BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemimpin DUP berjanji untuk mengakhiri boikot setelah dua tahun

Pemimpin DUP berjanji untuk mengakhiri boikot setelah dua tahun

Pemimpin DUP Geoffrey Donaldsonfoto AP

Di Irlandia Utara, sudah menjadi rahasia umum bahwa dua partai terbesar bekerja sama dalam pemerintahan. DUP meninggalkan pemerintahan pada Februari 2022. Partai pro-Irlandia Sinn Féin memenangkan pemilu berikutnya, tetapi menurut Perjanjian Jumat Agung, partai tersebut tidak dapat memerintah tanpa DUP.

Partai Unionis Demokratik terus melakukan penolakan hingga tadi malam, karena partai tersebut tidak puas dengan kesepakatan yang dibuat London dengan Uni Eropa mengenai status Irlandia Utara setelah Inggris keluar dari Uni Eropa. Menurut partai tersebut, peraturan perdagangan baru menciptakan hambatan dengan wilayah Inggris lainnya dan melemahkan posisi Irlandia Utara di dalamnya.

Jam pengarahan

“Saya dengan senang hati melaporkan bahwa pimpinan partai telah mendukung proposal yang saya ajukan kepada mereka,” kata Donaldson pada konferensi pers Selasa pagi setelah pengarahan selama berjam-jam kepada anggota parlemen DUP dan anggota partai. “Asalkan perjanjian antara DUP dan pemerintah Inggris benar-benar diterapkan, paket tindakan tersebut akan memberikan dasar yang baik bagi partai kami untuk kembali ke pemerintahan.”

Donaldson mengatakan dia akan mengungkapkan lebih detail tentang keputusannya nanti. Pemimpin Sinn Fein Mary Lou McDonald mengatakan dia berharap Irlandia Utara akan memiliki pemerintahan lagi hanya dalam waktu seminggu.

READ  Warga sipil dievakuasi dari pabrik Azovstal yang terkepung di Mariupol