BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perbedaan antara hasil tinggi dan utang pasar negara berkembang sangat lebar

Berita

Menurut Pictet AM, perbedaan imbal hasil antara obligasi pasar berkembang dan obligasi korporasi dengan imbal hasil tinggi telah melebar jauh. Investor terlalu takut gagal bayar di pasar negara berkembang.

Investor di obligasi pasar negara berkembang mengalami tahun yang sulit. Kerugian lebih besar daripada kerugian obligasi dari ekonomi Barat. Misalnya, dana indeks obligasi pemerintah iShares Emerging Market telah kehilangan seperempat nilainya dalam 12 bulan. Ini sangat besar untuk obligasi.

Alasannya sebagian besar sama di Barat: inflasi tinggi, suku bunga tinggi, ketegangan geopolitik, dan dolar selangit memainkan peran penting. Selain itu, di masa yang penuh gejolak, selalu ada lebih banyak kekhawatiran tentang default di negara-negara berkembang daripada di Barat yang makmur.

pesimisme yang berlebihan

Satu-satunya pertanyaan adalah apakah pasar bertindak terlalu jauh dalam pesimisme mereka. Manajemen Aset Pictet berpikir demikian.

Manajer aset Swiss mencatat dalam sebuah catatan premi risiko yang sangat tinggi. Manajer dana Robert Simpson juga memiliki kesan bahwa investor tidak membedakan antara pasar negara berkembang.

Hal ini dapat dilihat dengan jelas pada obligasi pasar berkembang yang memiliki peringkat kredit yang sama (dan oleh karena itu juga memiliki risiko yang sama) dengan obligasi korporasi AS.

Sebarkan dengan hasil tinggi

Simpson: “Kesenjangannya sangat besar di ujung bawah peringkat imbal hasil tinggi, dengan penyebaran sekitar 250 basis poin untuk kredit peringkat B. Ini terlepas dari fakta bahwa obligasi pemerintah di pasar negara berkembang secara historis memiliki default yang jauh lebih rendah. dibandingkan obligasi korporasi.” .

Dalam peringkat Kelas B, tingkat obligasi pemerintah pasar negara berkembang rata-rata 12,7% antara tahun 1983 dan 2021, dibandingkan dengan tingkat default 20,2% untuk perusahaan global.

READ  Akankah kamu meninggalkan cintamu yang telah lama hilang? Itu membuat Han Bleichrut berpikir

hutang yang lebih tinggi

Fakta bahwa harga obligasi turun (dan suku bunga naik) sebagian dibenarkan. Pasar negara berkembang, seperti Eropa dan Amerika Serikat, telah mengalokasikan banyak uang untuk mengurangi kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh Corona. Akibatnya, utang pemerintah meningkat, meningkatkan risiko.

Kedua, negara-negara berkembang seperti Amerika Serikat dan Eropa sedang mengalami perlambatan ekonomi global. Ini pada dasarnya membuat prospek pembayaran pinjaman kurang cerah.

Di sisi lain, sebagian besar pinjaman telah diselesaikan baru-baru ini dengan tingkat bunga yang sangat rendah, dan oleh karena itu sering kali bersifat jangka panjang. Bagaimanapun, ini memastikan biaya bunga yang lebih rendah dalam jangka pendek.

Pertumbuhan ekonomi yang sangat baik

Kapan tepatnya harus menggeser perasaan selalu tidak pasti. Simpson berasumsi dia sedang menunggu sinyal dari Federal Reserve AS bahwa akhir dari siklus kenaikan suku bunga sudah dekat.

Simpson cukup optimis tentang pertumbuhan ekonomi. “Kami percaya bahwa – tidak termasuk China dan pasar negara berkembang di Eropa – tingkat pertumbuhan dalam lima tahun ke depan akan kurang lebih sama dengan tingkat lima tahun sebelum pandemi Corona. Amerika Latin, Afrika, dan Timur Tengah dapat tumbuh lebih cepat. “

Beberapa negara yang menonjol dalam perkiraan Pictet adalah Mozambik, Pantai Gading, India, Indonesia, Vietnam, Uzbekistan, Georgia, Panama, Republik Dominika, dan Kolombia dengan tingkat pertumbuhan antara 3,9% hingga 7,2%. Itu jauh lebih baik daripada AS, yang diperkirakan akan mencatat pertumbuhan rata-rata 2,2%.

Itu Editor IEXProfs Terdiri dari beberapa wartawan. Informasi dalam artikel ini tidak dimaksudkan sebagai nasihat investasi profesional, atau sebagai rekomendasi untuk melakukan investasi tertentu. Editor dapat memegang posisi di satu atau lebih dana yang terdaftar. klik disini Untuk mendapatkan gambaran tentang investasi mereka.

READ  Penduduk setempat: Schiphol dapat melewatkan 100 tujuan