BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penambang Nikel Vale Indonesia Menandatangani Perjanjian HPAL dengan China Huayou

Penambang Nikel Vale Indonesia Menandatangani Perjanjian HPAL dengan China Huayou

Berdasarkan perjanjian tersebut, Vale dan Huayu berencana untuk membangun pabrik HPAL senilai $1,8 miliar di Suruwako, Sulawesi Selatan, untuk memproduksi 60.000 ton nikel dalam hidroksida campuran (MHP), kata CEO Vibriani.

Vale juga menandatangani kesepakatan dengan Huayou pada April untuk mengembangkan pabrik HPAL di Pomala, Sulawesi Tenggara, untuk memproduksi 120.000 ton PLTMH. Produsen mobil Amerika Ford Motor Co. Dia kemudian bergabung dengan kemitraan untuk pabrik ini.

Serupa dengan perjanjian Pomala, Huayou akan membangun pabrik di Suruwako, dengan Vale mempertahankan hak untuk membeli saham di pabrik tersebut, tambah Chief Financial Officer Bernardos Ermanto.

Fabriani mengatakan keputusan investasi akhir (FID) diharapkan untuk pabrik Bumala pada akhir tahun ini dan keputusan FID untuk Surwako tahun depan.

Dia mengatakan akan memakan waktu paling lama tiga tahun untuk membangun setiap pabrik.

“Ini merupakan proyek strategis bagi Vale yang akan memproduksi PLTMH, bahan yang digunakan untuk baterai kendaraan listrik,” tambah Vibriani.

Indonesia ingin menggunakan cadangan nikelnya yang kaya untuk menarik investasi dalam pengolahan mineral, produksi bahan baterai untuk mobil listrik, dan akhirnya membangun kendaraan listrik di dalam negeri.

Pemerintah telah melarang ekspor bijih nikel mentah untuk memastikan pasokan yang memadai bagi investor, termasuk perusahaan metalurgi besar dari China, serta perusahaan Korea Selatan seperti LG Energy Solution dan Hyundai Motor.

Pekan lalu, Vale juga menandatangani kesepakatan senilai $2,1 miliar dengan Shandong Xinhai Technology China dan unit China Baowu Steel Group untuk membangun kilang produksi feronikel.

Penawaran kilang nikel terbaru dari Vale:

Situs yang direncanakan mitra investasi yang diharapkan

Kemampuan pencapaian

Bahodupi 2,1 miliar dolar Shandong Xinhai 73.000 2025

READ  Lebih sedikit air daripada satu liter bir

Central Technology Co. Ton

Sulawesi Co., Ltd., Taiyuan 80000

Ton besi dan baja

Ltd. (Satu unit nikel dalam

Dari Cina Baowu feronikel

kelompok baja)

Pumala $4,5 miliar Zhejiang Huayou 120,000 2025

Tambang tenggara, kobalt, dan ford ton

Perusahaan Penyulingan Nikel Otomotif Sulawesi

dan campuran lainnya

hidroksida terkonjugasi

jatuh

(PLTMH)

Suruwako $1,8 miliar Zhejiang Huayou 60.000 2026

ton kobalt selatan

nikel di Sulawesi

PLTMH