BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kolom Pembaca: Budaya Al Jazeera | Metronieuws.nl

Raspberry hitam

4 Oktober 2022Dan

Sebuah teori ekonomi populer adalah bahwa apa yang dilakukan orang untuk kepentingan pribadi seringkali bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Karena Anda mencoba membeli semuanya semurah mungkin (gadis tua), perusahaan berusaha memproduksi semuanya seefisien mungkin, tanpa membuang bahan baku.

Sering dianggap bahwa ini juga berhasil di dalam organisasi. Apa yang baik untuk satu departemen baik untuk seluruh organisasi. Sayangnya, ini berbeda dalam praktiknya, dan ini menciptakan budaya pulau.

Contoh: Majikan juga melakukan penelitian dan pendidikan yang membutuhkan MacBook. Departemen TI tidak ingin memelihara banyak sistem operasi, jadi semua orang punya MacBook. Ini baik untuk departemen TI, tetapi buruk bagi organisasi secara keseluruhan. Banyak orang menggunakan MacBook mahal hanya untuk masuk ke lingkungan kerja virtual. Ini juga dimungkinkan pada laptop Windows sederhana, yang 5 kali lebih murah (!).

MacBook juga dapat dihubungkan ke periferal hanya melalui lampiran eksternal. Ini dipesan melalui AliExpress dan menjadi sangat panas. Anda dapat membuat teh selama jam kerja dengan menempatkan secangkir air dingin dan kantong teh di sisipan. Dijual di AliExpress dalam Kategori hub USB Dan piring panggangan seluler.

kue lengket

Contoh lain: Saya tahu sebuah perusahaan katering di mana katering kantor pusat berada di bawah Departemen Keuangan. Jadi harus semurah mungkin. Lebih dari sandwich panekuk atau salad suam-suam kuku tidak tersedia. Ini baik untuk departemen keuangan, tetapi buruk bagi organisasi secara keseluruhan. Departemen penjualan sekarang tidak dapat makan siang dengan calon pelanggan di kantor pusat dan harus pergi ke pesaing atau membawa bekal makan siang.

Contoh lain? Saya pernah bekerja untuk sebuah perusahaan IT yang sedang mengalami masalah keuangan. Jadi telah disepakati di tingkat perusahaan bahwa tidak ada makan malam administratif yang diperbolehkan untuk jangka waktu tertentu. Penjaga Gerbang adalah departemen penggajian, yang harus berhenti mengiklankan makanan. Kemudian ada manajer departemen yang mengeluh kepada CFO tentang klaim yang ditolak. “setuju untuk tidak setujuCFO kemudian berkata (dalam bahasa Inggris: I don’t have a backbone) dan iklan tetap harus lolos. Ini baik untuk departemen ini, tetapi buruk bagi organisasi secara keseluruhan. Departemen penggajian sekarang tidak memiliki alasan untuk menolak iklan makanan departemen. Pada akhirnya, pemotongan harus dilakukan dan seluruh perusahaan tidak menerima paket Natal, bahkan departemen yang mematuhi perjanjian itu pun tidak.

READ  Kehadiran Putin di Indonesia di G20 masih belum pasti

Contoh yang bagus, tetapi apakah ada solusi? Ummm, bagaimana dengan menunjuk CEO India. Indonesia terdiri dari kurang lebih 15.000 pulau (aneh kalau tidak ada yang tahu persis jumlah pastinya). Seseorang yang pernah bekerja di sana juga dapat berbisnis dengan organisasi Belanda yang berbudaya pulau.

Membalas artikel:

budaya pulau