BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Peningkatan stok global menurunkan harga gandum

Peningkatan stok global menurunkan harga gandum

Saf Beyers, konsultan pengembangan bisnis dan manajemen risiko di United Expert, memberi pengarahan kepada kami tentang pasar makanan ternak pada Minggu 9 hingga 10 tahun 2023 (27 Februari – 12 Maret).

Berbagai macam minyak nabati

Harga rapeseed agak naik karena peningkatan penjualan minyak rapeseed. Kapasitas penghancuran yang digunakan sepenuhnya memastikan bahwa permintaan rapeseed tidak akan meningkat. Harga minyak inti sawit tetap didukung oleh pembatasan ekspor Indonesia dan intervensi solar yang meningkat. Selain itu, harga lobak tidak akan terus naik. Pasokan besar dari Australia, Kanada, dan Eropa membuat harga turun. Hanya bungkil rapeseed yang tetap mahal karena bungkil kedelai sangat mahal.

“Harga minyak sayur telah meningkat baru-baru ini. Harga telah turun secara signifikan sebelumnya dan permintaan agak meningkat. Namun, pasokan rapeseed, biji bunga matahari, dan minyak sawit masih sangat besar. Minyak dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya perlu diproses Rapeseed di Eropa ,” Raf Byers menjelaskan situasinya.

Kedelai secara historis masih sangat mahal

Harga kedelai akhirnya mulai turun di American Stock Exchange di Chicago. Pasokan dari Brazil dipastikan akan meningkat dalam beberapa minggu mendatang dan hal ini dapat menimbulkan persaingan yang lebih ketat dengan Amerika Serikat (AS). Byers: “Sebagian karena dolar yang lebih kuat, permintaan turun minggu lalu dan jelas hal itu sekarang memberi tekanan pada harga.”

Kekeringan berlanjut di Argentina. Meskipun sering dilaporkan turun hujan, di banyak tempat jumlah ini tidak cukup dan tanaman benar-benar kering di sejumlah lokasi. Pertukaran biji-bijian Argentina BAGE minggu lalu menurunkan perkiraannya dari 38 juta ton menjadi 33,5 juta ton. “Pasar bereaksi panik terhadap pesan semacam itu dan kami melihat harga melambung tajam. Harga patokan terutama dibayarkan untuk bungkil kedelai.

READ  Pengurasan otak (brain drain) yang melanda Rusia menimbulkan beban berat pada perekonomian

Permintaan kedelai dipastikan akan tetap kuat jika pemulihan ekonomi China berlanjut dalam beberapa bulan mendatang. Akibatnya, stok global mungkin masih terlalu rendah untuk menurunkan harga kedelai. Selama belum ada kepastian mengenai hal ini, kedelai secara historis akan tetap sangat mahal.”

Permintaan jagung rendah

Meskipun stok rendah di Eropa dan euro melemah, harga jagung turun seiring dengan harga gandum. Harga tampaknya mulai stabil sekarang. Kemungkinan perpanjangan kesepakatan butir dan koridor (catatan editor diperpanjang 13 Maret) menekan harga. Di satu sisi, transportasi tidak selalu berjalan mulus. Pertanyaan juga diajukan tentang kualitas jagung yang dipanen sangat terlambat di Ukraina.

Di AS, ekspektasi yang lebih tinggi untuk tanaman baru akan menyebabkan harga kontrak yang lebih rendah mulai November 2023. “Harga gandum yang lebih rendah mengurangi permintaan jagung,” kata Ruff Byers. Pasokan dari Ukraina juga tampaknya cukup untuk memenuhi permintaan, terlepas dari semua laporan tentang kontrol yang sulit. Panen baru Ukraina mungkin mengecewakan. Area yang luas tidak akan ditanami jika situasinya tidak membaik secara signifikan. Di Eropa, juga, lebih sedikit penanaman yang dilakukan di daerah-daerah di mana penanaman jagung bergantung pada irigasi. Karena musim kemarau yang kering, tampaknya cadangan air tidak akan cukup. Jika situasinya tidak membaik, itu akan mendorong harga naik lagi.”

Harga gandum rendah

Karena panen yang akan datang di negara-negara pengimpor Afrika Utara dan Asia, harga Rusia kemungkinan akan berada di bawah tekanan dalam beberapa minggu mendatang. Situasi di Eropa dan dolar yang lebih kuat bertanggung jawab atas penurunan tajam harga gandum di Amerika Serikat. Harga berjangka panen baru di AS juga turun karena kondisi cuaca yang lebih baik. Di sisi lain, permintaan mungkin akan meningkat pada harga yang rendah.

READ  G7 berharap untuk menunjukkan persatuan di Ukraina meskipun prospek ekonomi suram

“Di sini dan di AS, sepertinya tanahnya belum terbentuk,” kata Raf Byers. Tampaknya transfer gandum dari Rusia berjalan lebih lancar dari yang diindikasikan. Saat ini tidak ada indikasi untuk menghentikan atau mengurangi transfer dari Laut Hitam setelah 18 Maret 2023 (akhir dari kesepakatan biji-bijian ‘sebelumnya’). Pasokan global yang meningkat juga telah menekan harga gandum. Pasokan yang lebih sedikit dari tanaman baru dari Rusia dan mungkin seluruh Eropa juga dapat mendorong harga di akhir musim.

Ann Vandenbosch