BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perburuan bantuan kemanusiaan: setidaknya 85 tewas dan lebih dari 300 terluka di Yaman |  di luar

Perburuan bantuan kemanusiaan: setidaknya 85 tewas dan lebih dari 300 terluka di Yaman | di luar

untuk memperbaharuiSedikitnya 85 orang tewas, dan lebih dari 320 orang luka-luka, 50 di antaranya serius, dalam penyerbuan yang terjadi selama distribusi bahan bantuan di ibukota Yaman, Sanaa. Ini dilaporkan oleh pihak berwenang di daerah yang dikuasai pemberontak Houthi dan dikonfirmasi oleh berbagai pejabat kesehatan setempat.

Menurut kantor berita Saba, Houthi, yang merupakan pengikut sekte Islam Syiah yang unik, bantuan kemanusiaan didistribusikan pada Rabu malam tanpa koordinasi sebelumnya. Ratusan orang berkumpul di sebuah sekolah di kota tua, tempat dukungan finansial diberikan. Menurut saksi mata, tembakan terdengar, dan kepanikan pun terjadi. Cuplikan video menunjukkan bagaimana puluhan mayat tergeletak di tanah dan bagaimana orang-orang saling menindas untuk mencari jalan keluar. Penyelenggara kemanusiaan ditangkap dan yang terluka dibawa ke rumah sakit. Di antara yang tewas adalah wanita dan anak-anak.

Yaman telah mengalami krisis kemanusiaan selama bertahun-tahun. Kelaparan telah meluas sejak pecahnya perang saudara pada tahun 2014. Kemudian pemberontak Houthi, yang didukung oleh Iran, merebut Sanaa dan menggulingkan pemerintahan Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi saat itu.

Arab Saudi mendukung presiden yang digulingkan, setelah itu situasi berkembang menjadi konflik internasional yang berlarut-larut. Koalisi Saudi menguasai sebagian besar bagian selatan negara itu dan Houthi menguasai bagian utara negara dan ibu kota.

Saksi bisu penyerbuan dan represi di ibu kota Yaman, Sana’a, pada Rabu. ©AP

Krisis yang telah berkecamuk selama bertahun-tahun itu telah menyebabkan ratusan ribu kematian akibat perang, kekurangan pangan yang parah, dan perawatan kesehatan yang buruk. PBB memperkirakan awal tahun ini bahwa 21 juta orang, sekitar dua pertiga dari populasi, membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan.

READ  Pencarian Lost Miami dihentikan menjelang pembongkaran sisa-sisa gedung apartemen

Arab Saudi menginginkan diakhirinya intervensi militer di Yaman. Jadi delegasi Saudi mengunjungi Sanaa awal bulan ini untuk melakukan pembicaraan dengan Houthi. Sebelumnya, perwakilan kedua belah pihak bertemu di Jenewa, Swiss. Disepakati di sana pada bulan Maret untuk membebaskan 887 tawanan perang dan untuk melanjutkan negosiasi gencatan senjata permanen dan penyelesaian damai pada bulan Mei, setelah Ramadan.