BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penerimaan pemimpin oposisi Belarusia di Gedung Putih: ‘Dukung komitmen moral’

Presiden AS Biden menyatakan dukungannya untuk gerakan pro-demokrasi di negara itu selama pertemuan dengan pemimpin oposisi Belarusia Tikanovskaya. Tikhanovskaya diterima di Gedung Putih, sesuatu yang biasanya diperuntukkan bagi kepala negara dan pemerintahan.

Biden mengatakan setelah pertemuan itu bahwa Amerika Serikat berdiri bahu-membahu dengan rakyat Belarus, di mana diktator Lukashenko telah berkuasa selama 27 tahun.

Tichanovskaya, yang sebelumnya berbicara dengan Menteri Luar Negeri Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional di Washington, mengatakan setelah itu bahwa dia telah meminta dukungan Biden. Tikanovskaya yang berusia 38 tahun mengatakan Amerika Serikat “secara moral berkewajiban” untuk membantu rakyat Belarusia. Tidak jelas apa sebenarnya yang dijanjikan Biden.

Hasil pemilunya luar biasa

Pada bulan Agustus tahun lalu, pemilihan presiden diadakan di Belarus, di mana oposisi berhasil mencapai cengkeraman yang serius untuk pertama kalinya, meskipun oposisi yang kuat kali ini juga. Banyak lawan dipenjarakan sebelum pemilihan. Tikanovskaya, mitra salah satu pemimpin oposisi yang ditangkap, akhirnya menampilkan dirinya sebagai lawan dan dikejutkan oleh kampanye terselubung.

Menurut hasil resmi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, Lukashenko lagi kali ini menang dengan mayoritas besar, tetapi oposisi dan bahkan pendukung presiden menyebut hasilnya. sulit dipercaya. Protes massa yang belum pernah terjadi sebelumnya pecah di negara itu, mereka ditindas secara brutal; Ribuan orang Belarusia berakhir di penjara.

Hukuman

Uni Eropa dan Amerika Serikat memihak oposisi Belarusia dan menjatuhkan sanksi kepada pemerintah Lukashenko. Ini terjadi, antara lain, setelah Belarusia mendaratkan pesawat penumpang dalam perjalanan dari Yunani ke Lituania di Minsk, dan kemudian menurunkan lawan dari pesawat.

Tikanovskaya beremigrasi ke Lithuania dan berusaha meningkatkan tekanan pada Lukashenko dengan bantuan internasional. Ia akhirnya menginginkan pemilihan baru yang diawasi oleh pengamat internasional. Lukashenko masih mendapat dukungan kritis dari tetangga besarnya, Rusia.

READ  Kebakaran mencapai pembangkit listrik tenaga batu bara Turki, dan penduduk dievakuasi melalui laut | luar negeri

Awal tahun ini, Newsor berbicara dengan kerabat tahanan di Belarus. Gambar-gambar dan cerita-cerita yang mengerikan dan memberikan wawasan tentang apa yang terjadi di penjara negara: