BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pengembang melewati batasan vbios GPU Nvidia dengan alat flash baru

Banyak insinyur perangkat lunak telah menemukan cara mengatasi keterbatasan bios GPU Nvidia. Dalam banyak kasus, ini memungkinkan pengguna untuk mem-flash versi vbios yang dimodifikasi ke kartu video mereka. Sejak seri GTX 900, GPU Nvidia memiliki prosesor keamanan yang mencegah hal ini.

Dua pengembang berbeda, Veii dan Kefinator, telah membuat alat baru yang memungkinkan pengguna mem-flash bios untuk GPU Nvidia mereka. itu tulis TechPowerUp pada hari Senin. Dengan menggunakan alat ini, dimungkinkan untuk mem-flash “hampir” semua versi vbios di hampir semua kartu video Nvidia GeForce. Ini melewati fitur keamanan prosesor keamanan Falcon Nvidia.

Alat ini memungkinkan, antara lain, untuk mem-flash bios GPU yang di-overclock pabrik pada varian yang lebih murah dari CPU tersebut dengan kecepatan clock yang lebih rendah. Untuk GPU Turing Nvidia dalam seri RTX 20 dan chip yang lebih lama, pemeriksaan tanda tangan dapat dilewati sepenuhnya. Ini memungkinkan, misalnya, untuk meningkatkan batas yang ada. Tanpa verifikasi tanda tangan, dimungkinkan juga untuk membuat versi BIOS khusus dengan voltase, kurva kipas, dan batas termal yang berbeda.

Untuk kartu video yang lebih baru dalam seri RTX 30 dan 40, ada opsi cross-flash yang lebih terbatas. Pengguna dapat mem-flash versi vbios lain ke gpu mereka, tetapi mereka tidak dapat mengatur sendiri bios secara manual. Misalnya, pengguna dapat memulihkan voltase default sebelumnya sebesar 1,10V pada GeForce RTX 4090. Dengan model RTX 4090 yang lebih baru, voltase dibatasi hingga 1,07V.

Alatnya masing-masing dari Veii dan Kefinator flash omgv Dan nvflashktersedia secara gratis. Namun, mem-flash vbios bukannya tanpa risiko dan akan membatalkan garansi kartu video Anda; Jadi ini terutama untuk pengguna listrik. Disarankan untuk membuat cadangan vbios saat ini sebelumnya. Kedua alat memiliki opsi untuk menyimpan vbios default; GPU-Z juga bisa melakukannya.

READ  Orange Pi berjalan di Linux seluler dengan prosesor AMD Ryzen 7840U dan Manjaro - Komputer - Berita