BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Melihat pesawat di ‘St Maarten di Eropa’ bisa berbahaya

NOS. Berita

Tampaknya berjalan dengan baik, ketika Airbus A321neo milik maskapai penerbangan Hungaria Wizz Air mendarat di bandara di pulau Skiathos, Yunani. Tepat sebelum mencapai landasan, pesawat itu melayang di atas kepala turis penasaran yang berbaris di depan landasan. Sepertinya pesawat itu dekat dengan mereka. Seorang pria tertegun mengambil langkah lain ke samping sementara sayap kanan melompati dia.

Gambar pendaratan telah menyebar luas dalam beberapa hari terakhir. Ini diharapkan menjadi “pendaratan terendah yang pernah ada” di bandara, yang hanya memiliki satu landasan pacu.

Saksikan pendaratan A321neo di Skiathos di bawah ini:

Menemukan pesawat di Skiathos sangat populer di kalangan wisatawan

Landasan pacu ini memanjang dari pantai ke pantai. “Cukup besar untuk mendaratkan pesawat berukuran sedang,” kata koresponden Yunani Theiss Kitinis, yang juga mencari pengamat. “Jadi itu juga dikenal sebagai bandara yang sulit. Sebuah Airbus membutuhkan landasan pacu yang panjang.”

Jalur ini dimulai tepat di belakang ombak dan panjangnya 1.628 meter. Sebagai perbandingan: panjang rata-rata bandara di Eropa adalah 2.500 meter, yaitu 1,5 kali.

fenomena luar biasa

Tepat sebelum pesawat mendarat di landasan, mereka masih terbang di atas jalan raya. Ini juga merupakan tempat di mana wisatawan dan pengendali pesawat berkumpul untuk menyaksikan tontonan tersebut.

Jadi ini bukan pertama kalinya jenis gambar ini muncul. “Tapi itu tetap menjadi fenomena yang luar biasa, tentu saja.”

Pulau Yunani juga disebut Saint Martin di Eropa karena ketinggian pesawat yang rendah. Karena juga di pulau terakhir itulah wisatawan berkumpul bersama untuk menemukan pesawat dari dekat.

kecelakaan

Meski menakjubkan, bisa berbahaya bagi wisatawan untuk mendekati landasan pacu. Sudah ada kecelakaan di kedua pulau.

Yang terbaru adalah di Skiathos bulan lalu. Arus udara saat lepas landas begitu kuat sehingga seorang turis Inggris jatuh. Gambar ini diambil oleh situs berita lokal pelanggan. Wanita itu menderita luka serius, termasuk di kepala dan bahunya.

Juga di Sint Maarten, arus udara yang kuat sering dilepaskan yang dapat menyebabkan situasi berbahaya. Beberapa tahun yang lalu seorang turis datang dari Selandia Baru Untuk kehidupan. Saya berdiri di pagar yang memisahkan Pantai Maho dari landasan pacu, dan terbang saat pesawat lepas landas. Dia memukul kepalanya dengan balok beton.

  • tajuk rencana

    Orang-orang diledakkan oleh ledakan pesawat dari sebuah pesawat di Pantai Maho di Sint Maarten
  • tajuk rencana

    Pesawat terbang di atas Pantai Maho di Sint Maarten
  • AP

    Tamu pantai menonton pesawat terbang di atas pantai di Pantai Maho

Hal ini menyebabkan diskusi tentang kemungkinan tindakan yang harus diambil St. Maarten untuk menghindari situasi berbahaya di bandara. Misalnya, dipertimbangkan apakah jalan di dekat pantai harus ditutup.

Namun, jalan ini masih bisa diakses, seperti halnya pantai. Kantor Pariwisata Sint Maarten menggambarkan Pantai Maho sebagai “salah satu tempat rekreasi” di pulau itu.

Ada tanda-tanda peringatan di gerbang yang memisahkan jalan dari bandara. Bunyinya “Bahaya: Aliran udara dari pesawat yang berangkat dan masuk dapat menyebabkan cedera tubuh yang serius.”

Sama seperti di Sint Maarten, Bandara Skiathos dapat diakses melalui jalan umum. “Anda bisa berdiri saja di sana,” kata Kettenis. “Tidak ada tindakan keamanan lain.” Namun, ada juga tanda-tanda untuk memperingatkan pengontrol pesawat tentang bahaya arus udara.