BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

dalam kenangan |  Arent Tissingh dari Ansen selalu melihat apa yang mungkin.  Anak petani yang menjadi insinyur

dalam kenangan | Arent Tissingh dari Ansen selalu melihat apa yang mungkin. Anak petani yang menjadi insinyur

Anak petani yang menjadi insinyur. Arent Tissingh (1963-2022) tidak mengatakan apa-apa. Tapi garis besarnya, detailnya, dan orang-orang di belakangnya, dia melihat semuanya.

Di sekolah dasar mereka mengira Arent Tissingh dari Ansen benar-benar pendiam. Mungkin seorang pemimpi. Tapi dia tidak, kata istri Gia dan putri Iris dan Julia. Dia adalah seorang pemikir, dengan tenang memproses sesuatu dan kemudian menarik kesimpulan. Dia senang memiliki orang-orang di sekitar dan menonton apa yang sedang terjadi. Untuk mengungkapkan pendapat atau keahliannya dalam satu baris yang menarik perhatian jika perlu.

Arendt lahir sebagai anak seorang petani, tetapi hatinya terletak pada teknologi. Dia diizinkan untuk memilih jalannya sendiri – orang tuanya tidak berada dalam peran yang tepat – dan melintasi mavo, mts dan hts yang menjadi teknik mesin untuk Arent di Technical University of Enschede. Dia mulai bekerja untuk sebuah perusahaan konsultan di Rotterdam. Proyek-proyek yang menantang segera mendemonstrasikan bakat Arent: berpikir dalam kerangka kemungkinan. Jika dia terjebak di suatu tempat, itu tidak pernah menjadi akhir dari cerita. Berkali-kali dia melihat bahwa segala sesuatu dapat dilakukan secara berbeda dan berkomitmen untuk mencari solusi.

Tidak terlalu romantis

Pada akhir pekan dia berada di Ansen. Pada salah satu akhir pekan, Jia memintanya untuk datang dan minum kopi lagi. Jia, yang dia kencani sebentar lima tahun lalu, dan yang belum sepenuhnya meninggalkan bidang penglihatannya. Setelah itu kopi pergi. Dan mereka menikah, karena dengan begitu dia tidak perlu bekerja. Tidak terlalu romantis, tapi dia bukan pria yang akan melamar sambil berlutut.

Arent dan Gea bukanlah pasangan yang harus melakukan semuanya bersama. Ketika dia mendapatkan pekerjaan ini di Rotterdam, dia tidak berencana untuk langsung pergi. Dia memiliki pekerjaan sendiri dan juga menginginkan rumah yang layak terlebih dahulu. Mereka datang dan mereka dipersatukan kembali. Pasangan itu tinggal di Rotterdam selama beberapa tahun dan pada hari mereka mendapatkan kunci rumah baru di Capelle aan de IJssel, ada lebih banyak berita: si kembar sedang dalam perjalanan. Pada tahun 1993, Iris dan Julia lahir.

READ  Ketegangan di Laut Cina Selatan meningkat, dan nelayan Indonesia memperhatikannya setiap hari

Kurang dari setahun kemudian, keluarganya pindah ke Venezuela, di mana Arent menjadi manajer pemeliharaan terminal di pelabuhan Puerto Cabello. Setelah tiga tahun ia berpikir cukup di sana dan mereka kembali ke Belanda. Tetapi pekerjaan itu tetap bersifat internasional dan sangat menuntut. Minggu kerja 60 jam, di 48 negara berbeda secara total.

Kemudian mengerjakan pelabuhan di Arab Saudi, lalu membangun landasan baru di London Heathrow, lalu harus jalan di perusahaan tambang di hutan Indonesia. Selalu jauh dari rumah selama maksimal lima minggu. Dia memberikan kebebasan kepada Gea. “Tapi siapa pun yang kembali jam sembilan dengan senyuman, daripada satu jam lima dengan wajah murung.”

Jelaskan matematika

Suatu kali saya mendapat banyak untuknya. Apakah ketika Julia tiba-tiba mengatakan dia tidak ingat seperti apa rupa Ayah? Pada hari Minggu dia telah kembali dari Ukraina dan ditanya pada hari Senin apakah dia ingin melanjutkan mengunjungi Madagaskar. Bagian depan rumah jatuh untuk itu: kalau saja mereka diizinkan pergi berlibur selama beberapa minggu. Perusahaan tampaknya setuju. Tidak pergi, tetapi segera kami harus melaporkan bahwa liburan istri dan anak tidak dapat dilanjutkan. Gia meledak. Tidak tidak. Dia tidak pernah marah tentang apapun. Dia juga mengerti bahwa menurut aturan perusahaan, liburan seperti itu tidak mungkin dilakukan.

