BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penjajaran bintang! 5 planet berbaris untuk pertunjukan malam di bulan Juni

Juni memiliki beberapa acara selestial khusus untuk ditambahkan ke daftar ember musim panas Anda yang memandang langit, termasuk berbagai planet untuk dinikmati.

Sepanjang sebagian besar bulan Juni, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan membentang di langit seperti untaian mutiara yang muncul di fajar beberapa jam sebelum matahari terbit.

Majalah Sky dan Teleskop Disebut “Parade Planet” karena planet-planet juga akan berada dalam urutan yang benar dari Matahari.

Merkuri akan menjadi yang paling sulit dikenali karena merupakan penampilan terakhir dalam barisan sebelum sinar matahari menelannya. Namun, mudah untuk melihat Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus sepanjang bulan.

Dalam segi empat, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus telah muncul berdampingan selama beberapa bulan terakhir, tetapi Juni adalah kesempatan terakhir Anda untuk melihat kelompok itu bersama sebelum mulai menyebar lebih jauh ke langit malam.

Carilah planet di langit sebelum matahari terbit dengan menatap ke arah tenggara.

Acara surgawi ini tidak memerlukan peralatan khusus, tetapi pemandangannya akan lebih baik jika Anda memiliki akses ke teleskop atau observatorium lokal. Endoskopi juga dapat membantu meningkatkan pengalaman Anda.

Juni adalah kesempatan terakhir Anda untuk melihat Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus bersama-sama sebelum mereka mulai menyebar lebih jauh ke langit.
Gambar Getty

Jika Anda ingin tahu planet mana mereka, ketahuilah bahwa mereka diatur dalam urutan alami dari Matahari: Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Aplikasi menatap langit seperti bintang Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi semua planet.

Pada awal Juni, Merkurius dan Saturnus akan menjadi yang termuda di langit. Seiring berjalannya bulan, planet-planet akan mulai tampak lebih jauh di langit.

Merkurius akan lebih terang dan lebih tinggi di cakrawala pada pertengahan Juni, membuatnya lebih mudah dikenali.

Menurut Laboratorium Propulsi Jet NASA, Venus dan Saturnus akan ditekuk sebagai objek pagi bagi sebagian besar pengamat pada bulan September.
Menurut Laboratorium Propulsi Jet NASA, Venus dan Saturnus akan ditekuk sebagai objek pagi bagi sebagian besar pengamat pada bulan September.
NASA/JPL-Caltech

Menjelang akhir bulan, penyelarasan lima planet akan menambah permata keenam untuk pertunjukan. Pada 24 Juni, Merkurius akan naik di atas cakrawala sekitar satu jam sebelum matahari terbit. Sebagai bonus, bulan sabit akan muncul di antara Venus dan Mars.

READ  SpaceX menyiapkan booster Falcon 9 keempat untuk peluncuran dan pendaratan kesepuluh [webcast]

berdasarkan Laboratorium Propulsi Jet NASA, Venus dan Saturnus akan ditekuk sebagai objek pagi bagi sebagian besar pengamat pada bulan September.

Bonus: Koleksi Bintang Kuno dipajang

Perlakuan lain untuk menatap langit juga di musim panas bulan ini. Astronom NASA mengatakan Juni juga merupakan bulan yang sangat baik untuk melihat gugus bintang globular yang dikenal sebagai Gugus Hercules M13. Gugus bintang globular ini diyakini berusia sekitar 12 miliar tahun.

Seiring berjalannya bulan, planet-planet akan mulai tampak lebih jauh di langit.
Seiring berjalannya bulan, planet-planet akan mulai tampak lebih jauh di langit.
cuaca rubah

Kelompok bintang ini paling baik dilihat dengan teleskop dan akan muncul tinggi di langit timur selama jam-jam pertama kegelapan sepanjang bulan.

Tidak ada teleskop? Tidak masalah, temukan acara pemantauan publik terdekat Jaringan Langit NASA.

Bulan purnama di bulan Juni dikenal sebagai bulan stroberi.

Pertunjukan bulan purnama jatuh pada tanggal 14 Juni jika Anda ingin menikmati waktu di luar ruangan atau mungkin berkemah di bawah sinar bulan. Bulan baru pada tanggal 28 Juni akan menjadi waktu terbaik untuk pergi ke lokasi langit yang gelap jauh dari lampu-lampu kota untuk mencari konstelasi favorit Anda.