BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perdana Menteri Australia Barat memimpin misi ke Indonesia untuk memperkuat hubungan perdagangan dan pariwisata

Perdana Menteri Australia Barat memimpin misi ke Indonesia untuk memperkuat hubungan perdagangan dan pariwisata

Mineral penting di Australia Barat, termasuk litium, juga diperkirakan akan muncul dalam agenda.

Dari lebih dari 130 delegasi, Andrew Vlahov adalah yang terbesar dengan selisih yang besar.

Mantan pemain Perth Wildcat dengan tinggi badan dua meter dan atlet Olimpiade empat kali ini mudah dikenali di jalanan Jakarta.

Cook mengatakan Vlahov menghadiri KTT ASEAN untuk mempromosikan diplomasi lunak melalui olahraga.

“Kami sedang menjajaki peluang seputar diplomasi dukungan dan peran yang mungkin dimainkannya untuk lebih mengembangkan hubungan antara Australia Barat dan Indonesia,” katanya.

Mantan kapten Wildcats Andrew Vlahov (kedua dari kanan) pada tahun 2002.

Sapi di Australia Barat diduga positif mengidap penyakit virus yang dikenal sebagai penyakit kulit kental (lumy skin disease), namun hal ini membahayakan perdagangan sapi negara bagian tersebut dengan Indonesia, yang bernilai sekitar $4 miliar.

Kepala dokter hewan Australia, Beth Cookson, menegaskan penyakit kulit menggumpal tidak ada di Australia.

“Saya dapat memastikan bahwa penyakit kulit menggumpal belum pernah ditemukan di Australia, dan kami tetap bebas dari penyakit tersebut,” katanya.

“Kami sedang menunggu saran dari otoritas terkait di Indonesia dan Malaysia mengenai pencabutan pembatasan impor hewan ternak dan kerbau.”

Wakil Perdana Menteri Australia Barat Rita Saffioti mengatakan, tes yang dilakukan terhadap sapi di Australia Barat tidak menunjukkan adanya kasus penyakit kulit menggumpal.

“Saya juga memahami bahwa tim federal telah dikirim ke Indonesia untuk bekerja sama dengan pihak berwenang Indonesia dalam mencoba menyelesaikan masalah ini,” tambahnya.

“Ini adalah isu sensitif, namun ini adalah isu yang sangat berdampak pada perekonomian regional kita, dan kami sangat ingin bisa membawa ternak kami kembali ke Indonesia karena kami yakin kami bebas dari penyakit ini.”

READ  Persetujuan Teknis Damen CSD650 dan MuC1506 • Pomp NL

Menteri-menteri Australia Barat yang melakukan perjalanan untuk menghadiri Roadshow Indonesia Connect adalah Menteri Pertambangan dan Energi Bill Johnston yang fasih berbahasa Indonesia, Menteri Pertanian dan Usaha Kecil Jackie Jarvis, dan Menteri Kebudayaan dan Seni David Templeman.

Keamanan diperketat di Jakarta dengan kedatangan para pemimpin 10 negara ASEAN.

Pada tahun 2021, perdagangan Australia dengan ASEAN lebih besar dibandingkan perdagangan bilateral Australia dengan Jepang dan Amerika Serikat.

Presiden Indonesia Joko Widodo dijadwalkan untuk secara resmi meluncurkan KTT tersebut pada hari Selasa, namun pertemuan tersebut sudah berlangsung.

Australia bukan anggota namun “mitra dialog”.

Perdana Menteri Anthony Albanese diperkirakan akan tiba dalam beberapa hari mendatang.

Buletin Edisi Pagi adalah panduan kami mengenai kisah, analisis, dan wawasan paling penting dan menarik hari ini. Daftar disini.