BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penulis thriller Thomas Ross mengisi kekosongan dalam sejarah.  Seberapa jauh dia ingin pergi dalam hal ini?

Penulis thriller Thomas Ross mengisi kekosongan dalam sejarah. Seberapa jauh dia ingin pergi dalam hal ini?

Patung oleh Silvia Celebrity

Berjudul “More Than Fact,” Bert Wagendorp menulis sebuah artikel pada bulan April tentang pencampuran fiksi dan fakta dalam apa yang disebut “novel nonfiksi.” Dia benar-benar curiga dengan istilah ini. Lagipula, setiap novel adalah fiksi, sama seperti drama, film layar lebar, dan drama TV. Di mana karakter yang ada dan peristiwa nyata memainkan peran yang menentukan di dalamnya adalah Fraksi – setelah bahasa Inggris fraksi – mengerti lebih nyaman. Fiksi berdasarkan fakta. Para sejarawan khususnya takut padanya; Dari sudut pandang mereka, penulis melanggar kenyataan. Itu tergantung apa yang saya pikirkan. Fakta itu suci, komentar bebas, kata pers. Untuk penulis faksi: Fantasi itu gratisAsalkan dia menghormati fakta.

Suatu kali saya menunggu dengan gugup keputusan penerbit Robert Amerlin atas manuskrip tentang Pangeran Bernard dan perselingkuhan Lockheed, berdarah bangsawan (1982). Amirlan, yang saat itu tidak kukenal sebagai sahabat Pangeran, sangat ingin menerbitkannya. “Tapi bantu aku dan hubungi Pangeran Hermann Bernard, bukan?” Amin tidak pernah jadi mengapa saya Fakta, sejauh yang diketahui, adalah benar dan tidak ada fitnah atau fitnah dalam cerita fiksi. Hermann atau Bernhard: Perbedaan antara fantasi dan faksi.

fakta Sejauh yang diketahui. Karena mereka sering hilang dari historiografi, terutama yang berkaitan dengan urusan dan intrik, dan sering ditutup-tutupi untuk menutupi fakta yang sebenarnya. Lubang dalam sejarah sangat cocok dengan film thriller faksi. Saya telah hidup mengisinya selama beberapa dekade. Pikirkan, misalnya, tentang Inggris yang misterius, masa lalu perang misterius Bernhardt, dan pembunuhan misterius Dolly dan Pim Fortuyn yang berambut pirang.

Lebih banyak kebenaran

Saya ingat dengan baik menjadi Frederick Forsyth Hari serigala (1971), film thriller tentang upaya pembunuhan pada tahun 1962 oleh tentara Prancis terhadap Presiden Charles de Gaulle, tidak puas dengan pengakuannya atas kemerdekaan koloni Aljazair. Saya pikir ini adalah bagaimana Anda mengetahui tanggalnya! Sebuah thriller yang sejalan dengan realitas sejarah, diceritakan sebagian dari sudut pandang karakter yang hadir (“Mengapa para idiot ini tidak menembak?” De Gaulle bertanya dengan putus asa? Hari-hari ini.

Atau ambil Robert Harris yang belum pernah dilihat sebelumnya petugas (2013) Tentang Dreyfus Affair, Prancis Akhir Abad Kesembilan Belas. Perpaduan yang indah antara fakta dan fiksi. Anda belajar lebih banyak dari itu daripada yang Anda pelajari dari banyak buku teks sejarah tentang keguguran keadilan terbesar dalam sejarah. Demikian pula dengan Philip Kerr tentang kebangkitan Nazi di Berlin sebelum perang (kasus Berlin Di luar 1989, atau Jika yang mati tidak bangkit dari tahun 2009). Bukan “lebih banyak kebenaran” tetapi “lebih banyak kebenaran”.

Itu juga nilai tambah dari film peleton yang bagus. Sebagai pembaca, Anda belajar lebih banyak darinya daripada dari novel kriminal murni fiksi. Tapi juga sebagai penulis, karena butuh banyak riset dan investigasi, seperti yang saya lakukan untuk film thriller baru saya putri PutinTentang perang di Ukraina. Ngomong-ngomong, lebih dari novel “bagaimana jika”, karena objektif dan tidak pasti bagaimana akhirnya. Dengan kegugupan saya saat menulis – karena tidak seperti thriller saya tentang urusan yang sudah selesai seperti aksi polisi, Mata Hari atau King Kong, peristiwa terkini dapat menyusul saya.

Apakah Zelensky akan dibunuh? Akankah Putin menjatuhkan bomnya? Kudeta di Kremlin? Banyak fakta, tapi kebanyakan adalah berita palsu dan pertanyaan yang belum terjawab. Ini memaksa Anda untuk melakukan penelitian ekstensif, tetapi ini bahkan lebih menakjubkan. Bagi saya, motivasi penting tidak diragukan lagi terkait dengan latar belakang jurnalistik saya. (Tentu saja tidak mengherankan bagi putra mantan perwira BVD bahwa saya sering melibatkan dinas rahasia dalam penemuan kebenaran ini.)