Tapi saat Arent ada di rumah, dia benar-benar ada di rumah. Gadis-gadis itu bermain-main dengannya. kartu-kartu. Dan kelenjar, itu adalah bagian darinya. Dia, yang pergi ke banyak sekolah sendiri, tidak takut mereka tidak akan berhasil di sekolah. Jika mereka bertanya, dia dengan senang hati membantu. Dia bisa menjelaskan matematika dengan kesabaran yang tiada habisnya dan terus mencoba cara baru sampai mereka mengerti.

READ  Gambaran Pasar 29 September 2023 | Investing.com

Iris secara khusus mencari konfrontasi dengan Jia di masa remajanya. Dia tidak terlibat, tetapi dia menetapkan batasan dengan memperjelas bahwa beberapa subjek harus dihindari saat dia tidak ada. Dan dia pandai menggambar istrinya bagaimana putri mereka melihat sesuatu. Jika dia harus meninggikan suaranya, Iris juga akan tahu: dia keterlaluan.

Kekacauan di bawah pohon Natal

Seorang ayah dengan selera humor. Ketika si kembar keluar, dia membungkus semua sisa makanan mereka dengan bungkus kado dan meletakkannya di bawah pohon Natal. Jia berkata, pria yang baik, pria yang sangat baik. Bahkan jika dia terkadang lupa hari ulang tahunnya. Dan bahkan jika mereka tinggal bersebelahan dengan toko bunga, dia tidak akan pernah pulang dengan karangan bunga. Dia bisa membelinya sendiri. Dia juga tidak pernah mengatakan “Aku mencintaimu”. Pada satu titik Iris mencoba membujuknya keluar dari tendanya, mengatakan kepadanya selama seminggu penuh, “Ayah, aku mencintaimu.” Dia tidak pernah mengatakannya. Tidak terkirim.

Arent juga tidak mudah bergaul dalam arti mengundang orang. Tapi dia senang berada di sekitar orang dan menyukai cerita mereka. Teman-temannya sangat penting baginya. Ketika orang-orang dengan bersemangat berbicara tentang apa yang ada di pikiran mereka, dia menikmatinya.

Selama itu mereka menghabiskan akhir pekan di Drenthe setiap bulan. Pada akhir 2019 mereka memutuskan untuk kembali secara permanen. Tidak masalah bagi Arendt apakah dia harus pindah dari Schiphol ke Rotterdam atau lebih jauh ke utara. Mereka berhasil mendapatkan tempat yang bagus di pinggir Dwingelderveld dan memutuskan untuk membangun rumah baru. Bekerja dari rumah selama Corona sama sekali tidak menjadi masalah, ini memberi ruang untuk proyek konstruksi. Dikirim pada Juni 2021.

READ  Semakin banyak pengusaha yang gulung tikar | Saat ini

Perayaan sebelum operasi

Lima minggu kemudian, Arent jatuh sakit. Beberapa tumor otak. tak tersembuhkan. Dia bisa mengulur waktu dengan operasi, tapi kerusakannya bisa sangat besar. Mereka memutuskan untuk melakukannya. “Tapi aku ingin mengadakan pesta dulu,” katanya.

Dengan melakukan itu, dia menurunkan ambang batas untuk teman dan keluarga selama periode ketika dia ditolak. Terkadang pengunjung datang tiga kali sehari dan dia menyukainya. Ini adalah pemikiran orang lain. “Untungnya kita tinggal di sini,” adalah pengalamannya.

Arent Tissingh meninggal dunia pada tanggal 2 November 2022. Di peta terdapat White Wagtail, burung kesayangannya. Kedua putrinya memiliki tato dengan binatang itu, dan dia pergi bersama mereka ke toko tato. Dia tidak percaya pada kehidupan setelah kematian. Tetapi jika ada, seperti yang mereka sepakati, wagtail putih akan mematuk jendela di musim semi. “Mungkin tidak,” kata Iris. “Dia mungkin benar tentang itu juga.”

seumur hidup

Dagblad van het Noorden digambarkan dalam seumur hidup Penduduk Drenthe dan Groningen yang baru saja meninggal. Saran? Surat ke: [email protected]