BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pengesahan: Stany Rutzelaar

Pengesahan: Stany Rutzelaar

berita

Gemert – Orang tua Stani Rutzelaar sama-sama berasal dari Indonesia, namun bertemu satu sama lain di Belanda, di Norden. “Ayah saya anggota KNIL dan tujuh belas tahun lebih tua dari ibu saya. Mereka berdua bertugas di kamp Jepang selama perang. Meskipun memiliki kesamaan, mereka berasal dari dunia yang sangat berbeda. Entah bagaimana, Ayah dan Ibu sampai di sini melalui Kakek Rutzelaar; Saya lahir di Gemert.

Apakah kamu percaya?

Terutama pada saya, dan karena itu pada orang lain. Dengan ini saya bisa memberikan banyak harapan kepada orang lain, hal-hal positif muncul, jadi saya tidak melihatnya sebagai hal yang sulit. Semuanya jauh lebih mudah dari yang Anda kira.

Apa amal terbesarmu?

Temukan solusi dan kreativitas dan sambut hari ini dengan ‘Hello World’ setiap pagi. Saya biasanya menantikan hari baru. Ayah saya, ‘Niller’ sangat disiplin dan dia mewariskannya kepada saya, kedua saudara laki-laki dan perempuan saya yang memberi kami ketekunan yang luar biasa. Ya, kukunya tidak bersih, tidak pernah – tidak muda – tidur, berolahraga, selalu jalan kaki atau bersepeda di Minggu pagi, yang merupakan rutinitas yang biasa dilakukan di masa muda kita.

Apa dosa terbesarmu?

Membersihkan dan mengatur bukanlah hal yang mudah. Terkadang sepertinya ada bom besar yang meledak di sini. Sejauh yang saya ketahui, itu sudah cukup untuk saat ini, dan kemudian hiruk-pikuk membersihkan seluruh rumah, tidak terlalu banyak, karena saya tahu cara mengatasi kekacauan itu. Lainnya tolong jangan sentuh apa pun; Saya tahu persis di mana semuanya berada.

Apa yang lebih kamu sukai?

Anak yatim piatu kami di Mongolia. Mereka benar-benar pusat hidup saya dan Fritz serta saya melakukan segalanya untuk mereka. Pesan setiap pagi, misalnya ‘telepon saya’, nah itu yang saya lakukan. Dan kami pergi ke sana dua kali setahun. Kami menempatkan tiga orang dalam satu apartemen. Mereka berusia 18 tahun dan harus meninggalkan panti asuhan. Kami pergi berbelanja perabotan melalui video call dan saya menjelaskan cara kerja mesin cuci.

READ  Indonesia sekarang harus mengakui pelanggaran hak asasi manusianya sendiri

Apa yang paling membuatmu kesal?

Ketidakjujuran, membuat klaim yang tidak adil, tidak jujur ​​dan selalu mengetahui yang lebih baik. Ini melibatkan perilaku tertentu, dan kebutuhan akan konfirmasi tidak berlaku bagi saya.

Apa yang bisa kamu nikmati secara diam-diam?

Dari bersepeda bersama Fritz, saya selalu duduk di belakang. Dan berkeliling dunia bersama. Fritz selalu santai, itu bagus karena saya harus menangani 30 juta desakan dalam sehari, jadi itu kompensasi yang bagus.

Dari siapa lagi Anda bisa belajar?

Dari segalanya dan semua orang di sekitarku. Saya sangat menikmati mendengarkan orang, dan Anda akan mendengar hal-hal yang ingin Anda ketahui. Saya mengajar bahasa Belanda dan Inggris, sehingga saya bertemu banyak orang yang bisa mendapatkan ide dari semua orang, dari muda hingga tua.

Pintu mana yang ingin Anda lihat ke belakang?

Di balik pintu para raja minyak dan orang kaya lainnya. Ironisnya, karena selama perjalanan saya selalu bertanya-tanya bagaimana orang ‘normal’ tinggal di rumahnya, bagaimana mereka hidup, adat istiadatnya dan cara mereka melakukan sesuatu.

Dengan siapa Anda ingin mendoakan kehidupan Maria?

Dengan bibiku Liz dari Indonesia. Dia adalah seorang biarawati di sebuah desa kecil di sana, namun dia tidak duniawi, dan mengelola sebuah sekolah berasrama, jadi dia melakukan banyak hal seperti yang saya lakukan sekarang di Mongolia. Kami selalu sering berhubungan, sering diundang, dan kami sudah sering ke sana. Menjelang akhir hidupnya, dia sakit dan kami pergi ke sana juga, memenuhi janji kami bahwa kami akan membersihkan barang-barangnya setelah kematiannya. Dia pikir penting bagi keluarganya untuk melakukan hal itu.

Apakah Anda memiliki hal lain untuk disepakati?

Mungkin aku harus makan lebih sedikit frigandel. Sebenarnya saya makan makanan sehat, tapi saya juga suka camilan. Juga: Saya sangat terkesan dengan sinar matahari pada suatu sore ketika sebuah traktor lewat di tempat teduh itu.