Selain itu, penelitian terkadang memberikan bukti nyata dari skema imajiner Anda. Misalnya, saya membaca dalam laporan polisi tentang pembunuhan Fortuyn bahwa Volkert van der Graaf menembaknya di belakang kepala dengan pistol Firestar 9mm M43 pada jarak sekitar 75cm. Menurut konsultasi ahli senjata, setengah dari tengkorak Fortuyn telah diledakkan dengan kaliber ini. Namun foto dirinya sekarat atau sudah meninggal hanya memperlihatkan sehelai kain putih dengan noda darah di tengkoraknya. fakta. Itu hanya bisa dijelaskan jika penembak lain menembak dari jarak yang lebih jauh. Spekulasi, tapi tetap saja …

terikat oleh fakta

Salah satu alasan lebih banyak fiksi yang ditulis daripada novel thriller faksi adalah karena fantasi murni memungkinkan Anda menggunakan imajinasi Anda tanpa batasan. Saya tidak boleh melakukan itu, karena semua fakta adalah sakral, jadi imajinasi saya sangat terbatas untuk menghasilkan plot yang dapat dipercaya. Anda menyederhanakan, Anda menyederhanakan, Anda membuat karakter; Namun sampai saat itu, semuanya harus sejalan dengan kenyataan. Dan jika saya tidak 70 persen yakin bahwa ada orang sungguhan yang bekerja sama atau disuap, diperas, atau dibunuh, saya tidak akan menyebutkannya. Dalam novel-novel saya, tokoh-tokoh seperti itu (Bernard, Sukarno, Putin) biasanya dikenal pembaca, yang meningkatkan kredibilitas fraksi—tapi itu bukan titik awalnya. Ini adalah masalah atau konspirasi di mana mereka berperan.

Di Belanda, jenisnya tergolong baru. Hermann Kamar gelap Damocles (1958) terkadang disebut faksi, tetapi betapapun indah dan menariknya buku itu, itu bukanlah faksi. Hermans mendasarkan bukunya pada orang sungguhan, pengkhianat Anton van der Waals, tetapi karakter utamanya Oswodet dan Dorbeck yang penuh teka-teki adalah fiksi. Hal yang sama berlaku untuk Joop van den Broek yang terkenal Mutiara untuk barang langka (1952), tentang situasi kacau pada hari-hari terakhir Hindia Belanda.

Faksi tersebut hanya muncul di wilayah berbahasa Belanda pada 1980-an, dengan film thriller Flemish Jef Geeraerts dan Fraksi-Nya tentang geng Nijvel dan gerakan teroris sayap kiri CCC, dan orang gila itu berbicara kepada saya (Anjing pengkhianat Sejak 1980, tentang pejuang kemerdekaan Maluku dan kudeta 1965 di Indonesia). Kami sekarang memiliki Gauke Andriesse (Amerika pada saat Perang Vietnam), Gerrit Barendrecht (Jack the Ripper di Amsterdam akhir abad ke-19), dan John Kuipers, yang memulai debutnya tahun lalu bersama bayangan Mussert Dan dari siapa saya belajar lebih banyak hal indah tentang pendudukan Jerman daripada yang saya pelajari dari Dr. L. de Young. Dan jangan lupakan Jakob Fiss pada mendiang Pangeran Hendrik. Sangat mengejutkan bahwa penulis wanita yang sukses dalam genre ini tidak hadir. Tidak tahu mengapa, tetapi secara umum mereka secara tradisional berfokus pada thriller psikologis dan relasional.

Integritas dan kejujuran

Seringkali pertanyaannya adalah apakah etis membiarkan orang-orang berdarah-daging bertindak yang tidak dapat membela diri mereka sendiri, terutama di masa-masa berita palsu ini. Jawabannya sama lagi. Ya, selama Anda memiliki materi faktual yang cukup untuk membuktikannya dan menghormatinya dengan integritas. Ini bahkan lebih berlaku untuk film dan drama televisi yang hampir tidak ada atau tidak ada karakter fiksi yang muncul, seperti di film saya Bernard, Penjahat Oranye (2010) dan Beatrix, Oranye Diserang (2012). Tetapi saya memiliki cukup banyak film dokumenter, biografi, dan memoar untuk mewakili mereka dengan integritas dan kejujuran seperti itu.

Saya sering diberi tahu “kami tidak tahu apa yang nyata dan Anda terbuat dari apa”. pujian atau teguran. Oleh karena itu, dan untuk menghindari kebingungan, saya memberikan daftar orang fiksi dan nyata di awal novel. Akhirnya, fakta. Ini juga meningkatkan kepercayaan cerita dan plot imajinatif yang mudah-mudahan bisa dipercaya. Tetapi sebagian besar saya melakukan ini agar pembaca saya dapat memastikan bahwa saya tidak memanjakan mereka.

putri Putin oleh Thomas Ross Diterbitkan pada bulan Mei oleh Cargo (368 halaman; €22,99).

gambar null barang

gambar untuk pengiriman

READ  Kantor Editorial Jinek ingin berbicara dengan Martijn Koning | Hiburan