BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

PENAWARAN PAGI – Mengembalikan dolar

Pandangan Jamie McGyver tentang pasar Asia. Dolar kembali.

Dolar mencatat kenaikan harian kedua berturut-turut sekitar 1% pada hari Kamis, membawa kenaikan year-to-date menjadi 17%. Ini akan menjadi peningkatan tahunan terbesar sejak era nilai tukar mengambang dimulai setengah abad yang lalu.

Ini tidak menyenangkan bagi pendapatan perusahaan AS, kondisi keuangan global, dan bank sentral di seluruh dunia yang berjuang untuk mencegah nilai tukar yang rendah secara historis agar tidak melemah lebih lanjut.

Beberapa mata uang Asia menikmati istirahat selama seminggu terakhir karena reli dolar AS memperoleh momentum, meskipun rupee India mencapai rekor terendah pada hari Kamis dan yen Jepang menuju ke level terendah 24 tahun di New York di sekitar 145 per dolar. Daerah intervensi? kau pikir begitu.

Tekanan ini akan mendominasi sesi Jumat dan berkontribusi pada akhir pekan yang lebih bergejolak.

Kebangkitan dolar juga merupakan latar belakang yang tepat untuk rilis China dan Jepang – cadangan devisa terbesar di dunia sebesar $ 4,3 triliun, sekitar sepertiga dari total global – rilis data cadangan untuk bulan September.

Ini akan diperiksa dengan cermat untuk melihat berapa banyak yang dihabiskan pada bulan itu untuk intervensi valuta asing formal atau informal.

Saham Asia kemungkinan akan dibuka lebih rendah pada hari Jumat, mengikuti slip merah di Wall Street pada hari Kamis. Dampak dolar pada ekuitas AS dan global tidak dapat diremehkan – sekitar sepertiga dari pendapatan perusahaan S&P 500 berasal dari luar negeri.

Morgan Stanley memperkirakan dolar akan memberikan hambatan sebesar 10% terhadap pendapatan AS tahun ini, dan Citi memperkirakan dampak dolar akan memiliki dampak terbesar pada discretionary retail, sektor yang menurut S&P Global akan segera menjadi yang paling berisiko di Wall Street.

READ  'Pengungsi Afghanistan akan mengganggu ketertiban dunia'

Perkembangan penting yang dapat memberikan arah lebih pada pasar pada hari Jumat:

Rekening Koran Korea Selatan (Agustus)

Pengeluaran Rumah Tangga Jepang (Agustus)

Cadangan Valas Jepang (September)

Cadangan Valas China (September)

Cadangan Devisa Indonesia (September)

Penilaian Stabilitas Keuangan Australia (RBA)

Nonfarm Payrolls AS (September)

Williams, Bostich, dan Kishkari dari The Fed berbicara