi di mana anggota oposisi Girgili Karaxone, walikota sayap kiri Budapest, berbicara bahasa Inggris dengan sangat buruk. Ada papan reklame di seluruh negeri yang menggambarkan Markie Z. sebagai teman politisi korup. Orban menakut-nakuti warga negaranya dengan mengatakan oposisi ingin berperang dengan Hongaria.

Tergantung pada Rusia

Karena meskipun Hungaria di Uni Eropa memberikan suara pada sanksi terhadap Rusia, negara itu juga sangat bergantung pada Putin. “Mereka 100 persen bergantung pada gas Rusia. Ini adalah argumen yang sah bagi Orban untuk lebih netral terhadap Rusia.” Ini tidak berarti bahwa Orban mendukung perang di Ukraina. Dia berbicara menentang perang, tetapi tidak fanatik seperti yang diinginkan UE dan Zelensky.”

Ini telah menjadi poin penting dalam kampanye Urban: kiri menginginkan perang, kami menginginkan perdamaian. Dan ya, meskipun oposisi dipimpin oleh seorang Katolik konservatif yang secara pribadi menentang aborsi dan perceraian, Orbán selalu menggambarkan oposisi sebagai sayap kiri.

Menang atau terkejut?

Bellemakers juga berasumsi bahwa Orbán akan memenangkan pemilihan tanpa banyak kesulitan. “Masih banyak orang Hongaria yang mendukung ide-ide konservatif Orbán. Selain itu, ini adalah sistem yang sangat korup. Setiap jalan yang dibangun adalah milik seseorang dari lingkungan Orbán. Dia adalah pria karismatik, yang juga dapat berbicara dengan luar biasa.” Tapi mayoritas dua pertiga, seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak akan mungkin baginya.”Dan siapa tahu, kita mungkin akan mendapat kejutan.”

READ  Polisi Spanyol menangkap mantan tukang pos setelah menemukan 20.000 surat