BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perdana Menteri Inggris Baru Sunak: ditunjuk untuk memperbaiki kesalahan Truss | Saat ini

Rishi Sunak secara resmi menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru. Sunak, 42, mengunjungi Raja Charles di Istana Buckingham pada hari Selasa untuk upacara pengambilan sumpah resmi. Dalam pidato pertamanya, dia mengatakan dia akan memperbaiki kesalahan pendahulunya, Liz Truss.

Sunak berkuasa setelah masa kekuasaan Truss yang bergejolak dan di atas semua itu sangat singkat. Perdana menteri yang baru adalah orang Hindu pertama yang memegang posisi tersebut. Dia juga perdana menteri termuda selama dua ratus tahun terakhir.

Pada bulan September, ia kalah dari Truss dalam pemilihan kepemimpinan. Dia mengundurkan diri setelah 45 hari minggu lalu. Sunak segera muncul sebagai penerus dan akhirnya menjadi pemimpin baru Partai Konservatif setelah mantan Perdana Menteri Boris Johnson dan mantan Menteri Luar Negeri Perry Mordaunt menarik diri dari pertempuran baru untuk jabatan perdana menteri.

Tak lama setelah dilantik di Istana Buckingham, Sunak berangkat ke 10 Downing Street, kediaman resmi Perdana Menteri Inggris. Di sana dia berbicara kepada orang-orang untuk pertama kalinya.

Rishi Sunak berjabat tangan dengan Raja Charles di Istana Buckingham.


Rishi Sunak berjabat tangan dengan Raja Charles di Istana Buckingham.

Rishi Sunak berjabat tangan dengan Raja Charles di Istana Buckingham.

gambar: AP

Kesalahan gigi harus diperbaiki

Sunak mengawali pidatonya dengan mengucapkan terima kasih kepada pendahulunya, Truss. “Saya ingin memberi penghormatan kepada Blaise Truss. Niatnya untuk meningkatkan perekonomian tidak salah. Tapi kesalahan dibuat. Bukan karena niat buruk, tapi itu kesalahan. Saya harus memperbaiki kesalahan ini sebagai pemimpin partai.” Dia berkata.

Perdana menteri baru juga menekankan situasi sulit di negara itu. “Negara kita sedang menghadapi dampak pandemi Corona dan dampak perang di Ukraina,” katanya. Dia menekankan perlunya membuat keputusan yang sulit.

READ  Kebakaran hutan dan panas merusak sebagian besar Eropa selatan

“Saya telah melihat bagaimana saya telah melakukan segala daya saya untuk melindungi warga dan bisnis selama pandemi Corona. Saya berjanji untuk bekerja dengan semangat yang sama dengan Perdana Menteri.”

Sunak juga mendedikasikan beberapa patah kata untuk Johnson. “Saya akan selalu bersyukur atas pencapaian Boris,” katanya. “Dan saya yakin dia, seperti saya, setuju dengan mandat yang didapat Partai Konservatif pada 2019 (selama pemilu saat itu, editor). Mandat itu mengikat kita semua bersama-sama,” katanya, merujuk pada seruan Partai Buruh oposisi untuk sebuah baru .. untuk mengadakan pemilihan setelah gagap di dalam Partai Konservatif.

Trus: kehormatan memimpin negara

Truss mengajukan pengunduran diri resminya sebagai Perdana Menteri kepada Raja Charles hari ini. Setelah rapat kabinet terakhirnya, dia melihat kembali masa jabatannya yang singkat secara historis sebagai perdana menteri dalam pidatonya baru-baru ini. Dia melakukan seperti Sunak di 10 Downing Street, tepat tujuh minggu setelah berbicara kepada media di tempat yang sama dengan perdana menteri baru.

Truss mengatakan dia menganggapnya sebagai “kehormatan besar” untuk memimpin negara. Dia juga mengatakan dia yakin “lebih dari sebelumnya” bahwa Inggris perlu mengambil keputusan berani untuk memecahkan masalah saat ini.

“Kita perlu memanfaatkan kebebasan yang kita peroleh dengan Brexit,” lanjutnya. Dia kemudian menekankan pentingnya kebebasan individu dan pajak yang rendah untuk Inggris. Ironisnya, rencananya untuk memotong pajak (terutama untuk orang kaya) membunuh Truss.

Akhirnya, dia menyatakan dukungannya untuk Ukraina, mengucapkan selamat kepada Sunak dan berterima kasih kepada teman-teman dan keluarganya atas dukungan mereka.